Cara Memasang Tag Atribut Hreflang Blog Bahasa Indonesia yang Benar

Atribut hreflang berguna saat kita membuat konten yang spesifik untuk pengunjung lokal. Atribut hreflang menambahkan sinyal ke mesin pencari yang diminta pengguna dalam bahasa "x", bukan halaman dengan konten serupa dalam bahasa "y".

Sebenarnya untuk cara pemasangan hreflang sangat mudah dilakukan jika kalian pernah memasang meta tag verifikasi webmaster. Letaknya sama, sama-sama diantara <head> ... </head>.

Namun yang sering dibingungkan para blogger Indonesia adalah kode tepatnya. Jika dalam postingan google yang membahas hal ini tidak dijelaskan secara detail untuk tiap negara sehingga merasa bingung, maka dengan demikian saya putuskan membuat artikel ini.

Google mencontohkan <link rel="alternate" hreflang="x" href="http://domainkalian.com"/>

Sedangkan untuk situs berbahasa Indonesia <link rel="alternate" hreflang="id" href="http://domainkalian.com"/>

Kalian hanya mengganti kode bahasa negara "x" dengan "id" (indonesia).

Jangan lupa memasang "x-default" untuk memberikan sinyal kepada bot google dan yandex bahwa konten kita tidak untuk menargetkan halaman tertentu. Biasanya bahasa konten akan berubah sendiri (otomatis) sesuai dengan IP dan mesin pencari negara pengunjung, Contoh: ada pengunjung dari rusia menggunakan google.ru (ketika membuka google.com di negara Rusia), jika orang tersebut masuk ke blog kita yang berbahasa Indonesia maka bahasa blog kita akan berubah menjadi bahasa Rusia secara otomatis.

Untuk memudahkan saja, copy paste seluruh kode atribut hreflang berikut ke bagian <head> ... </head> HTML template:

Platform Blogger:
<link rel="alternate" hreflang="id" expr:href="data:blog.url"/>
<link rel="alternate" hreflang="x-default" expr:href="data:blog.url"/>

Platform Wordpress:
<link href="<?php the_permalink() ?>" hreflang='id' rel='alternate'/>
<link href="<?php the_permalink() ?>" hreflang='x-default' rel='alternate'/>


Apakah menggunakan atribut hreflang yang benar dapat berpengaruh SEO sehingga membuat peringkat artikel menjadi naik di SERP?

Atribut hreflang mungkin tidak membantu dalam meningkatkan lalu lintas. Sebagai gantinya, tujuan penggunaannya adalah untuk menyajikan konten yang tepat kepada pengguna yang tepat. Atribut ini membantu mesin pencari menukar versi halaman yang benar ke dalam SERP berdasarkan lokasi pengguna dan preferensi bahasa.

Kalian bisa menyimpulkannya sendiri, apakah berpengaruh SEO tidak?

Dan dengan memanfaatkan hreflang yang benar juga, maka kita tidak akan menemukan error International Targeting pada webmaster google dan yandex!



hasil pemasangan hreflang yang benar di search console webmaster google


Namun perlu diingat bahwa setelah menambah atribut ini maka perubahan dalam webmaster tidak akan langsung berubah begitu saja, perlu waktu robot mesin webmaster untuk merayap ulang situs kita.

Pedoman ini saya akui belum lengkap, namun setidaknya dapat membantu masalah kalian untuk saat ini.

Semoga bermanfaat, Amin!

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more