Cara Membuat Artikel Page One di Mesin Pencari Perlu Proses

Semua butuh proses apalagi mau menduduki posisi tertinggi (pengecualian jika kalian lahir dari keluarga kaya tujuh turunan). Tapi saya tidak akan membahas yang lahir dari keluarga kaya! Mari posisikan diri bahwa kita adalah kaum pemula/newbie/bayi yang belum tahu dan tidak punya apa-apa.

Untuk mendaki pertama kali di sebuah gunung kita perlu memanjat dari bawah menuju ke puncak. Dalam perjalanan ke puncak pastinya kita menemui kendala, entah; kehujanan, tersesat, lelah, kehabisan bekal, atau bertemu hewan buas. Sehingga untuk sampai puncak bisa menghabiskan waktu yang lama.

Begitu juga bagaimana cara untuk mendapatkan artikel di halaman pertama SERP (Search Engine Result Pages) atau page one di mesin pencari milik Google, Bing, Yahoo!, Yandex, Baidu, dan lainnya. Tidak mungkin membuat blog baru kemudian tulis artikel lalu dipublish tiba-tiba berada di puncak klasemen.

"Mungkin saja, nyatanya blog baru saya bisa page one artikelnya?" Halo blogger! Saya tau kalian siapa. Kalian blogger lama, sudah paham kuncinya, dan pernah melakukan eksperimen. Tapi saya tidak berbicara tentang blogger lama, saya memberi tahu blogger pemula/newbie. Stop deh, jangan pura-pura polos atau bego'!

Dan sadarilah bahwa topik yang ingin kalian bahas biasanya sudah banyak yang posting. Namun, tidak ada salahnya kalian mencoba melawan postingan lama milik blogger lain karena siapa tahu bisa menang melawan mereka, walau saya sadari kecil kemungkinan menang melawan mereka apalagi jika yang dilawan adalah blog berotoritas tinggi.

Proses disini tidak hanya membuat artikel berada di peringkat pertama, tapi juga mempertahankan artikel itu tetap berada di peringkat pertama mesin pencari dengan durasi waktu yang lama (menetap).

Banyak jasa SEO (Search Engine Optimization) yang menjanjikan artikel berada di halaman satu mesin pencari, tapi tidak ada satupun jasa SEO yang berani menjamin artikel menetap selamanya di halaman satu apalagi dengan membidik keyword yang saingannya banyak dan sedang trending topik. Kalian harus tahu bahwa robot perayap dan algoritma mesin pencari selalu diperbarui dan sifatnya tidak statis.

"Saya pernah melihat blog orang artikelnya berada di halaman pertama dan durasinya lama." Halo blogger, jangan hanya melihat satu atau beberapa artikel saja milik mereka, coba lihat juga artikel lainnya. Apakah semua artikelnya berada di halaman pertama dengan keyword yang mereka bidik? Tentu saja tidak!

Akhir-akhir ini saya sering mengecek keyword yang saya bidik lewat aplikasi SEO Watcher di HP Android pribadi, namun apakah kalian tahu apa yang terjadi dari observasi itu? Setiap hari atau minggu ada fluktuatif posisi dan saya bandingkan langsung di mesin pencari. Ibarat mainan jungkat-jungkit posisi artikel di SERP ada yang turun ada yang naik. Jadi, tidak ada yang naik semua atau turun semua.

Saya tidak tahu apakah terjadi juga terhadap blog-blog besar lainnya, namun jika iya, keadilan itulah yang diberikan mesin pencari untuk semua pemilik blog dan website. Ada keseimbangan pembagian posisi dengan blog lainnya agar tidak memunculkan kecemburuan. Sehingga muncul pemikiran pribadi bahwa semakin banyak konten yang kita posting, maka semakin meningkat pula pengunjung blog kita (tanpa meninggalkan unsur kualitas tulisan dan SEO). Dan ternyata pemikiran saya itu benar adanya dengan menilik blog berita dan blog raksasa.

Rasanya sangat senang apabila meraih posisi page one atau halaman satu di mesin pencari dari hasil usaha sendiri. Ada kepuasan dalam hati yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Yah, pokoknya top markotop lah! Apalagi jika mengalahkan blog raksasa yang otoritasnya tinggi, makin besar kepala deh.lol.

Kalian bisa belajar SEO dari blog manapun atau juga blog ini. Saya memang tidak membahas banyak seputar SEO, namun bukan berarti tips atau informasi yang saya bagikan adalah basi dan tidak berisi, karena saya akan terus menerus update sesuai dengan kebijakan algoritma terbaru dan informasi blog webmaster di setiap mesin pencari.

Saya telah menuliskan Teknik SEO terbaru, beberapa diantaranya:
  • HTTPS
  • AMP (Fast Loading, Responsive & Mobile Friendly)
  • Anti Pop Under
  • Fresh / Kekinian Konten
  • Original & Unik Konten
  • Keyword Relevan
  • Isi sesuai Topik Bahasan
  • Perbanyak kata (minimal 400 kata, tanpa banyak intro)
  • Submit Webmaster Mesin Pencari

Di sisi lain mesin pencari, seperti: Google, Bing & Yahoo!, Yandex, Baidu, dan lainnya, merupakan teknologi buatan manusia. Sebagus apapun kodingnya dan sebaik apapun pemeliharaannya, tetap saja ada bug (kekurangan) di dalamnya. Sehingga akan biasa jika muncul postingan / halaman situs yang "jelek" (tidak bermutu dan berkualitas) di peringkat terbaik dan mengalahkan konten kita yang sudah di-SEO-kan dengan benar.

Sesempurna apapun mesin buatan manusia, yakinlah bahwa sempurnanya itu masih memiliki kelemahan.

Jadi, saya harap kalian untuk bisa memakluminya. Namun bukan berarti menyerah begitu saja. Karena dipastikan dengan adanya ketekunan dalam usaha keras dan doa yang tidak pernah berhenti kepada Sang Pencipta maka kedepannya usaha itu tidak akan menipu, Insya ALLAH keberkahan akan selalu mendampingi orang-orang yang selalu berusaha dan tidak gampang mengeluh, hingga kita dijauhkan dari sifat menghalalkan keburukan dan kemusyrikan. Amin!

Ya, itulah sekelumit cerita dimana kebiasaan blogging juga akan mempengaruhi skill kita untuk bisa menjadi yang terbaik dalam mengoptimasi artikel-artikel baru di mesin pencari. Tentunya menjalani proses hukumnya adalah wajib untuk bisa mencapai posisi pertama di search engine manapun.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more