8 Ciri Backlink Berkualitas Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Google

Di era internet yang sudah maju saat ini, membuat banyak orang, entah kaum adam/hawa tertarik untuk terjun ke dunia blogging. Sehingga mereka berusaha untuk menjadikan artikel yang diposting banyak dicari orang, dan pada akhirnya belajar SEO (Search Engine Optimization) dengan sungguh-sungguh.

Backlink juga perlu dipelajari dalam ilmu per-SEO-an dunia blogging. Bahkan para blogger yang sudah pengalaman saja masih bingung menentukan ciri-ciri backlink yang berkualitas. Salah satu pakar SEO kenalan saya, yaitu: Wahyu Blahe, menggunakan kekuatan backlink untuk mendongkrak posisi SERP (Search Engine Result Pages) dalam melakukan optimasi website miliknya maupun kliennya.

Beliau mengatakan bahwa, "Mendapatkan backlink yang berkualitas akan menjadikan situs kita berada di peringkat satu/terbaik di halaman mesin pencari Google."

Bagi kalian yang sedang mencari cara untuk menjadi seorang blogger yang sukses, di bawah ini saya berikan ciri dan beberapa tips bagaimana cara membuat backlink yang kita buat menjadi berguna di mata pengunjung dan mesin pencari google.

Inilah 8 Ciri Backlink Yang Berkualitas Agar Artikel Bisa Masuk Halaman Pertama & Bagaimana Cara Mendapatkannya


1. Bersumber dari Artikel yang Memiliki Kualitas Tinggi


Ciri-ciri backlink bagus yang pertama adalah backlink tersebut harus berasal dari artikel yang berkualitas. Ketika kita memasukkan backlink pada artikel yang tidak berkualitas maka akan mengganggu peringkat artikel kita di halaman pertama Google.

Ciri artikel berkualitas bisa dilihat dari: judul dan isi yang relevan, lengkap, tidak melakukan keyword stuffing, tampilan situs yang nyaman, responsive atau mobile friendly, hyperlink yang tidak asal, dan masih banyak lagi.

Oh iya, konten copy paste dari konten situs lain adalah konten yang tidak berkualitas. Untuk itu, hindarilah COPAS dari blog lain jika kalian mengembangkan situs PBN.

2. Bersumber Dari Blog yang Relevan


Dalam menanamkan backlink kita juga harus tepat memilih mana saja konten yang sesuai. Misal, konten situs A membahas motor atau otomotif, maka link yang kita tanam di konten si A juga harus membahas motor atau otomotif.

Jadi, jangan pernah membuat backlink yang kita masukkan tidak relevan dengan konten kita. Kerelevanan backlink sangat ditentukan di sini untuk mendongkrak posisi konten kita, minimal berada di halaman pertama Google.

3. Masukkan Link di Artikel


Ciri backlink yang berkualitas selanjutnya adalah memasukkan backlink di dalam artikel.

Berdasarkan baca-baca dari situs terpercaya, bahwa Google lebih senang atau suka jika memasukkan link di dalam artikel. Sehingga akan terlihat lebih original dan dicap baik oleh robot Google.

Inipun telah saya rasakan dampak positifnya karena menerapkannya.

4. Masukkan Backlink Domain .EDU ataupun .GOV


Kedua domain .Edu dan .Gov ini sering dicari oleh banyak webmaster maupun blogger sebagai tempat menanam link. Alasannya karena sudah dipastikan bahwa situs berdomain itu sangat dipercaya oleh robot Google. Sehingga ketika robot Google melihat link kita berada di domain tersebut, maka robot akan menyatakan link kita adalah bagus atau berkualitas.

Baik, iya. Tapi cara mendapatkan backlink dari situs .Gov dan .Edu ini memang sangat susah jika kita masih blogger pemula. Perlunya kenalan yang pro agar kita mudah mendapatkannya.

5. Masukkan Backlink dari IP yang Berbeda


Google akan mengatakan sebagai backlink yang bagus apabila IP yang di masukkan tidak sama dengan situs kita. Sehingga dengan IP yang berbeda dari sekian backlink yang dimasukkan, maka dianggap baik menurut Google.

Kalian dapat mengetahui IP situs lain dengan memanfaatkan Command Prompt untuk windows dan Network Utility untuk mac.

Itulah alasan kenapa banyak pembuat PBN atau jasa backlink menggunakan IP yang berbeda dalam tiap domainnya.

6. Masukkan Backlink dari Situs Bertrafik Tinggi


Dengan memanfaatkan situs orang lain yang memiliki trafik tinggi, maka sekitar 5% pengunjung yang hadir akan turut juga mengunjungi blog kita. Ini sama halnya dengan mengadakan konser Isyana Sarasvati, jika ada band indie yang turut serta dalam konser Isyana, maka tak hayal jika sebagian penonton atau penggemar Isyana akan menonton band indie tersebut.

Baca juga:

7. Carilah Backlink dari Domain yang Sudah Lama tapi Masih Aktif Update


Apabila kita mendapatkan backlink dari domain yang sudah lama namun masih update konten hingga sekarang, maka hal itu akan berdampak positif untuk situs kita juga.

Karena kita mendapat backlink dari situs ber-DA dan PA yang sangat bagus, ditambah situs yang sering update juga mendapat nilai plus dari Google.

8. Tempatkan Backlink yang Benar


Google akan menilai juga kualitas backlink terbaik dari segi penempatan. Jadi, dalam menempatkan sebuah backlink kita harus tepat dan tidak boleh sembarangan. Untuk penempatan backlink yang bagus menurut saya, tempatkan pada:
  • di dalam artikel
  • pembuatan anchor text sesuai judul konten kita
  • isi postingan harus relevan


Itu lah ciri backlink yang berkualitas yang dapat saya sampaikan agar konten kita bisa meraih peringkat pertama di halaman pencarian Google. Manfaat tambahan dengan tampilnya konten kita berada di posisi puncak mesin telusur Google adalah trafik website/blog dan penjualan produk pun juga ikut meningkat.

Mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah tau dan paham dalam membuat backlink berkualitas. Namun tentu saja, namanya informasi yang (mungkin) berguna dan bermanfaat ini dapat menambah wawasan bagi para webmaster dan blogger baru.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more