15 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Dengan Cepat & Gratis Tanpa Software

Bagaimana cara memperbanyak jumlah pengunjung/trafik blog pribadi dengan cepat dan gratis?

Kita bisa mendapatkan lalu lintas secara cepat dan gratis, namun tidak bisa mendapatkan keduanya secara sekaligus, apalagi jika blog terbilang baru dan target tingkat persaingan keyword yang tinggi.

Jika ingin memperoleh trafik gratis, otomatis kita harus bekerja keras untuk mendapatkannya dari usaha 1 bulan bahkan sampai 1 tahun, tergantung pada niche, kompetisi, dan keterampilan SEO (Search Engine Optimization) kita.

Atau...

Ingin memperoleh jumlah visitor banyak dengan cepat tapi harus rela membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Pilih yang mana?

Untuk penjelasannya langsung saja ya!

Beginilah 15 tips dan trik atau cara meningkatkan traffic / lalu lintas pengunjung blog yang bisa dicoba dan diterapkan tanpa menggunakan software tambahan, juga terbukti masih ampuh hingga tahun 2019 ini:


Gratis, Tapi Manual & Harap Bersabar


1. Daftar ke webmaster tiap search engine


Search engine ada banyak, namun yang paling populer adalah: google, bing & yahoo, yandex, dan baidu. Nah, kita bisa mendaftarkan situs apapun ke pihak webmaster, kecuali yang dilarang.

Mendaftarkan situs ke webmaster itu gratis dan sangat mudah mengoperasikannya.

Walaupun pengguna platform Blogger.com diberi hak "istimewa" (tanpa submit tetap diindex) dalam pengindeksan oleh Google, akan tetapi langkah awal ini dilakukan agar mesin pencari cepat dalam melakukan pengindeksan halaman utama, postingan terbaru, postingan lama yang diedit, serta merayapi kembali halaman-halaman blog kita. Hal ini juga bermanfaat untuk mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari.

Untuk bagaimana cara mendaftarkan blog ke Webmaster, kalian dapat membacanya di Cara Mendaftar dan Kirim URL ke Webmaster Mesin Pencari Google dan Bing.


2. Bagikan tiap artikel ke media sosial


Kita bisa menggunakan banyak akun medial sosial yang tersedia, seperti: facebook, google plus, twitter, pinterest, dan lainnya

Tapi saat melakukan sharing jangan pernah melakukan aktivitas SPAM! Lebih baik satu hari, dua artikel saja yang dishare. Atau bisa mencontoh iklan yang dibuat oleh pihak bersponsor dalam melakukan share di media sosial.

Jangan malu untuk share blog kalian walaupun masih menggunakan subdomain gratisan, seperti: blogspot, wordpress, atau tumblr. Cuek saja, yang penting topik yang dibagikan sangat menarik atau banyak dicari orang. Asal yang dibagikan bukan konten HOAX, purnomo, yudi, dan topik yang menyulut perpecahan.

Silakan tambahkan tombol share di akhir postingan halaman blog kita, agar memudahkan kita untuk melakukan aktivitas berbagi ke banyak media sosial yang sudah ditargetkan.


3. Membuat blog dummy atau PBN (Private Blog Network)


Blog dummy atau PBN adalah blog tambahan yang dimiliki oleh satu orang. Manfaat dari membuat PBN adalah "sebagai pendongkrak posisi SERP blog utama karena link yang tertanam disana, ya seperti backlinklah". Itu sih, katanya!

Nantinya tiap post PBN bisa disisipkan link dofollow atau nofollow yang menuju ke blog utama. Tentunya jangan sampai kebanyakan menyisipkan link blog utama, karena bisa dianggap curang oleh search engine. Jadi, untuk membuatnya terlihat alami, sisipkan link blog utama per 15-20 post dan cukup satu link saja.

Jika tidak memiliki budget, bisa pakai blog subdomain gratis saja, seperti: .blogspot, .wordpress, .tumblr, dan lainnya.

Namun mulai awal tahun ini saya tidak menggunakan PBN lagi, dikarenakan sekarang Google dan mesin pencari lain mulai menyadari kebusukan pembuatan PBN oleh para blogger dan internet marketer. Aktivitas ini hanya berbuah sia-sia untuk kedepannya, bahkan dapat dituduh tautan ilegal, karena melakukan kecurangan dan melanggar pedoman mesin pencari.

4. Aktif di forum


Forum ada dua bentuk, online dan offline.

Nah, untuk yang online tinggal kalian mencarinya di search engine dengan keyword 'forum blogger online'. Agar tidak dikeluarkan secara sepihak oleh pengurus, silakan baca TOS atau peraturannya dahulu sebelum kalian membuat Thread dan berkomentar.

Sedangkan forum yang offline adalah perkumpulan blogger atau internet marketer di setiap daerah kita masing-masing. Kalian bisa nimbrung atau bergabung di forum-forum tersebut. Jika belum ada, silakan kalian yang jadi foundernya dan ajak teman-teman lainnya.

Manfaat mengikuti sebuah forum adalah, kalian bisa menemukan teman seprofesi (blogger). Dengan bantuan mereka kalian bisa menjadi pandai dalam mengelola blog pribadi. Hingga akhirnya blog kalian pun berhasil mendapatkan banyak pengunjung serta "meningkatnya pendapatan" (jika ngeblog karena uang).

Santai saja, banyak blogger atau internet marketer yang baik hati untuk membantu kalian dalam hal optimasi blog, asalkan jangan lupa diri jika sudah sukses.


5. Tanamkan backlink di web atau blog ber DA PA tinggi


Aktivitas ini tidak ilegal atau curang, karena nyatanya banyak pemilik blog yang membolehkan orang lain menyisipkan link ke dalam blog mereka, seperti: guest writer, content placement, dan lainnya. Jelas, ini bukan black hat SEO, tapi gray hat SEO. LOL!

Mendapat backlink yang berkualitas membantu mendongkrak posisi konten di SERP, sehingga jika postingan kita berada di page one bahkan posisi pertama, tidak heran apabila blog kita mendapatkan banyak visitor.

Beberapa ciri backlink yang berkualitas:
  • Topik relevan
  • Umur situs tua
  • Link kita nyangkut di dalam artikel
  • Situs mereka tidak terkena penalty dari mesin pencari
  • Dan lain-lain

Kalian bisa memanfaatkan tools online gratis seperti check moz research tools untuk melihat skor DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog orang lain.

Sayangnya, apa yang saya rasakan saat ini backlink tidak begitu powerfull seperti dahulu. Lebih baik menciptakan konten ber-kata kunci relevan berdasarkan minat pengunjung, daripada sibuk mencari backlink. Biarkan backlink yang kita dapatkan adalah alami, yaitu yang dipasangkan blogger lain di blog miliknya tanpa kita suruh, dikarenakan konten kita yang sangat berkualitas.

Baca juga:


6. Menulis konten viral


Coba lihat di situs google trends, trending topik media sosial, dan berita di televisi. Kalian dapat menemukan banyak ide dan menuliskan konten viral untuk dibagikan ke dalam blog pribadi.

Tentu ini tidak akan begitu mudah, kalian juga perlu menerapkan SEO untuk konten tersebut dan promosi (lewat media sosial pribadi).


7. Selalu Update Postingan


Dengan adanya update, pengunjung akan suka berselancar di blog kita. Mereka akan mencari postingan baru atau lain dan membacanya. Saya ibaratkan sebuah situs film streaming, dengan banyaknya pilihan film yang disajikan, maka mereka akan memilih dan menonton film lainnya. Dan tak hayal apabila trafik pun juga naik.

Baca juga:


8. Perbarui Konten Lama



Update tak hanya berjibaku dengan konten baru, namun konten lama pun juga patut diupdate. Misalkan apabila membahas tutorial, maka ketika tulisan tutorial yang disajikan sebelumnya ternyata sudah tidak bekerja, maka kita harus mengupdate tulisan itu dengan tutorial yang bekerja untuk saat ini.

Sama halnya postingan ini yang terus saja saya perbarui, konten yang sudah lama terpublikasi jangan didiamkan saja. Apalagi jika konten tersebut termasuk topik Evergreen. Jika sebelumnya konten lama mengandung keyword stuffing, maka tak hayal jika konten tersebut berada di posisi akhir bahkan sandbox dalam halaman mesin pencari. Silakan buka kembali dan benahi sekarang!

Dan tentunya, submit kembali ke webmaster mesin pencari dan bagikan kembali konten lama yang telah diperbaiki ke media sosial kalian.


9. Selalu Update Algoritma Google


Tulisan blog kita hari ini berada di puncak SERP, tapi bisa saja terpuruk atau turun drastis di peringkat dasar mesin pencari besok hari atau minggu depan. Hal ini karena adanya pembaharuan algoritma mesin pencari yang tidak tau kapan diupdate. Supaya blog kita terus berada di puncak, maka demikian, setiap hari atau minggu, silakan cari dan baca referensi terbaru mengenai berita algoritma mesin pencari yang terupdate. Hal ini berlaku untuk semua topik.

Kenapa algoritma Google? Karena Google adalah mesin pencari yang paling populer di dunia, dan terkadang aturan dan sistemnya menjadi kiblat untuk mesin pencari lainnya.

Baca juga artikel-artikel terbaru dari banyak situs (sebagai bahan referensi) yang memberikan tips & trik bagaimana cara meningkatkan trafik blog, entah dengan cara cepat maupun gratis.


10. Memasang Link Internal


Link internal berguna ketika ada pembahasan postingan yang mirip atau berkaitan dengan postingan awal saat pembaca datang. Hal ini digunakan agar pengunjung membaca juga postingan yang telah disematkan pada link internal tersebut.

Di sisi lain, bot perayap juga akan menambahkan trafik ketika robot berhasil masuk ke postingan yang ada pada link internal tersebut.

Link internal ini bisa dibuat secara otomatis dengan menggunakan script, atau secara manual. Contoh:
<a href="http://www.artikelyangmirip.com">artikel yang mirip</a>
Baca juga:


11. Percepat Loading Situs saat Diakses


Saya jamin, kalian akan pindah ke blog lain jika konten blog saya ini lama ditampilkan.

Dan kabar hangatnya bahwa Google menjadikan kecepatan situs sebagai sinyal peringkat. Yang artinya; dimana semakin cepat blog kita dibuka, maka semakin naik pula ranking blog kita di halaman Google.

Beberapa tips mempercepat loading situs adalah, kalian dapat mengompres CSS dan parse Javascript. Jika perlu, hapus widget yang tidak berguna. Jangan lupa juga untuk kompres size gambar postingan sebelum diupload.


12. SEO


Mempelajari SEO susah-susah gampang, perlu kesabaran untuk menguasainya. Namun walau pun sudah menguasai, praktik ke depannya belum tentu sama. Mudahnya, teknik seo saat ini belum tentu cocok untuk bulan depan.

Saya sampaikan kembali, bahwa keahlian SEO perlu diupgrade sesuai peraturan dan algoritma mesin pencari terbaru. Namun pada dasarnya tujuan mesin pencari adalah memberikan layanan terbaik kepada pengguna / pengunjung agar mudah mendapatkan informasi yang bernilai, berguna, dan berkualitas. Sehingga pemilik situs harus mengurus blognya agar user friendly.

Kenapa SEO penting? Karena sang pemilik ingin halaman postingan maupun halaman beranda situs dilihat, dibaca, direspon, dan dibeli produknya oleh pengunjung atau konsumen. Makanya, banyak pemilik situs berusaha mengoptimasi website maupun blognya untuk tampil di peringkat pertama (minimal halaman pertama) mesin pencari sesuai dengan target kata kunci yang dibidik si pemilik situs, entah dengan usaha sendiri maupun menggunakan jasa SEO.

Sebenarnya, nomor 1-11 adalah beberapa teknik SEO.


13. Jadikan Konten Tulisan Menjadi Sebuah Video


Jaman sekarang, banyak orang memilih untuk menonton video daripada membaca tulisan. Tak heran apabila, semakin hari, buku-buku di perpustakaan atau meja belajar sering diabaikan.

Platform yang paling berdampak tinggi dan tentunya gratis saat ini adalah YouTube dan Instagram. Buat video kalian semenarik dan seramping mungkin, namun tetap padat berisi makna dan ilmu. Bagikan video tersebut ke dalam kedua platform tersebut. Jangan lupa, tampilkan pula alamat blog di bio atau link postingan yang sama di deskripsi video tersebut.

Semakin kalian rajin posting video dan menampilkan kualitas isi dan gambar yang tinggi, tak dapat dipungkiri bahwa followers kalian akan bertambah setiap saat. Dan tentunya, tidak ada salahnya jika channel atau akun kalian dimonetisasikan.


Cepat, Tapi Harus Bayar


14. Membuat kontes / lomba blogger


Pertama, tentukan jenis kontes yang ingin dibuat. Kebanyakan kontes yang ada hanya minta blog atau produk bisnisnya direview. Nanti akan ada dua pilihan penilaian; 1. SEO (menduduki peringkat pertama SERP sesuai keyword yang ditargetkan) dan 2. Kualitas konten (judul bebas asal masih sesuai dengan topik).

Kedua, menentukan besarnya hadiah yang akan diberikan kepada pemenang. Tentu jumlah hadiah sangat berpengaruh, semakin besar hadiahnya maka biasanya yang minat menjadi peserta juga banyak.

Terakhir, membuat aturan main. Misal, dilarang copy paste, harus follow fanspage media sosial, share artikel, memberikan link ke situs kita, dan aturan lainnya. Kalian bisa meniru dari aturan-aturan kontes dari situs lain yang sedang atau sudah membuat kontes blogger.

Tentu saja, peserta akan menuju website / blog kita untuk mencari bahan review. Jadi, cara ini legal dan cepat dalam menambah jumlah visitor blog, namun tentunya tidak gratis. Karena akan keluar biaya untuk para pemenang dan promosi besar-besaran jika dikehendaki.

Hal baiknya, kita akan beruntung mendapat backlink dari blog peserta yang DA PA nya baik.


15. Beriklan di Google dan Facebook


Sebenarnya tiap search engine dan media sosial memiliki jasa periklanan, namun yang paling populer di Indonesia adalah Google Adwords dan Fb Ads. Nah, kalian bisa beriklan dikedua web tersebut. Untuk biaya bisa kalian lihat saat akan memasang iklan disana.

Untuk cara nomor 15 ini saya belum pernah melakukan, tapi dapat info dari kenalan yang telah menggunakannya, katanya trafik blognya jadi bertambah banyak 3 kali lipat dari sebelumnya.

Tapi ingat! Dengan lalu lintas berbayar, kalian akan kehilangan sekitar 80% lalu lintas begitu iklan berhenti berjalan. Jadi, sebaiknya kalian perlu merekrut orang atau belajar otodidak mengenai bab ini.

Tidak ada yang serba instant/cepat dalam mendapatkan apa yang kita inginkan, kecuali kalau sedang beruntung, pakai klenik, dan punya duit.

Baca juga:


Nah itulah 15 cara yang dapat kalian tiru dalam meningkatkan jumlah pengunjung / trafik blog tanpa menggunakan software tambahan apapun dan syukur masih bekerja sangat baik hingga saat ini. Kalian pun juga dapat menyewa jasa SEO jika kesibukan selalu membelenggu. Semoga bermanfaat!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more