Cara Meningkatkan Pendapatan Google Adsense BUKAN Dengan Memblokir Iklan

Banyak publisher Google Adsense (blogger, youtuber, developer) berharap untuk mendapatkan banyak klik dan BPK mahal dari iklan yang tampil. Akan tetapi sering terjadi kesalahan dalam melakukan kepengurusannya, salah satunya dengan cara melakukan pemblokiran gambar/banner pengiklan yang tampil di dalam platform dengan dalih agar pendapatan dari Google Adsense meningkat/banyak.

Memang benar bahwa ada hak publisher untuk melakukan pemblokiran pada iklan yang ingin dihilangkan, ini pun juga diamini oleh pihak Google Adsense dengan memberikan fitur blokir di setiap akun milik publisher.

Alasan publisher melakukan pemblokiran karena menganggap bahwa munculan iklan memiliki nilai harga yang rendah. Bagi saya pribadi alasan seperti itu bukanlah jalan terbaik untuk melakukan pemblokiran, ditambah para publisher juga tidak tahu iklan apa dan mana yang nilai BPKnya kecil.

Bukan berarti saya tidak melakukan pemblokiran, saya juga memblokir beberapa iklan pengiklan dengan mempertimbangkan pengunjung blog saya. Iklan yang saya blokir hanya: yang mengandung unsur dewas4 karena semua topik blog yang saya punya selalu menargetkan semua umur, selain unsur itu tidak saya blokir.

Disisi lain pihak google juga telah memberikan informasi bahwa iklan yang tayang merupakan iklan yang telah disesuaikan dengan topik konten kita. Akan tetapi namanya juga mesin pasti ada cacatnya / bug, dengan demikian harap dimaklumi.


Beberapa kriteria iklan yang perlu diblokir


Dalam hal ini saya memiliki kriteria dan saran kepada kalian dalam memblokir tanpa asal-asalan melakukannya:
  1. Munculan tampilan iklan dewas4 - Yang sedang viral saat ini di blogger Indonesia adalah iklan "ngac3ng" atau "tahan 4 jam". Ya, iklan tersebut memang harus diblokir mengingat jika topik blog juga menargetkan anak-anak.
  2. Agama yang berbeda - Jika konten kita membahas agama islam, tampilan iklan yang di luar agama islam memang harus di blokir karena tampilan itu tidak akan diminati pengunjung kalian yang notabene beragama islam. Ini juga berlaku kepada konten yang membahas agama selain islam.
  3. Iklan tak layak lainnya - Terkadang munculan iklan seperti situs "judai" juga nampak pada slot iklan Adsense. Apabila merasa tak layak ditampilkan maka kita juga dapat memblokirnya. Apapun munculan yang menurut kita tidak tak layak, bisa diblokir.


Kita Tidak Tahu Iklan Mana yang Berharga Rendah


Bisa jadi ketiga saran yang telah saya berikan di atas sebenarnya memiliki nilai klik mahal dan dapat mendapatkan banyak klik. Jadi, setiap publisher wajib melakukan eksperimen minimal sebulan.

Bahkan jika kalian mau telusuri ternyata situs yang menampilkan iklan dewas4 ternyata topiknya berbeda dengan tampilannya. Saya beri contoh salah satu gambar iklan "ngac3ng" yang muncul pada blog saya:

screenshot munculan iklan "ngac3ng"

Coba kalian buka situs yang saya lingkari merah, apakah menuju situs dewas4? Oh bukan, ternyata malah ke situs transportasi di rusia.

Lalu, apakah munculan seperti "ngac3ng" dan "tahan 4 jam" adalah bug? Belum tentu! Bisa saja ini merupakan tindak kesengajaan melakukan clickbait oleh pengiklan. Namun bagi saya pribadi, kata-kata dewas4 itu tidak pantas dikonsumsi untuk pengunjung blog saya walau kemungkinan harga kliknya mahal dan banyak yang mengeklik, dan tetap saya blokir munculan iklan tersebut.

Saya juga telah memberikan 6 tips membuat harga per klik Adsense menjadi mahal, namun bukan berarti harus diamini begitu saja lho ya. Kalian juga perlu melakukan eksperimen sendiri dalam memaksimalkan pendapatan Google Adsense dengan menempatkan banner iklan yang tepat jika platformnya adalah blog.


Setelah Diblokir Muncul Lagi


Pemblokiran tidak langsung berefek dengan dengan cepat, robot Adsense juga perlu waktu untuk menyembunyikannya. Di sisi lain tampilan tersebut ternyata telah mendapat respon berupa klik banyak dari pengiklan lain, sehingga pihak pengiklan menampilkan tampilan yang sama. Makanya walau sebulan pemblokiran iklan dengan munculan "ngac3ng" dan sebagainya akan muncul kembali pada blog kita.


Kesimpulan


Jangan asal blokir iklan jika kalian tidak tahu nilai tiap banner yang muncul, pertimbangkanlah kembali. Jika ingin memblokir pilihlah munculan iklan yang tidak sesuai dengan topik dan munculan yang tidak layak dikonsumsi pengunjung. Dan untuk alasan nilai harga per kliknya kecil, itu bukanlah jawaban terbaik.

Daripada asal memblokir yang tidak jelas akan besar kecilnya per klik dan tayang, saran saya dalam mendapatkan uang atau meningkatkan penghasilan dari Adsense ialah:
  1. Ternak Blog - Buat blog sebanyak mungkin. Ingat! Yang namanya peternak tidak hanya memperbanyak saja, namun juga harus dipelihara dengan baik agar keuntungan juga besar.
  2. Menempatkan banner yang tepat - Yang ini memang membutuhkan ekperimen dan tidak langsung menghasilkan, tapi kalau saya pribadi merekomendasikan di bawah postingan untuk mendapatkan banyak klik.
  3. Memposting banyak artikel - Sama halnya dengan ternak blog, kualitas juga harus dipelihara dan bukan hasil copy paste.

Peringatan ini juga berlaku untuk para publisher youtube dan admob.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more