Cara Mudah Menonaktifkan IDM di PC

Internet download manager atau singkatan dari IDM, merupakan software paling sering dipakai untuk download sesuatu dari internet. Aplikasi IDM ini mempunyai stabilitas download dan berbagai macam fitur menarik.

Walau aplikasi IDM menjadi favorit, tidak menutup kemungkinan kita butuh untuk mematikan IDM atau disable IDM. Semisal, ketika kamu sedang membuka Un1ty Engine pada browser, umumnya IDM sendiri akan suka mendownload.

Mematikan IDM itu tergolong cukup mudah, soalnya walau ia berjalan di Background services, develop IDM sudah menyediakan sarana untuk Disable IDM. Hanya saja, kita sebagai pengguna tidak mengetahui serta menemukan opsi tersebut yang membuat kita bingung untuk mencarinya.

Pada artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana sih cara mematikan idm, siapa tau kamu memerlukan disable IDM ini.

1. Mematikan IDM Lewat Tombol Exit


Terdapat tombol exit untuk kita gunakan dalam mendisable IDM. Pihak IDM sendiri sudah menyiapkan tombol exit agar pengguna dapat menghentikan aktivitas IDM yang sedang berlangsung.

Tombol itu juga berguna saat IDM sedang hang dan crash waktu di jalankan. Cara menghentikannya sebagai berikut:


  • Arahkan kursor kamu ke bagian bawah taskbar -> klik pada More Taskbar -> Klik kanan pada logo IDM -> Terakhir pilih menu Exit. Dan IDM pun sudah berhasil di hentikan.

2. Cara Menonaktifkan IDM Sementara Melalui Add Ons Browser


Ketika IDM kamu install, secara langsung IDM akan melakukan integrasi terhadap browser yang kamu gunakan di PC (umumnya di google chrome). Namun ada beberapa browser yang dipakai seperti internet explorer, mozilla firefox, opera browser dan lain jenisnya.

Dari integrasi ini, IDM mempunyai fungsi sebagai Add On browser. Dari sini kita bisa menghilangkan Add on dari IDM supaya dari browser yang kamu pakai sudah tidak ada IDM yang terpasang atau IDM sudah tidak aktif.

Cara mematikan IDM pada browser mozilla cukup gampang, tinggal tekan Tools kemudian Add ons lalu tekan dan pilih opsi Disable IDM Integration Module. Jika kamu memakai google chrome, bisa gunakan langkah berikut:


  • Arahkan kursor kamu ke bagian titik tiga di pojok kanan atas browser chrome -> pilih menu Fitur Lainnya -> Pilih menu Ekstensi -> cari IDM Integration Module -> Kemudian tekan tombol untuk disable IDM di chrome.

Cara diatas sudah berhasil kamu lakukan, selain itu cara diatas juga mampu memberikan solusi terhadap IDM tidak muncul di chrome, jadinya ketika IDM bermasalah bisa melakukan disable terlebih dahulu.

3. Cara Menghilangkan IDM Melalui Options


Seperti ungkapan saya tadi, bahwa ketika install Internet download manager akan langsung terintegrasi oleh browser. Berbeda dengan cara sebelumnya, kita dapat menghapus integrasi tersebut secara langsung melalui aplikasi IDMnya.

Supaya kamu tidak kebingungan, berikut panduan mengenai langkah - langkah menghilangkannya:


  • Buka IDM kamu -> Kemudian pilih menu Options -> Terakhir tinggal hilangkan saja Centang Browser yang masih aktif.

Kalau kamu sudah selesai meng-konfigurasi-nya maka kamu bisa tekan tombol OK berada dibagian bawah.

4. Mematikan IDM Secara Paksa Melalui Task Manager


Task manager ini merupakan sebuah program bawaan windows yang dikhususkan untuk monitoring semua proses berjalannya software atau perangkat lunak baik di background services maupun yang sedang berjalan.

Lewat aplikasi task manager ini kamu bisa mengatur aplikasi - aplikasi mana saja yang perlu di berhentikan atau diatur prosesnya. Apalagi IDM, pasti jelas bisa. Berikut cara disable IDM lewat Task Manager windows:


  • Pertama, buka task manager dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC secara bersamaan.
  • Kedua, Cari proses bernama IDMan.exe.
  • Ketiga, kemudian kamu bisa klik kanan lalu klik lagi opsi End Task atau End Process.
  • Sampai di sini cara kita sudah selesai.


Jadi begitulah cara menonaktifkan IDM dalam 5 langkah. Kamu bisa memilih mau cara yang mana sesuka hati dan yang pasti lebih cepat dan efisien. Bagaimana, cara tadi sangat mudah bukan? Demikian ulasan ini saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more