6 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat dan Gratis Tanpa Software

Bagaimana cara meningkatkan lalu lintas situs blog kita dengan cepat dan gratis?

Anda bisa mendapatkan lalu lintas cepat dan gratis. Namun, anda tidak bisa mendapatkan keduanya secara sekaligus, apalagi jika blog anda terbilang baru dan persaingannya tinggi.

Anda bisa mendapatkan lalu lintas gratis, tapi anda harus bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu dari 1 bulan sampai satu tahun, tergantung pada niche, kompetisi, dan keterampilan anda.

Atau, anda bisa mendapatkan lalu lintas yang cepat, tapi anda harus membayar jutaan rupiah juga.

Langsung saja ya!

Beginilah 6 cara meningkatkan pengunjung blog yang saya terapkan tanpa menggunakan software tambahan dan terbukti masih ampuh hingga tahun 2017 ini.


Gratis, Tapi Harap Sabar


1. Daftar ke webmaster tiap search engine

Search engine ada banyak, namun yang paling populer yaitu, google, bing & yahoo, yandex, dan baidu. Nah, anda bisa daftarkan blog anda disana.

Mendaftarkan situs ke webmaster itu gratis dan sangat mudah mengoperasikannya. Hal ini dilakukan agar mesin pencari cepat dalam mengindeks postingan terbaru kita dan pengunjung berasal dari pencarian organik.


2. Bagikan tiap artikel ke media sosial

Anda bisa menggunakan banyak akun medial sosial yang tersedia, seperti: facebook, google plus, twitter, dan pinterest.

Tapi jangan melakukan SPAM ya, lebih baik satu hari dua artikel saja yang dishare. Atau anda bisa mencontoh pihak bersponsor yang melakukan share di media sosial.

Jangan malu untuk share jika url blog masih menggunakan subdomain gratisan seperti: blogspot, wordpress, atau tumblr. Cuek saja, yang penting topik yang dibagikan sangat menarik atau banyak dicari orang.


3. Membuat blog dummy

Blog dummy adalah blog tambahan. Manfaat blog dummy sebagai pendongkrak posisi SERP blog utama anda. Nanti tiap post bisa anda sisipkan link doffolow atau noffolow ke blog utama anda. Tentunya jangan sampai anda kebanyakan menyisipkan link blog utama, karena bisa dianggap curang oleh search engine. Jadi, untuk membuatnya terlihat alami sisipkan link blog utama tiap 15-20 post dan cukup satu link saja.


4. Aktif di forum

Forum ada dua bentuk, online dan offline. Nah, untuk yang online tinggal anda mencarinya di search engine dengan keyword 'forum online'. Agar tidak dikeluarkan secara sepihak oleh pengurus, silakan baca TOS atau peraturannya dahulu sebelum anda membuat Thread dan berkomentar. Sedangkan forum yang offline adalah perkumpulan blogger atau adsense tiap daerah masing-masing, anda bisa mengikuti forum-forum yang ada di daerah anda sendiri. Jika belum ada, silakan anda yang jadi foundernya dan ajak teman-teman anda.

Dalam forum, anda bisa menemukan teman seprofesi (blogger). Dengan bantuan mereka anda bisa menjadi pandai dalam mengelola blog pribadi. Hingga akhirnya blog anda pun berhasil mendapatkan banyak pengunjung.

Santai saja, banyak blogger yang baik hati membantu anda dalam hal optimasi, asalkan anda jangan lupa diri jika sudah sukses.


5. Tanamkan backlink di web atau blog ber DA PA tinggi

Aktivitas ini tidak ilegal atau curang, karena nyatanya banyak pemilik blog yang membolehkan orang lain menyisipkan link ke dalam blog mereka. Jelas bukan black hat SEO!

Anda bisa manfaatkan tools seperti mozrank untuk melihat skor DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog orang lain.


Cepat, Tapi Harus Bayar


6. Beriklan di Google dan Facebook

Sebenarnya tiap search engine dan media sosial memiliki jasa periklanan, namun yang paling populer di Indonesia adalah Google Adwords dan Fb Ads. Nah, anda bisa beriklan dikedua web tersebut. Untuk biaya bisa anda lihat saat akan memasang iklan disana.

Tapi ingat! Dengan lalu lintas berbayar, anda akan kehilangan sekitar 80% lalu lintas begitu iklan berhenti berjalan. Jadi, sebaiknya anda perlu merekrut orang atau belajar otodidak mengenai bab ini.

Tidak ada yang serba instant/cepat dalam mendapatkan apa yang kita inginkan, kecuali kalau sedang beruntung, pakai klenik, dan punya duit.


Nah itulah 6 cara bagaimana meningkatkan pengunjung blog tanpa menggunakan software tambahan dan masih bekerja sangat baik hingga saat ini.

Semoga bermanfaat.