6 Penyebab Alasan & Cara Mengatasi Artikel Blog Hilang dari SERP Mesin Pencari [Belajar SEO]

Saya tidak tau alasan yang tepat kenapa artikel kalian bisa menghilang dari SERP (Search Engine Result Page), karena yang tau adalah diri kalian sendiri saat melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) blog.

Namun, berhubung saya mengetahui beberapa alasannya, dengan begitu saya akan membagikannya di sini.


1. Blog Baru atau Postingan Baru


Yang namanya baru, pasti perlu diseleksi dahulu untuk ditempatkan sesuai dengan kualitasnya. Begitu juga dengan robot mesin pencari dalam menempatkan posisi SERP dan kemudian menghilangkannya.

Sebenarnya tidak menghilangkannya, hanya saja kemungkinan tulisan kalian kurang relevan, sehingga dianggap tak cocok dengan keyword yang dibidik.

Namun jika "baru" tapi isi relevan maka perlu melakukan penguatan otoritas pada blog maupun postingannya. Kalian bisa melakukan promosi "yang baru itu" dengan membagikannya ke media sosial. Semakin banyak pengunjung yang masuk dan membaca tulisan blog kalian, maka tak hayal jika blog dan postingan kalian nantinya akan muncul kembali di SERP.


2. Efek Google Dance dan Google Honeymoon


Setiap blogger pasti pernah terkena efek dari google dance dan honeymoon.

Google Dance layaknya orang menari, maka posisi SERP postingan akan berpindah-pindah. Awalnya di halaman pertama, bisa saja pindah ke halaman tiga, dan seterusnya. Hingga pada akhirnya efek google dance tidak dikenakan lagi pada blog kalian, dan robot google akan menetapkan postingan kalian ke halaman SERP yang relevan. Untuk efek ini, kalian tak perlu melakukan apapun.

Google Honeymoon layaknya orang habis menikah kemudian saling memadu kasih dan cinta-cintanya. Jika google menyukai tulisan kalian, maka tak hayal jika page one adalah tempat yang tepat untuk postingan kalian. Namun diluar dugaan, ternyata rumput sebelah lebih segar dan sehat, sehingga Google mencampakkan postingan kalian dan menurunkan peringkatnya ke halaman ketiga. Untuk efek yang ini, kalian perlu menambahkan lagi nilai atau kualitas postingan tersebut supaya Google berpaling kembali kepada blog kalian.


3. Ketahuan Melakukan Kecurangan atau Black Hat SEO


Semakin hari robot mesin pencari diupgrade untuk dapat memilih dan memilah artikel mana yang curang dan jujur.

Apabila kalian telah melakukan kecurangan, misal membuat backlink sendiri pada blog dummy atau PBN (Private Blog Network) dan ketahuan oleh robot mesin pencari, maka tak hayal jika postingan blog tersebut hilang dari SERP. Karena bisa saja blog kalian terkena hukuman berupa sandbox (dihapus dari SERP).

Sebelum kalian ingin melakukan optimasi, silakan memilih teknik SEO yang White Hat, bukannya Black Hat.


4. Duplikat Konten


Duplikat konten bisa terjadi antara blogspot.com dan blogspot.co.id atau karena ada yang mengcopy paste konten original kalian.

Jika terjadi duplikat konten antara blogspot.com dan blogspot.co.id, kalian bisa menggunakan salah satu meta tag verifikasi webmaster, jangan dua-duanya dipasang. Tunggu beberapa minggu bahkan bulan untuk ditampilkan di SERP sesuai yang telah kalian pilih, entah mau blogspot.com atau blogspot.co.id.

Jika terjadi duplikat akibat konten ori dicopy paste oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka kalian harus lapor ke DMCA agar blog mereka diban. Namun, jika kalian suka mengamati SERP maka akan mengetahui bahwa ada saatnya artikel original kalian akan diprioritaskan oleh mesin pencari dan kembali lagi muncul di SERP. Jadi mau lapor atau tidak, itu semua ada pada keputusan masing-masing.


5. Template atau Desain Tampilan Blog Dirubah


Mengganti template adalah hal yang sangat krusial dan perlu diperhatikan saat mau benar-benar mengurus blog.

Bagian terpenting template adalah meta tag dan skema data terstruktur. Jika kedua element itu terubah, tak hayal jika tiba-tiba artikel kalian lenyap dari SERP mesin pencari. Dengan begitu, saya sarankan sebelum mau mengedit atau merubah template datanya diback up dahulu, atau jika perlu menggunakan jasa desain template profesional agar tidak terjadi hal-hal buruk lainnya.


6. Munculnya Broken Link


Broken link (b.ind: Link Rusak) adalah salah satu penyakit yang dapat diderita oleh setiap situs apapun. Hal ini bisa terjadi jika link yang kalian pasang pada blog mengalami error 404, entah eksternal maupun internal link.

Jadi, saya sarankan kepada kalian untuk selalu mengecek kesehatan link dengan memanfaatkan tools pengecekan kesehatan link gratis online seminggu atau sebulan sekali. Saya rekomendasikan kepada kalian untuk menggunakan situs brokenlinkcheck.com.


Jadi, dari keenam alasan yang sudah saya sampaikan di atas, manakah yang menjadi penyebab utama hilangnya artikel blog kalian di SERP? Coba ingat-ingat kembali apa yang telah kalian lakukan selama ini dalam mengoptimasi blog pribadi.

Semoga bermanfaat.