Cara Kirim URL Situs Website/Blog ke Webmaster Search Engine

Saya sangat menyarankan kepada anda untuk melakukannya secara manual dalam mengirimkan url halaman website atau blog ke webmaster tiap mesin pencari. Namun perlu diingat bahwa, "pihak mesin pencari tidak memberikan jaminan peringkat halaman walaupun anda telah mendaftarkannya secara manual."

Ini adalah cara yang saya gunakan untuk membiarkan mesin pencari tahu bahwa saya memiliki informasi terbaru untuk berbagi situs yang baru maupun postingan terbaru.

Saya menyarankan pengiriman manual situs anda ke search engine Google, Yahoo dan Bing, Yandex, maupun Baidu, karena mereka telah menyatakan secara jelas bahwa itu adalah sesuatu yang mereka sukai.

Mesin pencari telah menerapkan penyerahan manual sebagai praktik terbaik untuk melindungi diri dari tingkat ekstrim spam. Dengan demikian anda tidak perlu merasa khawatir telah mengirimkannya.

Hal ini penting untuk mengirimkan halaman situs anda ke semua mesin pencari, karena meskipun mesin pencari lainnya memiliki lalu lintas kurang dari Google, nyatanya mereka masih memiliki jutaan pengguna.


Manfaat Submit Situs ke Webmaster

Ketika anda mengirimkan URL atau link ke webmaster, anda bisa menemukan web/blog anda terindeks di SERP (Search Engine Result Page) sekitar dua sampai empat minggu untuk mendapatkan status 'indeks' (telah terdaftar.

Jika Anda tidak puas dengan hasil peringkat halaman web anda, lihatlah apa yang dilakukan pesaing anda. Pastikan anda mengikuti aturan dasar dari optimasi mesin pencari atau SEO.

Jika anda membuat perubahan pada halaman, maka segeralah kirimkan kembali ke mesin pencari. Anda bisa mengirimkan link beberapa kali per hari sampai situs anda tercantum dalam hasil SERP.


Kirimkan Situs ke Google

Anda dapat mengirimkan URL website atau blog ke Google dengan sangat cepat dan mudah, yaitu dengan pergi ke halaman web Google untuk URL.

Caranya:
  1. Ketik dan masukkan URL anda ke kolom yang tertera.
  2. Jawab pesan dari Google yang memastikan bahwa Anda adalah seorang individu bukan robot perangkat lunak atau malware, dan
  3. Klik 'add URL'.
Atau

Anda juga bisa mengirimkan peta situs web ke Google melalui Webmaster Tools (sekarang Search Console), dan silakan verifikasi meta tag, serta pasang sitemap disana dengan sitemap.xml. Berdasarkan pengalaman pribadi, dengan mengirim satu sitemap (sitemap.xml) saja, seluruh blog saya sudah terindex dengan baik.


Ingat bahwa mesin pencari bukan hanya Google saja! Masih ada mesin pencari lain yang populer seperti Yahoo! dan Bing.


Kirimkan Situs ke Yahoo!

Sejak 2010, pencarian Yahoo! telah didukung oleh mesin pencari Microsoft Bing. Ketika anda mengirimkan situs anda ke Bing, maka akan muncul juga dalam hasil pencarian Yahoo!. Lihat di bawah ini tentang cara mengirimkan situs anda ke Bing.


Kirimkan Situs ke Bing

Bing memungkinkan anda untuk mengirimkan URL Anda, seperti Google.
  1. Pertama, anda diwajibkan untuk memiliki akun login Bing. Kemudian pergi ke halaman Bing bagian Webmaster Tools. Setelah login cukup mengetik URL situs anda dan tekan 'submit'.
  2. Kedua, anda juga harus mengirimkan URL untuk versi xml sitemap karena anda telah mengirimkan URL pada langkah pertama.
  3. Ketiga, setelah itu anda harus verifikasi kepemilikan situs. Hal ini dapat menjadi sedikit rumit jika anda tidak cerdas dengan HTML, karena akan perlu menambahkan potongan kecil kode pada meta tag bagian <head> maka situs anda untuk lulus proses verifikasi ini.
  4. Terakhir, setelah situs terverifikasi oleh Bing, itu tandanya anda telah berhasil memperkenalkan situs baru anda ke mesin pencari Yahoo! dan Bing.

Semoga sedikit informasi yang saya berikan ini bermanfaat dan bekerja dengan situs yang ingin anda daftarkan. Amin

Terimakasih telah berkunjung, dan jangan lupa sharenya jika terbukti ampuh untuk anda.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more