16 Jenis Kerusakan/Masalah HP Android & Cara Mengatasinya

HP Android termasuk barang elektronik yang bisa saja rusak. Bahkan saya penulis yang sudah memakai Android lebih dari 8 tahun, sudah tidak ingat lagi berapa banyak kerusakan yang pernah saya temui.

Kerusakan ini juga dibagi dua. Ada yang ringan, ada yang berat. Kalau yang ringan, biasanya bisa diperbaiki menggunakan cara-cara simpel tertentu.

Tapi kalau kerusakan berat, biasanya ada komponen yang harus diganti. Tidak jarang, bahkan komponennnya punya harga setara dengan HP baru.

Karena itulah, disini saya ingin membahas jenis-jenis kerusakan pada HP Android dan cara untuk mengatasinya. Silakan dibaca:


1. HP Suka Hang

Ditandai dengan sistem yang lemot waktu dipakai, kemudian suka macet (hang) tiba-tiba selama beberapa menit.

Masalah ini cukup umum ditemui. Penyebabnya juga ada sangat banyak. Namun untuk mengatasinya, kita tinggal rajin-rajin saja mengoptimalisasi HP.

Caranya: kalian dapat menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar, jika perlu hapus aplikasi yang tidak sangat penting.


2. HP Suka Update Sendiri

Ini jenis kerusakan ringan. HP yang sedang tersambung ke internet tiba-tiba mengupdate aplikasi sendiri.

Penyebabnya ialah settingan Google Play Store yang masih dalam keadaan default. Disana fungsi update otomatis masih aktif.

Untuk mengatasinya, tinggal nonaktifkan saja pengaturan update tersebut.


3. Sinyal HP Suka Tidak Keluar

Ini ada beberapa jenis masalahnya. Ada yang sinyalnya kadang muncul kadang tidak, ada juga yang tidak muncul sama sekali.

Penyebabnya sangat bermacam-macam. Ada yang berhubungan dengan komponen, ada juga yang berhubungan dengan sistem.

Untuk mengatasinya, coba setting pengaturan jaringan, ganti kartu SIM, dan pindah lokasi ke tempat yang sinyalnya lebih bagus.


4. Internet Suka Disconnect Sendiri

Ketika internet diaktifkan, secara otomatis terkadang sinyal internet suka disconnect sendiri kemudian connect kembali.

Ini normal sebenarnya. Pada saat itu, HP sedang menyambung ulang jaringan yang tiba-tiba tidak tertangkap. Makanya masalah ini lebih banyak ditemui di tempat susah sinyal.

Cara mengatasinya: Aktifkan mode Pesawat lalu sambungkan lagi ke internet. Bila belum terselesaikan, pindah lokasi yang kuat sinyal. Atau jika perlu, pakai atau pindah Provider lain yang paling kuat sinyalnya di daerah kalian.


5. RAM HP Suka Penuh

Penggunaan RAM HP memang seharusnya disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Makanya disarankan pemakaian harus dibatasi.

Namun bagaimana jika tetap suka penuh? Nah, penyebabnya karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan tanpa kalian ketahui.

Uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan, biasanya sudah cukup. Sudah uninstal namun tidak ada penurunan yang signifikan? coba restart HP kalian.


6. Memori HP Penuh

Memori yang dimaksud disini bukan RAM, melainkan memori untuk menyimpan data (Internal).

Memori internal banyak digunakan untuk menyimpan data-data penting. Misalnya foto, video, atau file-file bawaan dari sebuah aplikasi.

Kalau merasa memori HP kalian sudah terlalu penuh, itu berarti data yang tersimpan terlalu banyak. Silakan hapus terlebih dahulu. Apabila sudah melakukan penghapusan dan dikemudian hari RAM tiba-tiba penuh sendiri, coba rubah settingan aplikasi agar tidak mendownload file sendiri layaknya WA (WhatsApp).


7. Suka Ada Notifikasi Mengganggu

Di Aplikasi terdapat setting notifikasi yang memungkinkan program untuk mengirimkan sesuatu kepada pengguna. Baik itu pesan maupun suara.

Tapi terkadang ada juga pengguna yang tidak menyukai jika HPnya terlalu banyak muncul notifikasi-notifikasi tersebut.

Untuk mengatasinya tidak perlu uninstal, cukup ubah setting Notification pada preferensi Aplikasi.


8. HP Suka Ada Iklan Muncul

Di HP-HP sekarang masalah ini sering sekali terjadi. Waktu HP dipakai seperti biasa, tiba-tiba muncul iklan yang menutup semua layar.

Iklan ini berjenis pop-up dan bisa dibilang lumayan mengganggu. Apalagi waktu sedang chatting atau browsing. Jika saya pribadi, ketika menggunakan provider Telk**sel pasti kejadian seperti ini.

Untuk mengatasinya ada banyak hal yang perlu dilakukan. Mungkin kalian bisa membaca artikel dari situs Leskompi yang berjudul Cara Menghilangkan Iklan Android.


9. 4G Tidak Muncul

Masih sehubungan dengan masalah sinyal sebelumnya, namun di sini khusus 4G saja.

Apa penyebabnya? Penyebabnya ialah karena lokasi tempat kalian tinggal kurang bagus dalam menangkap sinyal 4G. Sehingga terkadang berubah sendiri ke 3G.

Cara mengatasinya coba ganti setting ke 4G Only, kemudian pindah ke lokasi yang sinyal 4G-nya lebih baik.


10. Aplikasi Berhenti / Force Close

"Sayangnya aplikasi berhenti". Masalah ini bisa terjadi di semua aplikasi.

Penyebabnya bisa dibilang sangat beragam, walau kebanyakan memang dari masalah sistem.

Untuk cara mengatasinya, kalian bisa coba menginstall ulang aplikasi yang error tadi. Melakukan penghapusan data (Clear Data), atau penghapusan Cache (Clear Cache).


11. Google Play Berhenti

Sama seperti sebelumnya, namun biasanya disebabkan karena bug pada aplikasi yang tidak sengaja muncul.

Untuk mengatasinya, kalau saya biasanya pergi ke Setelan > Aplikasi > Layanan Google Play > Lalu hapus Data di sana.

Setelah itu saya juga biasanya merestart HP.


12. Play Store Tidak Bisa Dibuka

Tidak bisa dibuka yang saya maksud di sini ialah ditandai dengan menu utama yang tidak loading, dan tetap berwarna abu-abu saja.

Penyebabnya ada beberapa. Tapi kurang lebih masih berhubungan dengan bug atau masalah pada sistem.

Untuk cara mengatasinya sangat simpel. Pergi ke Setelan > Aplikasi > Google Play Store > Lalu klik Hapus Pembaruan atau Uninstall Update. Kemudian buka lagi deh.


13. HP Tidak Bisa Dicas atau Dicharger

Banyak ditemui di HP Android lama maupun baru. Ditandai dengan HP ketika dicas tapi tidak mengisi. Bahkan terkadang persentase baterainya justru berkurang.

Penyebabnya biasanya karena sistem yang tidak optimal, baterai yang rusak, atau chargernya yang rusak.

Untuk cara mengatasinya sendiri ada cukup banyak. Silakan baca artikel Cara Mengatasi HP dicas tapi baterai berkurang.


14. HP Suka Terasa Panas

Namanya elektronik memang wajar kalau panas. Tapi untuk sebagian HP, ada juga yang terasa lebih panas dari biasanya.

Ini kebanyakan disebabkan karena chipset yang dipakai HP tersebut memang masih kurang optimal dari segi pembuangan panasnya.

Tidak bisa diatasi, namun bisa dikurangi panasnya. Kurangi penggunaan berlebihan pada HP.


15. HP Kemasukan Air

Bukan kerusakan langsung, namun dari faktor eksternal, akibat kalian ceroboh dalam membawa HP.

Untuk mengatasi hal ini tidaklah sulit. Coba kalian ambil semangkuk beras, kemudian rendam HP dan baterai (yang sudah dibongkar antara baterai dengan HP) dalam beras tersebut.

Tunggu selama 3 hari atau lebih. Baru nyalakan kembali HP-nya. Biasanya kalau ada rusak, kerusakan tersebut bisa hilang.


16. HP Suka Macet Lalu Mati

Masalah lebih lanjut dari hang yang kita bahas tadi. Karena beberapa saat setelahnya, sistem tiba-tiba mati.

Kalau terdapat hang, berarti kemungkinan sistem HP tidak stabil. Bisa disebabkan banyak hal, namun umumnya karena faktor pemakaian.

Untuk mengatasinya tidak susah. Coba restart HP kalian, jika masih bermasalah silakan reset pabrik.


Nah itulah jenis-jenis kerusakan yang bisa terjadi dengan HP Android kita. Jenis kerusakan HP Android sebenarnya masih ada banyak sekali. 16 yang kita bahas tadi hanyalah beberapa saja.

Jika kalian punya masalah lainnya, coba cari detail dan solusinya dengan browsing di Google terlebih dahulu. Karena saat ini sudah banyak solusi yang sudah diposting dalam memperbaiki masalah-masalah yang ada, walau terkadang beda merek dan tipe HP yang digunakan untuk model tutorial, tapi dicoba dahulu juga tidak ada ruginya walau beda merek dan tipenya.

Jangan ragu untuk share konten ini apabila ada keluarga atau teman kalian yang mengalami masalah dalam menggunakan HP Android. Semoga sedikit informasi ini bisa membantu dalam mengatasi masalah HP Android kalian, Aamiin.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more