Tujuan Belajar SEO Untuk Blogger Pemula

Selama beberapa tahun terakhir, SEO telah berubah menjadi kata kunci utama. "Tapi sebagai blogger, mengapa repot-repot harus mempelajarinya?" Pastinya untuk pemasaran, bukan?

Pikirkan lagi! Karena mengetahui teknik praktik SEO terbaik, maka kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari belajar SEO. Misalnya, mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke blog kita sendiri. Atau, di mata klien dan manajer, keahlian itu bisa membuat kita lebih dipekerjakan.

Untuk lebih banyak membahas tentang dasar-dasar SEO dan cara kerjanya, langsung saja yuk!


APA ITU SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ALIAS SEO?


Teknik yang digunakan untuk membuat ranking situs kita menjadi lebih tinggi di halaman hasil search engine, atau yang sering dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah bagian dari SEM (Search Engine Marketing).

Intinya, SEO adalah cara mendapatkan lalu lintas organik yang gratis / tidak membayar ke situs kita melalui mesin pencari. (Tidak seperti menggunakan AdWords atau iklan berbayar lainnya di mesin pencari)


MENGAPA SEO ITU PENTING?


Sebagai blogger mungkin bertanya-tanya, "mengapa SEO menjadi bagian penting dari teka-teki online dan mengapa hal itu memiliki relevansi dengan kita (blogger)?"

Menurut sumber terpercaya, mesin pencari Google melakukan lebih dari 12 Miliar pencarian dalam sebulan. Dan jumlah ini akan meningkat dari bulan ke bulan.

Pikirkan ulang! Jika blog kita tidak diindeks, maka kita akan kehilangan ratusan atau bahkan ribuan pengunjung ke blog kita.

Bahkan jika kita tidak memiliki blog sendiri, namun karena bisa menerapkan praktik SEO ke situs klien atau perusahaan tempat kita bekerja, maka kedepannya membuat kita lebih layak dipekerjakan. Pastinya, cukup untuk uang saku :)


BAGAIMANA MESIN PENCARI BEKERJA?


Membedakan antara kesuksesan dan kegagalan dalam usaha pemasaran dapat dilihat pada seberapa sukses kita bermain via online. Ditambah, apakah akhirnya produk / layanan / konten kita dapat terlihat dalam persaingan online yang terus-menerus meningkat.

Oleh sebab itu, untuk mendapat peringkat yang baik di Google atau mesin pencari lainnya, penting rasanya jika kita memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana mesin pencari bekerja. Dengan menggunakan analogi, kita bisa lebih memahami bagaimana mesin pencari beroperasi.


BAGAIMANA MESIN PENCARI BEKERJA? (MENGGUNAKAN ANALOGI)


Bayangkan kita menjadi seorang guru olahraga (search engine) di sebuah sekolah.

Di lapangan lalu meniup peluit sangat keras untuk menarik perhatian murid-murid. Kita (sang guru) membuat pengumuman yang mengatakan bahwa, "bulan depan, ada perlombaan sepak bola piala gubernur untuk siswa se-Jogja, yang tertarik dengan sepak bola boleh ikut dan menjadi tim perwakilan sekolah kita."

Tentu saja, semua anak yang senang dengan sepak bola akan mengangkat tangannya, dan berteriak "aku mau!"

Setelah itu Guru memilih murid yang dapat bermain sepak bola (relevan), memiliki catatan sebagai pemain sepak bola (memiliki otoritas), dan memiliki tingkat keahlian dan ketersediaan tertentu pada hari pertandingan (teknis).

Karena peminatnya sangat banyak, lalu kita mulai memilah-milah murid dan memutuskan membuat kelompok-kelompok.

Pertama, Guru telah mempersempit kelompok sesuai dengan murid yang berminat bermain sepak bola. Dengan kata lain, relevan.

Kemudian, Guru memeriksa apakah ada siswa yang dikenal sebagai pemain sepak bola papan atas, dengan kata lain, mereka memiliki otoritas. Tentu saja, Guru juga akan mempertimbangkan siswa mana yang paling berdedikasi untuk sepak bola. Seperti, siswa yang tinggal di klub dan bernafas olah raga. Guru akan melakukan ini dengan melihat siapa yang terus-menerus berbicara, menulis, dan saling berbagi tautan sepak bola di media sosial.

Selanjutnya, Guru akan melihat aspek teknis murid. Dalam hal ini, tingkat keterampilan murid dalam bermain bola dan siapa saja bersedia untuk menghadiri pertandingan pada hari perlombaan.

Setelah semua pertimbangan relevansi, otoritas, dan aspek teknis, didapatkan, maka guru kemudian memilih murid yang tepat untuk diikutkan ke perlombaan (posisi 10 besar halaman pertama SERP).


BAGAIMANA SEARCH ENGINE MENEMUKAN SITUS KITA?


Mesin pencari memberikan hasil pencarian saat kita mengetikkan kueri / keyword penelusuran di kotak search, karena pihak mereka telah memiliki database informasi yang tersedia untuk ditampilkan.

Sadarilah bahwa setiap mesin pencari memiliki cara tersendiri untuk mengumpulkan dan memprioritaskan informasi dari seluruh situs. Tapi apa pun tekniknya, prosesnya disebut dengan "pengindeksan". Pengindeksan adalah saat mesin pencari mencoba memindai semua yang ditemukan secara online, sehingga informasi itu tersedia di database setiap kali seseorang memasukkan kata kunci penelusuran.

Bagaimana ini dilakukan? Pada dasarnya, setiap mesin pencari memiliki bot atau crawler sendiri. Ini adalah skrip perangkat lunak yang sangat rumit yang bekerja terus-menerus memindai seluruh web, mengindeks konten situs, dan mengikuti tautan dari situs web ke link lain.

Setiap kali blog kita gagal diindeks, maka blog kita tidak akan muncul di mesin pencari. Tapi jangan khawatir, karena kemungkinan besar situs kita akan diindeks (jika tidak memiliki catatan kotor akibat melanggar aturan mesin pencari). Mesin pencari besar seperti Google, Bing dan Yahoo!, Yandex, dan lainnya akan terus-menerus mengindeks miliaran situs yang ada pada saat ini.


APA YANG DIBUTUHKAN UNTUK RANK DI GOOGLE?


Tidak sulit untuk blog kita diindeks mesin pencari. Namun, yang menjadi tantangan adalah membuat blog kita berada di peringkat pertama SERP untuk kueri atau kata kunci penelusuran tertentu.

Mesin pencari menggunakan tiga faktor utama setiap kali menentukan peringkat di Search Engine Results Pages atau SERP, yaitu: relevansi, otoritas, dan teknologi.

Pada dasarnya, relevansi hubungannya dengan apa tulisan yang ada di situs kita, misal: tentang (judul, isi, dan lain-lain).

Otoritas melihat jumlah inbound link yang dimiliki untuk situs kita.

Dan teknologi adalah hal-hal mengenai sitemap, informasi meta, dan keseluruhan struktur situs.

RELEVANSI


Salah satu faktor terpenting dalam hal SEO adalah relevansi. Mesin pencari tidak hanya ingin melihat bahwa kita menggunakan kata kunci tertentu, namun juga ingin melihat seberapa relevan konten kita saat berhubungan dengan kueri penelusuran tertentu.

Untuk melakukan ini, mesin pencari tidak hanya melihat teks di situs kita, mereka juga melihat:
  • Bagaimana situs terstruktur
  • Kata kunci apa yang digunakan dalam URL
  • Bagaimana halaman diformat
  • Kata kunci apa yang ada di judul yang juga ditemukan dalam konten halaman yang diberikan itu

OTORITAS


Ketika ingin menyelami SEO, perlu diingat bahwa penerapannya akan terus berubah. Bisa jadi, teknik yang bekerja pada bulan lalu mungkin akan membuat kita dihukum pada bulan ini.

Salah satu hal yang masih diandalkan oleh semua mesin telusur adalah otoritas. Backlink adalah salah satunya, jumlah backlink yang dimiliki juga dihitung. Oleh karena itu, bertentangan dengan apa yang mungkin kalian dengar saat ini, sebenarnya SEO masih bergantung pada backlink (tapi tidak sepowerfull waktu dulu).

Mesin pencari akan menentukan seberapa kredibel kualitas konten dengan menghitung jumlah inbound link yang kita miliki dari situs-situs lain. (Btw, inbound link adalah tautan yang mengarah ke blog kita dari situs pihak lain, atau biasa disebut dengan backlink)

Namun, bukan berarti bahwa semakin banyak backlink maka situs kita memiliki rangking yang lebih tinggi.

Mesin pencari juga melihat bagaimana otoritatif situs-situs lain ini terhubung dengan situs kita. Artinya, sebuah link yang berasal dari Wikipedia jauh lebih baik daripada yang berasal dari situs kecil yang dibuat beberapa hari yang lalu.

Ada komponen otoritas lainnya, seperti umur domain.

TEKNOLOGI


Jika kita memiliki konten yang sempurna, URL, dan tautan masuk yang kuat, ternyata itu semua tidaklah penting apabila data struktur tidak ada.

Pikirkanlah! Agar Google merayapi situs dan mengindeks dengan benar, mereka harus memiliki semantik (atau sinyal/tanda) di dalam HTML.

Di bawah ini saya akan membahas dua tanda, Meta tag dan Schema Markup.

META TAG

Meta tag akan memberikan banyak informasi kepada search engine tentang sebuah halaman web. Sedangkan pengunjung tidak akan mengetahuinya (jika tidak membuka view-source dan inspect element pada browser).

Meta tag ditempatkan di dalam elemen <head> ... </head> pada bagian HTML web dan berisi atribut name dan content.

Sebagai contoh, meta tag untuk deskripsi <meta name="description" content="isi deskripsi halaman situs">. Meta tag deskripsi adalah salah satu aspek terpenting pada halaman web, karena memberikan informasi deskripsi singkat tentang halaman ke mesin pencari. Selain meta deskripsi, masih ada yang lainnya pula, seperti: meta tag robot dan tag judul.

SKEMA MARKUP

Schema markup adalah salah satu teknik SEO yang jarang kalian dengar, namun bisa menjadi salah satu teknik paling efektif untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas.

Schema markup adalah kode yang bisa kita masukkan ke dalam HTML, yang nantinya akan membantu mesin pencari memahami dengan tepat informasi apa yang ada di situs kita. Ini kemudian membantu mesin pencari untuk mengembalikan hasil yang lebih bermanfaat dan menampilkannya di SERP.

Berikut ini adalah contoh hasil penerapan schema markup yang tepat:


Apa yang kalian lihat di atas adalah hasil yang ada di SERP. Alih-alih hanya menampilkan judul dan deskripsi singkat, mesin pencari juga menampilkan daftar lainnya.

Memberikan informasi semacam ini sangat berguna bagi pencari info, karena mereka dapat mengumpulkan detail bacaan yang terkait dengan apa yang mereka cari.

Schema markup serupa dapat diterapkan pada situs bisnis dan organisasi di berbagai industri. Google memiliki tool Structured Markup Helper, yang membantu menambahkan schema markup ke halaman HTML web kita.


INGAT! MENULIS UNTUK MANUSIA


Pada akhirnya mesin pencari menjadi sangat kompleks. Tapi pada dasarnya, mereka dibuat untuk bertindak layaknya manusia.

Ketika kita membuat situs yang lebih ramah mesin pencari, mudah untuk meningkatkan rangking di SERP.

Setiap kali kita terlalu fokus melakukan sesuatu hanya untuk mesin pencari, maka secepatnya harus berhenti, mengingat bahwa kita menulis untuk manusia.

Saat ini mesin pencari sangat maju, sehingga dapat mengetahui apakah konten kita bisa dibaca oleh manusia atau tidak. Ketika sampai pada hal itu, memberikan konten yang berharga dan relevan sangatlah penting.


ALAT DAN SUMBER DAYA SEO TAMBAHAN


SEO adalah industri multi-juta dolar.

Kabar baiknya adalah kita tidak perlu menginvestasikan jutaan rupiah untuk layanan SEO. Sebenarnya, mempelajari dasar-dasar SEO dan menjalankan strategi pemikiran dengan baik dalam banyak kasus cukup untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Berikut adalah beberapa alat dan sumber daya untuk membantu SEO di situs kita atau klien.

1. Google Analitycs

Google Analytics (GA) adalah salah satu pelacak analitik terbaik yang tersedia. GA akan menunjukkan dengan tepat siapa saja yang mengunjungi situs web kita, seperti: lokasi mereka, perangkat apa yang mereka gunakan, browser-nya, dan sebagainya.

Bahkan lebih baiknya lagi, GA benar-benar gratis. Yang harus kita lakukan adalah menginstal kode pelacakan di situs kita. Dan tentunya, gunakan akun Google yang sama dengan akun blog.

2. Search Console (GOOGLE WEBMASTER TOOLS)

Ini adalah layanan fantastis dan gratis lainnya dari tim Google.

Search Console memiliki berbagai fitur, termasuk membantu mempercepat waktu mengindeks situs kita untuk ditampilkan di SERP Google. Search Console juga dapat digunakan bersamaan dengan Google Analytics.

3. Brokenlinkchecker.com

Tool online gratis yang dapat kita gunakan untuk melihat broken link (tautan rusak). Dalam SEO, brokenlink sangat diperhatikan. Namun, untuk saat ini Google tidak melihat broken link sebagai sinyal perankingan.

4. Schema.org

Situs ini berguna untuk membantu kita dalam mengatur struktur data HTML Template dengan benar, hingga akhirnya dapat menampilkan data tambahan di SERP dan menarik untuk dikunjungi. Maka demikian, saya menyarankan kepada kalian untuk selalu update informasi terbaru di schema.org.

5. W3C Validator

Salah satu tool online yang paling populer untuk membantu kita dalam mengetahui ada tidaknya kode HTML Template yang error.

W3C Validator juga direkomendasikan para blogger pro dalam membuat template yang SEO.


Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Bagaimana, sekarang mulai tahu tujuan mempelajari SEO? Tentunya bermanfaat untuk kehidupan blog pribadi kita masing-masing.

Semoga bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more