Pasang Internal Link Jangan Berlebihan

Pengertian Internal Link adalah sebuah link yang dibuat di sebuah halaman artikel yang tujuan linknya menuju pada halaman artikel lainnya yang saling berkaitan di dalam sebuah situs itu sendiri.

Sebenarnya tidak ada batas maksimal jumlah internal link yang dibuat pada sebuah postingan blog. Namun jika post kita ingin berada di halaman pertama mesin pencari, jangan membuat internal link sampai lebay atau berlebihan.

Search engine diciptakan untuk mengumpulkan referensi dari banyak sumber tulisan yang berguna bagi pencari info. Pastinya artikel yang menjadi kandidat kuat dan mendapat ranking pertama adalah artikel berkualitas atau user friendly.

Apabila kalian ingin memuat banyak link dalam sebuah halaman, sebaiknya membuat halaman sitemap atau daftar isi tersendiri. Karena sesungguhnya artikel yang memiliki banyak link internal tanpa mengindahkan pembaca adalah artikel yang sangat buruk.

Jika konten blog kita sudah dianggap buruk oleh pengunjung maka tak hayal jika di kemudian hari pelanggan setia maupun trafik mengalami penurunan yang tajam.

Saya yakin bahwa kalian tidak mau jika trafik dan pelanggan menyusut hingga 90% dari jumlah biasanya. Makanya sebagai blogger kita harus menghargai pengunjung bak seorang raja apabila tidak ingin mengalami penurunan pelanggan dan trafik.

Saya pun sangat sedih jika mengetahui bahwa ada postingan (bukan halaman daftar isi) tapi internal linknya bagaikan sampah. Bukannya ada kolom widget yang bisa kita pasang internal link otomatis, entah berupa popular post atau related post? Kenapa malah membuat sampah yang hanya akan memperburuk kualitas blog kita?

Google Search Engine membenci internal link yang berlebihan dan menganggapnya SPAM link, hal ini disebabkan karena pengunjung (manusia) juga membencinya.

Menerapkan SEO itu mudah kok. Kuncinya: "Asal blog kita user friendly kemungkinan besar banyak artikel yang sudah dipublikasikan bakalan berada di halaman utama mesin pencari", karena ini sesuai dengan tujuan search engine diciptakan.

Untuk tahun 2017 hingga tahun-tahun berikutnya, internal link memang menjadi salah satu teknik SEO yang mudah diterapkan. Saya pun juga telah menyinggungnya di artikel yang berjudul 8 Daftar Teknik SEO Terbaru [On Page & Off Page]. Namun bukan berarti bahwa kalian bisa memasangnya secara berlebihan hingga jumlahnya melebihi kalimat/kata yang tanpa link, tetap harus mengindahkan pembaca.

Jumlah idealnya pemasangan berapa biji?

Yang ideal tentunya wajib memanusiakan pembaca. Secukupnya saja tanpa diada-ada sesuai dengan kalimat/kata yang ada pada postingan yang akan kita publikasikan.

Jika kalian sendiri merasa risih, kenapa malah menerapkan yang jelas-jelas adalah sebuah kesalahan?

Daripada berlebihan memasang internal link, lebih baik memainkan ukuran font atau menambah media (gambar/foto dan video) dalam setiap postingan karena lebih berguna / bermanfaat dan enak dibaca. Hal ini juga berlaku ketika memasang eksternal link.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more