3 Ciri & Kriteria Pinjaman KTA yang Aman & Terpercaya

Bagi para milenials atau Anda yang belum terlalu familiar dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), tentunya sering mempertanyakan satu hal. Bagaimana kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya? Sebelum mengulas tentang informasi penting ini, ketahui dulu beberapa fakta tentang pinjaman jenis ini yang membuat berbeda dengan kredit jenis lainnya.

Setidaknya, ada 3 perbedaan antara KTA dengan kredit lainnya seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), leasing, dan lain sebagainya.

Berikut adalah poin-poin penting tentang ciri-ciri KTA:

1. KTA Mempunyai Biaya Provisi yang Besar


Berbeda dengan kredit lainnya, Anda yang mengajukan KTA maka harus siap apabila terdapat potongan dari nominal tersebut. Potongannya yakni antara 1% sampai 2%. Meskipun terlihat ringan, tetapi jumlah ini tetap harus diketahui. Karena jika tidak mengerti tentang ciri KTA dengan biaya provisi besar, maka bisa jadi setelah dana cair jumlahnya tidak sesuai harapan.

2. Bunga Flat dan Sistem Simulasi Akumulasi


Apa yang dimaksud dengan bunga flat? Secara sederhana, ini akan berkaitan dengan simulasi akumulasi pembayaran KTA. Sebagai contoh, apabila Anda meminjam dana senilah Rp10.000.000 maka simulasinya adalah bunga dikalikan dengan pinjaman pokok. Rata-rata KTA memberikan bunga kurang lebih 1,5%. Sehingga apabila Anda meminjam uang sebanyak Rp10.000.000 maka bunganya adalah Rp150.000 per bulan.

Bunga tersebut akan tetap sama meskipun secara nominal pinjaman berkurang setelah dicicil dari waktu ke waktu. Dengan demikian, apabila Anda melunasinya dalam jangka waktu 12 bulan maka jumlah bunganya dapat dikalikan sebanyak 12 bulan. Sistem ini sedikit berbeda dengan KPR yang menerapkan bunga dikalikan dengan sisa tanggungan.

3. Pelunasan Sebelum Tanggal Seharusnya Akan Dikenai Denda


Pada suatu kesempatan, bisa jadi Anda mendapatkan sejumlah uang untuk melunasi KTA. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin segera terbebas dari pinjaman. Jadi, meskipun Anda melunasi lengkap dengan bunganya, tetapi sistem KTA menerapkan denda untuk kondisi tersebut. Denda pelunasan lebih awal cenderung bervariasi tergantung dari penyedia KTA tersebut.


Setelah mengetahui tentang ciri-ciri dari KTA dan perbedaannya jika dibandingkan pinjaman lain, maka Anda juga perlu tahu hal ini. Sebagai nasabah, penipuan berkedok KTA sering terjadi. Selain penipuan, ketidaktahuan nasabah terhadap aturan juga kerap menimbulkan masalah.

Inilah beberapa kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya:

1. Memiliki Aturan yang Jelas dan Tidak Asal “Mudah Diterima”


Saat ini, banyak fenomena penipuan berkedok penawaran KTA baik via email maupun SMS. Penawarannya cukup menarik, karena ada kata-kata persuasif dimana Anda seolah-olah akan langsung diterima pengajuan KTA nya. Namun maaf, ini bukanlah kriterianya.

Mengapa demikian? Karena setiap bank tentu memiliki prosedur yang jelas tentang kelengkapan dokumen, pengecekan dan proses pencairan. Anda juga harus mendatangi bank terkait untuk melakukan verifikasi dan beberapa prosedur lain. Dengan demikian, Anda harus benar-benar teliti terhadap pihak marketing yang menawarkan proses cepat tanpa banyak syarat.

2. Kesesuaian Prosedur Antara Pihak Marketing dan Website Resmi


Hampir semua bank yang memiliki program KTA akan memberikan informasi resmi dokumen apa saja yang dibutuhkan. Hal ini penting karena sistematika yang transparan tentu akan memudahkan calon nasabah. Jadi, ketika Anda berminat untuk mengajukan pinjaman, tetapi belum mengetahui bagaimana prosedurnya, maka tipsnya sangat mudah. Pastikan informasi di website resmi, pihak customer service online dan marketing sama.

Kriteria yang satu ini kadang sering diabaikan, karena calon nasabah terburu-buru. Namun demikian, meskipun sedikit membuat Anda bekerja ekstra ketelitian untuk crosschecking ini sangat penting. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan step by step prosedur secara cermat. Jangan ragu untuk bertanya jika ada poin-poin yang tidak dimengerti.

3. Memberikan Informasi Secara Detail dan Sistematis


Sebagai penyedia layanan keuangan, pihak bank yang terpercaya wajib memberikan informasi secara detail dan sistematis. Mengapa harus detail? Karena perbedaan satu angka saja, atau satu poin saja tidak dipahami nasabah bisa berakibat fatal.

Selain detail, penjelasan juga harus sistematis. Karena tidak semua nasabah memiliki latar belakang pendidikan yang sama. Jadi, pola penjelasan baik secara tertulis maupun tidak tertulis harus selaras serta tidak membingungkan. Step by step prosedurnya perlu dijabarkan, agar nasabah lebih mudah mengikuti proses pengajuan.


Itulah beberapa kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya. Apabila mengalami kesulitan dalam menentukan bank apa yang akan dipilih, maka Anda dapat mencari review. Review dari nasabah yang sudah pernah mengambil KTA di bank tertentu bisa menjadi salah satu acuannya.

Selain itu, Anda juga dapat mencari tentang kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya di website perencanaan keuangan. Di website https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/, ada berbagai informasi menarik seputar keuangan seperti KTA, KPR dan sebagainya.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more