Pengertian dan Macam Modem

Di awal bulan ini masih membahas seputar networking, kali ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang modem sebagai salah satu peralatan penting dalam menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan publik.

Modem adalah merupakan perangkat modulator de modulator yaitu untuk mengubah informasi data digital ke analog atau sebaliknya. Pada modem standar, saat ini telah tersedia modem dengan kecepatan 56 Kbps bahkan lebih. Modem juga dilengkapi dengan kompresi data (data compression) dan error correction yang cukup bagus sehingga semakin meningkatkan kinerjanya yang pada akhirnya meningkatkan kinerja komputer pada saat berkomunikasi.

Menurut bentuknya dan pemasangannya, perangkat modem ini dibedakan menjadi 2, yaitu:

1. Internal Modem

Modem internal, dipasang pada Slotekspansi PCI atau ISA pada sebuah mainboard komputer (tergantung teknologi card modemnya).

2. External Modem

Jenis Modem ini di pasang diluar komputer dan terhubung pada salah satu port serial (COM port) baik port serial DB_9 atau DB_25 dan port USB. Bahkan sekarang telah keluar teknologi modem dengan kecepatan tinggi bisa menembus rate data 384 Kbps yaitu modem adsl. Pada modem ekstemal membutuhkan catu daya tersendiri sedangkan modem internal tidak memerlukan catu daya sendiri.

Nah, seperti inilah modem yang dibedakan menjadi dua, sementara banyak jenis untuk modem-modem pada umumnya baik itu internal maupun eksternal. Banyak merk modem yang bisa Anda pilih, tentu sesuai keperluan dan budget. Yang pasti merek ternama memiliki kualitas terbaik dan garansi yang menggiurkan, walau harganya juga lumayan menguras dompet.

Tapi, menurut saya, 10 tahun ke depan, modem mulai dilupakan, karena WiFi nantinya akan memiliki kecepatan tinggi dan jaringan 4G yang lebih fleksibel sudah akan datang di Indonesia. Pastinya internet WiFi dan 4G akan dibanderol dengan harga murah.

Namun, untuk saat ini modem memang masih layak pakai, karena lebih mudah mendapatkan dan murah secara budget. Di sisi lain, modem bisa di bawa kemana-mana tanpa takut tidak ada WiFi. Kenyamanan inilah yang membuat modem masih dicari dan disayang oleh penggunanya. Tentunya harus digunakan sebaik mungkin ya! Semoga bermanfaat.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more