Tag Heading Tidak Mempengaruhi SEO

Saya benar-benar ingat bahwa setahun yang lalu (tahun 2017) pernah menganalisis dan menyatakan bahwa Tag Heading sudah tidak sangat berguna untuk SEO dalam "blog saya sebelumnya" (yang sudah laku terjual). Namun saya juga menyatakan bahwa Tag Heading masih bermanfaat untuk varians tulisan saja agar enak dan jelas dibaca oleh pengunjung. Jadi kalau biasanya Tag Heading css-nya diatur dengan baik, dari H1-Hlainnya, maka font H1 biasanya lebih besar.

Bagi saya, yang sangat mempengaruhi SEO itu adalah meta title dan deskripsi, serta pengaturan robot.txt. Sedangkan Tag Heading tidak, karena robot mesin pencari tidak menganggap Tag Heading sebagai sinyal SEO atau mengacuhkannya, tapi untuk kata-kata di dalam Tag Heading masih dianggap oleh robot mesin pencari.

Tampilan Tag Heading:
<h1> ... </h1> , <h2> ... </h2> , dst
Tampilan meta title atau tag title:
<title> ... </title>
Sedangkan untuk pengisian meta deskripsi sangat berpengaruh, asal relevan dengan isi konten, kalau berseberangan atau clickbait tentu yang ada malah konten tewas secara perlahan di SERP. Bahkan saya juga lebih memilih tidak mengisi meta deskripsi pada konten, biarkan robot mesin pencari yang sudah pintar itu yang menentukan kerelevanan isi dengan judul postingan. Yang saya isi hanyalah meta deskripsi halaman utama saja. Untuk tampilan meta deskripsi:
<meta name="description" content="bla bla bla"/>

Saya masih menggunakan Tag Heading agar membuat font tertata rapi, seperti H1 untuk judul postingan atau nama blog, contohnya blog Andisyam ini. Sebenarnya bisa saja saya memberi H1 pada judul populer post atau sidebar misalnya, hanya saja terlalu banyak waktu terbuang untuk mengedit satu-satu agar nyaman dibaca atau dilihat, jadi saya kasih H2 saja yang sudah diatur css-nya.

Kalian boleh tidak percaya dengan tulisan saya ini, hanya saja cobalah untuk praktik dahulu selama sebulan, setelah itu boleh berkomentar apakah sesuai atau tidak.
Banyak jalan menuju roma, begitu juga dengan SEO. Banyak jalan menuju halaman pertama mesin pencari.

Mungkin ada yang berpikir, karena dengan pemasangan Tag Heading tulisan jadi enak dibaca oleh pembaca, jadi ada manfaat untuk SEO on page. Bisa saja sih :)

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more