11 Bisnis yang Berhubungan dengan Aktivitas Blogging

Apa kalian suka blogging dan ingin menghasilkan pendapatan dari aktivitas ini? Tentu saja bisa! Namun, kalian harus sabar dan tekun menjalaninya, serta ketika ada badai besar menghantam kalian harus siap menerimanya dengan tulus ikhlas.

Kalian bisa membuka usaha / bisnis online dan offline seputar blogging. Sudah banyak para blogger militan dan sepuh telah melakukannya, beberapa sudah sukses dengan bisnis tersebut. Membuka bisnis seputar blogging tidak mudah namun tidak juga sulit, nah bingungkan? Jadi, intinya adalah kalian harus benar-benar serius dalam melakoninya.

Dalam postingan ini saya telah merangkum beberapa yang paling populer, namun bukan berarti yang tidak saya sebutkan adalah gagal.

1. Jasa SEO

Membuka usaha jasa SEO semakin digandrungi banyak blogger. Yang membuka bukan hanya blogger lama, baru menjadi blogger setengah tahun pun juga membukanya.

Kegiatan SEO berguna untuk membuat postingan berada di peringkat pertama, minimal masih berada di halaman pertama mesin pencari. Dengan memanfaatkan alat dan keahlian khusus, bisnis ini dapat menuai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

2. Jasa Template
  • Premium
    Harga template premium saat ini sudah tidak semahal dahulu. Namun, usaha ini masih banyak yang mendirikan.
    Walau template premium harganya murah, bukan berarti murahan. Karena biasanya pemilik usaha akan selalu mengupdate fitur template premiumnya yang sudah terjual kepada pembeli.
  • Redesign
    Menyewa jasa redesign template memang tidak semahal membeli template premium, namun masih saja bisnis ini laris manis dicari pemilik situs yang templatenya ingin diperbaiki atau disesuaikan dengan minat.

3. Jasa Review & Content Placement
  • Review
    Kita disuruh pihak lain untuk membuat konten review yang sudah ditargetkan sesuai keinginan mereka dan meletakkan konten review tersebut ke dalam blog kita.
  • Content Placement
    Cara kerja content placement adalah dengan menitipkan konten yang disiapkan pihak lain ke blog kita. Pendapatan yang diperoleh biasanya lebih sedikit daripada review.

4. Jasa Artikel

Jasa artikel bisa saja mereview, namun tentunya terkadang pemilik usaha sudah mematok harga dan biasanya lebih murah dari jasa review.

Jasa artikel ada 2 tipe: tanpa SEO atau pakai SEO. Jika artikel yang dipesan menggunakan SEO tentu harganya akan lebih mahal dari yang tanpa SEO.

5. Jasa Backlink

Dari sekarang saya masih tidak paham kenapa jasa Backlink tetap dicari. Padahal jika membiasakan diri dengan aktivitas blogging, maka mencari backlink sendiri pun bisa. Namun, persepsi muncul ketika mereka sibuk dengan bisnis mereka sehingga tidak dapat membagi waktu untuk belajar mendapatkan backlink dari situs lain.

6. Jasa Promosi Adwords

Nah, kalau usaha yang satu ini harus menggunakan biaya pribadi untuk menguasai keahlian dalam otak-atik Google Adwords. Karena memang dasarnya promosi ini adalah berbayar atau tidak gratis. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa jasa ini juga dicari banyak pebisnis, utamanya pebisnis besar yang sibuk dengan pekerjaannya.

7. Jasa Promosi Media Sosial

Membangun jasa ini sebenarnya sama halnya dengan menggunakan Google Adwords. Jadi, jika kalian terbiasa memanfaatkan Google Adwords untuk promosi, maka kalian juga sudah tidak kaku lagi menjalankan bisnis jasa promosi untuk target media sosial. Sama halnya berpindah ngeblog dari platform Wordpress ke Blogger, atau sebaliknya.

8. Jual Domain & Hosting

Karena sudah kaya karena aktivitas blogging hingga bisa membangun bisnis domain dan hosting. Dan berdasarkan yang saya ketahui bahwa memang butuh modal besar untuk mendirikan usaha domain & hosting.

Saya pun juga tahu, beberapa CEO usaha domain dan hosting juga masih melakukan aktivitas blogging agar dapat mempromosikan usahanya dengan blog-blog yang mereka miliki atau menitipkan konten mereka di blog orang lain.

9. Jual Blog

Entah karena bosan, besar pasak daripada tiang, atau "tidak dapat mengurus" (karena kebanyakan blog), sehingga mereka menjual blog mereka sebagian.

10. Jual akun Google AdSense

Jika kalian bergabung dengan grup atau forum blogger, pasti ada saja anggota yang menjual akun Google AdSense mereka. Ini dilakukan karena memang sengaja ternak atau sudah merasa frustasi karena tidak kunjung gajian.

11. Jual Pulsa

Masih banyak blogger Indonesia yang blogging dengan jaringan internet non wifi, sehingga harus beli paket data lagi jika kehabisan. Nah, jasa pulsa ini juga dapat dipromosikan ke para blogger yang ngeblognya masih dengan jaringan internet non wifi.


Na, saya sudah menyebutkan bisnis populer yang berkaitan dengan aktivitas blogging, mana yang akan kalian pilih? Tentu harus kalian tekuni!

Selamat mencoba :)

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more