10 Tips Menulis 500 Kata Per Jam untuk Blogger Pemula

Apakah pernah melihat atau menemukan sebuah tulisan blog milik orang lain yang sangat berkualitas dengan banyak kata di dalamnya? Jika pernah, saya yakin bahwa kalian juga ingin menciptakan tulisan yang sama seperti tulisan orang itu.

Saya ingat di awal menulis artikel blog pertama kali membutuhkan waktu berhari-hari untuk mempublikasikannya. Bukan karena sedang menulis puluhan ribu kata yang epik, namun dikarenakan saya menulis dengan kecepatan siput. Setiap beberapa kalimat saya akan berhenti menulis atau mengeditnya kembali.

Saya menulis artikel ini untuk memberikan bocoran kepada blogger pemula yang merasa sulit untuk memasukkan lebih dari 500 kata dalam setiap postingan, dalam kurun waktu satu jam.

Kebanyakan blogger memiliki masalah ini. Jadi saya harap, tips yang akan saya berikan ini dapat dicerna dan bermanfaat!!


1. Menjawab pertanyaan

Ketika pengunjung memiliki pertanyaan, maka gunakan pertanyaan spesifik mereka sebagai judul postingan dan jawaban untuk isi konten postingan terbaru.


2. Buat garis besar atau point-point sebelum menulis

Jangan menulis postingan tanpa membuat rancangannya terlebih dahulu. Membuat garis besar atau point-point secara matang akan menjadi panduan kita dalam menulis. Dan pada akhirnya membuat kita lebih mudah menjaga alur cerita dalam isi postingan blog.


3. Saat mengetik artikel jangan berhenti sebelum selesai 100%

Sebelum menulis di laptop/pc, tuliskan konten di kertas dengan pensil atau pulpen, tidak peduli betapa jeleknya tulisan tangan kalian. Setelah selesai, baca kembali dan diedit jika masih sulit dipahami.

Setelah tulisan tangan selesai, ketikkan sekarang ke laptop/pc, dan JANGAN melakukan editing apabila belum selesai menyalin semuanya. Karena jika kalian mengedit ketikan sebelum 100% selesai disalin, maka hanya akan memperlambat dan mengganggu fokus kalian dalam menulis.


4. Biasakan menulis lima ratus kata

Saya akui bahwa menulis 1500 kata tampak sulit untuk dilakukan blogger pertama kali dalam menulis artikel blog, tapi Insya Allah setelah membaca artikel ini kalian tidak akan mengalami kesulitan.

Studi demi studi menunjukkan bahwa postingan yang lebih panjang dan berkualitas akan menambah lebih banyak backlink alami, like, dan share.


5. Memposting tulisan dengan tipikal list/daftar/evergreen

Artikel tipikal list adalah postingan blog yang sering dicari hingga beberapa tahun mendatang atau bahkan membuatnya menjadi artikel pilar.

Contoh tulisan list/daftar/evergreen ya seperti artikel ini.

Tulisan tipikal list sering berhasil menciptakan banyak kata dalam setiap postingan karena kita akan mudah mendapatkan ide untuk tambahan kata.


6. Bergembiralah dengan tulisan sendiri

Jika dari awal tidak menyukai aktivitas menulis, maka hal ini akan menghambat aktivitas blogging kalian pula.

Walau tulisan di awal begitu jelek dibaca, percayalah bahwa membiasakan diri untuk sering menulis maka kedepannya tulisan kalian akan menjadi profesional. Dengan begitu, berbahagialah sebagai seorang blogger.


7. Menulislah seolah-olah sedang berbicara dengan 1 pembaca

Jangan fokus menulis ke banyak orang, karena hanya akan menyulitkan kita. Fokuslah menulis seolah-olah sedang berbicara dengan 1 orang pembaca saja.

Percayalah, bahwa aktivitas ini akan memudahkan kalian untuk menciptakan konten yang berkualitas.


8. Belajarlah menjadi seorang pendongeng yang hebat

Penulis terbaik adalah seorang pendongeng. Cobalah untuk memasukkan cerita di setiap postingan, walau cerita itu bukan menceritakan diri kita sendiri masih tetap efektif.

Hal ini dilakukan untuk memperbanyak kata dalam satu buah postingan.


9. Menggunakan bahasa bersahabat

Tulisan blog yang asli bukanlah berbahasa formal, karena kita bukan sedang menulis makalah penelitian maupun esai.

Dengan format tulisan yang bersahabat tentunya konten yang kita ciptakan akan luwes dan cepat selesai.

Perlu diketahui! Robot mesin pencari menyukai tulisan yang berformat EYD, sebisa mungkin membuat tulisan yang bersahabat tapi tetap EYD.


10. Menuliskan tips atau pemecahan masalah

Setiap orang memiliki jenis masalah yang berbeda. Jika postingan kita ternyata dapat memecahkan masalah mereka, hal ini tentunya menambah nilai plus. Siapa tau ada yang share tulisan kita ke media sosial atau memberikan komentar yang intinya berterimakasih.

Dengan adanya feedback positif dari pembaca, tentunya akan membuat kita semangat dalam menulis dan menciptakan konten terbaru.


Itulah 10 tips yang dapat saya bagikan kepada kalian (penulis/blogger pemula). Tentunya niat, usaha, dan doa kepada TUHAN juga berpengaruh dalam membantu mempercepat dan menambah stock ide.

Ngeblog itu sangat adiktif jika kalian berani menyelam lebih dalam lagi. Karena bisa berefek adiktif, maka dampak buruk dari ngeblog akan muncul jika kalian berlebihan dalam melakukannya, makanya jangan ngeblog sampai lebay!

Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan bantu share jika ternyata sukses juga untuk kalian. Terimakasih telah berkunjung.