Penyebab BPK Google AdSense Kecil / Rendah

Jika kalian (publisher Google Adsense) merasa nilai per klik kecil dan ingin tahu penyebabnya, mungkin postingan ini dapat menjawab atas keresahan hati kalian.


2 Penyebab nilai BPK Google Adsense Kecil


1. Kecurangan Publisher

Apakah pernah kalian mengetahui atau bahkan melakukan sendiri dengan aktivitas tukar klik kepada blogger lain?

Apa kalian sadar bahwa aktivitas tersebut dapat membuat nilai per klik menjadi kecil?

Ini salah satu alasan atau penyebab berdasarkan cerita dari beberapa pegawai perusahaan Indonesia yang mempromosikan bisnis dan beriklan melalui Google Adwords. Mereka bercerita bahwa aktivitas tukar klik antar publisher Adsense telah terdengar sampai ke telinga mereka, hingga akhirnya mereka berusaha mencari cara agar biaya per klik atau tayang dapat di press dan perusahaan tidak merugi dalam pengeluaran promosi.

Saya tidak akan cerita blak-blakan bagaimana cara yang mereka lakukan untuk membuat harganya murah, namun di satu sisi membuat saya sadar bahwa kegiatan tukar klik menjadikan pendapatan Adsense juga ikut mengurang. Yang harusnya mendapat 3 juta per bulan, malah tidak jadi.

Saya tidak akan membahas kalimat, "rezeki sudah diatur TUHAN", karena kiblatnya memang berbeda.

Kalian tahu jumlah publisher yang menerima dampak negatif menurunnya pendapatan? Saya tidak tahu, namun yang jelas banyak.

Hanya karena segelintir oknum publisher melakukan aktivitas tukar klik, efeknya merambat ke semua publisher. Ini benar-benar tidak adil untuk publisher jujur yang tidak tahu apa-apa namun mendapatkan efek negatifnya pula.

Sebenarnya ini tidak hanya berlaku pada aktivitas tukar klik, publisher yang melakukan kecurangan lainnya dengan membuat aplikasi di AdMob yang di desain untuk klik iklan sendiri, serta klik iklan sendiri dengan bantuan VPN yang pada akhirnya terkena invalid click, kemungkinan juga telah di dengar oleh para pengiklan Google Adwords.

Jadi, apa mau nilai per klik atau BPK akun Google Adsense tetap kecil dan mungkin akan bertambah mengecil untuk waktu yang lama? Jika tidak, saya harap kalian selalu bermain yang jujur. Walau sepertinya "nasi sudah menjadi bubur" semoga saja para pengiklan juga sadar diri dengan perasaan publisher yang ingin memperoleh pendapatan dari Google Adsense.


2. Mencekal atau Memblokir Iklan

Dalam situs support.google.com, sudah menyebutkan 4 penjelasan penyebab BPK menurun, salah satunya:
Pastikan Anda tidak mencekal iklan yang tidak perlu dicekal. Jika Anda mencekal terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, atau kategori umum maupun sensitif, BPK akan menurun karena pengiklan dalam lelang yang menawar inventaris Anda menjadi lebih sedikit.
Sangat jelas sekali sebenarnya, dimana pencekalan bukanlah jalan yang tepat untuk cara meningkatkan pendapatan Google Adsense. Saya juga telah lama memposting masalah pemblokiran iklan Google Adsense yang digadang-gadang dapat meningkatkan pendapatan dan sudah menjelaskan bahwa efeknya malah sebaliknya, yaitu: mengalami penurunan pendapatan, kalian dapat membaca selengkapnya di postingan tersebut (berdasarkan pengalaman sendiri mengikuti saran Google).


Hanya 2 penyebab yang dapat saya sampaikan berdasarkan cerita dan pengalaman bereksperimen. Tentu masih banyak alasan-alasan lainnya, saya sarankan kepada kalian untuk membuka dan membaca postingan orang lain dalam mendapatkan banyak jawaban melalui mesin pencari Google.

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more