Membuat Keyword Relevan | Cara Utama Mendapatkan Pengunjung Organik Blog [Recommended]

Bagaimana cara supaya mendapatkan traffic organik untuk blog pribadi?


Pengunjung organik adalah seorang manusia pencari info (bukan robot) yang mengunjungi blog kita lewat mesin pencari, seperti: Google, Bing, Yahoo!, dan mesin pencari lainnya.

Belajar SEO (Search Engine Optimization) cukup mudah dimengerti dan cukup mudah untuk diimplementasikan secara langsung. Dan artikel ini adalah titik awal yang baik jika kalian merasa bingung untuk menerapkan teknik SEO.

Kenapa bukan backlink tapi malah keyword relevan?


Semakin kesini saya merasa bahwa backlink sudah tidak powerfull, namun bukan berarti tidak berguna lho!! Backlink masih berguna, namun kekuatannya tidak sedahsyat membuat Keyword yang Relevan.

Tidak percaya? Coba deh, sekali-sekali build blog tanpa backlink tapi diurus benar-benar seperti blog utama kalian dan gunakan teknik penulisan keyword relevan.


Membuat Kata Kunci yang Relevan


Menggunakan kata kunci (b.ing: keyword) yang relevan untuk optimasi adalah cara paling mudah dan tepat untuk mempercepat kita dalam menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs blog pribadi. Dan trik ini telah terbukti bekerja dengan baik untuk kebanyakan blogger, hingga saat ini dan kapanpun itu.

Pemasangan kata kunci terbaik adalah di judul, namun juga bisa ditambahkan di dalam tubuh artikel, asal jangan SPAM!!


3 Cara Mencari Ide Keyword Organik yang Relevan dengan Mudah


1. Google Trends

Google Trends merupakan salah satu situs yang dapat memberi tahu kita kata kunci organik mana yang lebih banyak dicari serta memudahkan kita untuk menerapkannya.


Walau kebanyakan keyword yang muncul di halaman utama bukan membahas tentang blogging, namun bukan berarti bahwa situs Google Trends tidak membantu blogger yang membahas topik tutorial blogging. Hanya saja kalian kurang masuk lebih dalam saat memanfaatkan Google Trends ini.

Merasa Penasaran?

Silakan masuk ke halaman Jelajahi dalam Google Trends, lalu tulis keyword yang ingin kalian bidik.

Atau kalian bisa mengikuti tutorialnya dalam video berikut ini:


Semoga kalian puas saat memanfaatkan fitur Jelajah ini, walau saya akui memang ada batas dalam menampilkan jumlah kata kunci relevan. Ya sadar dirilah, soalnya ini Gratis!


2. Fitur Google Penelusuran Terkait

Jika kita menuliskan sesuatu di kolom pencarian google dan kemudian menekan enter (atau gambar kaca pembesar), maka biasanya di bagian bawah list 10 daftar artikel terelevan kita akan melihat fitur ini.


Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyisipkan keyword yang tertera ke dalam konten yang ingin dipublikasikan dan juga konten lama. Fitur Google Penelusuran Terkait ini gratis dan jangan disia-siakan!

Menggunakan Google Trends dan Fitur Google Penelusuran Terkait termasuk ke dalam pencarian sugesti keyword, karena kita telah dibantu oleh orang lain dalam menemukan banyak kata kunci yang berkaitan sesuai topik bahasan.


3. Dari Keinginan

Kita juga bisa menggunakan pola pikir keinginan pribadi. Pola pikir ini akan muncul ketika diri kita menganggap sebagai seorang pencari informasi di mesin pencari. Misalkan saja kita ingin mencari mie ayam enak di suatu daerah. Berarti keyword yang sesuai adalah "beli mie ayam enak di jogja". Atau "penjual mie ayam dan murah di kota X". Bagaimana, lebih nyaman dan mudah bukan?

Membuat kata kunci yang relevan adalah sinyal terbaik dalam mendongkrak SERP dan meningkatkan jumlah pengunjung organik untuk datang membaca tulisan kita lewat mesin pencari.


Tambahan


Trik agar bisa menyisipkan banyak keyword ke dalam konten blog kalian adalah dengan memperbanyak jumlah kata. Memang trik ini sulit dilakukan jika kalian malas menulis panjang, dikarenakan terlalu fokus dengan uang atau sibuk dengan pekerjaan rutin.

Namun mau bagaimana lagi? Karena memperbanyak kata adalah trik yang sangat berguna untuk menyisipkan banyak keyword. Jadi, cobalah beberapa saat untuk melupakan uang dan memanfaatkan waktu lenggang untuk menciptakan tulisan yang panjang, berbobot, memanusiakan pembaca, dan bisa menaruh banyak keyword.

Tapi jangan salah persepsi!! Menyisipkan keyword yang banyak bukan berarti keyword yang dituliskan secara berulang-ulang, karena ini bisa dianggap SPAM oleh bot mesin pencari. Akan tetapi berupa sinonim atau keyword terkait yang bisa kalian lihat di dalam fitur Google Penelusuran Terkait.

Misal, "manfaat ngeblog" merupakan keyword yang kita bidik. Kita bisa menyisipkan keyword tambahan yang tidak terindikasi SPAM dengan mengedit (merubah/menambah) keyword bidikan menjadi "keuntungan ngeblog" atau "manfaat dari ngeblog" untuk dipenguatan keyword relevan.


Bagaimana, apakah penjelasan saya ini sulit dipahami?


Sebenarnya pembahasan keyword relevan ini tidak sulit untuk dipahami jika kalian sudah mempraktekkannya sendiri. Cobalah setiap melakukan aktivitas blogging selalu menunjukkan eksistensi sebagai seorang blogger sejati, yaitu dengan melakukan eksperimen salah satu teknik SEO ini.

Semoga bermanfaat!!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more