12 Manfaat Tersenyum, Amal & Gratis!

Tersenyum adalah amal. Tidak perlu takut untuk tersenyum. Tidak ada yang akan menghukum kalian karena tersenyum, kecuali tersenyum pada istri atau suami orang. Senyum ya, bukan tertawa ... hahaha ...

Bagaimana mungkin perilaku Sunnah Nabi ini tidak bermanfaat jika dijalankan umatNYA?

Abdullaah ibn Haarith mengatakan: "Saya tidak pernah menemukan seseorang yang tersenyum sebanyak Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW menganggap tersenyum kepada seorang saudara sebagai tindakan amal." [Tirmidhi]

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa senyum itu menular. Itu bisa membuat kita tampil lebih menarik bagi orang lain. Serta mengangkat suasana hati kita dan suasana hati orang-orang di sekitar kita. Hingga akhirnya tersenyum bisa memperpanjang hidup kita.

Ya tersenyum memiliki banyak manfaat; bisa berguna untuk kesehatan jasmani, saat bersosialisasi di masyarakat, dan dalam ajaran Islam.

Hmm, mungkin postingan intermezzo ini dapat membuat kalian, terutama para blogger, untuk selalu tersenyum dikala susah karena trafik blog tak naik-naik atau tak kunjung gajian dari Google AdSense. Namun jangan senyam-senyum sendiri tanpa sebab lho, nanti yang ada malah dicap gila oleh orang lain.


- Manfaat atau dampak positif tersenyum bagi kesehatan:



1. Membuat Mulut Tidak Kaku

Tidak hanya mengunyah permen karet atau banyak bicara, senyum juga dapat membuat mulut kita menjadi tidak kaku atau keram. Bayangkan jika mulut terasa kaku (mirip di gips), mau bicara pun susahnya minta ampun, sampai-sampai kalian dikira bisu.

Ditambah saat kita mau mengunyah makanan, karena kaku, mengunyah pun sulit. Alhasil, selang infus yang berisi sari makanan yang malah kita hisap setiap hari.

2. Membuat Hidup Lebih Lama

Kalian dapat hidup lebih lama jika mau tersenyum. Ini akan mengurangi stres dan juga membuat diri kalian menarik di masyarakat.

Tersenyum juga memiliki efek yang baik pada sistem kekebalan tubuh kalian. Sambil tersenyum, kalian dapat bekerja lebih baik karena akan merasa santai, tenang, dan energik.

3. Semakin Bahagia

Tentunya ketika sedang stres dan tegang kalian tidak akan terlihat menarik. Alih-alih kalian akan terlihat lelah, tak berdaya, dan malas.

Jadi ketika sedang stres dan tegang silakan tersenyum, sehingga kalian dapat terlihat segar dan bahagia. Berbagi kebahagian dapat berbalik kebahagian pulu pada diri kalian.


- Manfaat atau dampak positif tersenyum dalam bersosial:



4. Tidak Ada yang Takut dengan Kalian

Karena muka dari lahir sudah sangar, senyum sedikit saja tidak pernah, orang jadi enggan untuk bertanya apapun dengan kalian.

Karena tidak tersenyum, mereka menganggap bahwa kalian adalah monster, galak, tukang pukul, atau preman. Tentu kalian tidak mau bukan, dicap monster, galak, dan sebagainya. Makanya senyum!

5. Bertambahnya Saudara

Saudara bukan hanya dari saudara sekandung saja, kernet bus juga bisa jadi saudara. Asalkan kalian mau tersenyum ramah dengan mereka, senyum sedikit saja tidak apa-apa. Bahkan dengan bertambahnya saudara, kalian dapat merasakan manfaat lainnya.

6. Bertambah Channel

Channel yang saya tulis bukan menunjuk channel tv atau channel radio lho ya, channel di sini adalah semacam link atau kemudahan dalam bertransaksi ke orang lain. Orang lain di sini adalah saudara (bukan kandung) yang membuat kita mudah dalam melakukan aktifitas.

Misalkan saja, saat mau jalan-jalan atau piknik ke pulau Dewata (Bali). Karena punya kenalan di sana, kalian tidak perlu menyewa penginapan atau hotel, kalian dapat menelpon saudara di sana untuk menumpang tempat tinggal. Jadi, makin bisa berhemat kan piknik kalian di Bali?

Tidak hanya itu. Bagi kalian yang bisnis rujak misalnya, karena punya kenalan orang pasar, kalian dapat membeli buah-buahan untuk disajikan dalam rujak kalian dengan harga murah, bahkan sampai bumbu dan peralatan untuk menunjang bisnis kalian. Enak, kan?


- Manfaat atau dampak positif tersenyum dalam Islam menurut hadist yang saya dapat dari situs Muslim Dakwah:



7. "Senyum manismu dihadapan saudaramu adalah shadaqah". (HR. Tirmidzi)

8. "Termasuk sedekah adalah engkau mengucapkan salam dengan wajah ceria kepada orang-orang." (HR. Ibnu Abi Dunya)

9. Diriwayatkan At-Tirmidzi, Al-Husein Radliyallahu’anhu, cucu Rasulullah SAW menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. Ia berkata, "Aku bertanya kepada Ayahku tentang adab dan etika Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau." Ayahku menuturkan, "Beliau Shallahu ‘alaihi wa Sallam senantiasa tersenyum, berbudi pekerti lagi rendah hati, beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak-teriak, bukan tukang cela, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya. Siapa saja mengharapkan pasti tidak akan kecewa dan siapa saja yang memenuhi undangannya pasti akan senantiasa puas". (Riwayat At-Tirmidzi)

10. "Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia denga hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu." (HR Hakim ).

11. Dari Abu Dzarr ra dia berkata, Rasulullah Saw bersabda, "Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang buta juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah." (HR. Tirmidzi)

12. Rasulullah Saw bersabda, "Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria." (HR. Muslim).


Mengapa kalian begitu serius? Kalian datang untuk membaca postingan tentang manfaat dari "senyum", tapi kenapa kalian malah tidak tersenyum? Silakan tersenyum! Gratis!


Masih ada banyak manfaat tersenyum lainnya yang dapat kalian rasakan jika mau melakukannya. Jadi, jangan sia-siakan berkah mulut kalian untuk tidak tersenyum. Tersenyum itu sama dengan beramal, melakukannya pun gratis dan tidak butuh tenaga yang banyak!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more