Cara Fetch as Google / Indexing URL di Search Console Terbaru 2021

Fungsi melakukan fetch as Google adalah cara mempercepat postingan baru website/blog diindex atau dimunculkan pada halaman pencarian Google. Jangan salah lho ya, Fetch as Google bukan sebagai cara cepat untuk mendongkrak postingan berada di peringkat pertama atau muncul di halaman pertama, tapi untuk mempercepat indexing saja. Kecepatan indexingnya pun juga berbeda-beda tergantung banyak faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi cepat/lambatnya indexing adalah: umur website, template, dan meta robot.

Umur Website

Jika website baru dibuat, domain masih baru, tentu indexing biasanya akan membutuhkan waktu yang lama. Karena robot Google perlu melakukan pengenalan pada website kita. Jadi, ya sabar aja. Fokus aja ke update konten baru.

Template

Ini tergantung dari meta verifikasi dan struktur datanya. Jika kita sudah pasang meta verifikasi webmaster tapi struktur datanya masih acak-acakan bahkan tidak ada, tentu hal ini akan merepotkan robot untuk mengindeks website kita. Beruntunglah, banyak template baru gratis dan premium sudah memiliki struktur data yang sesuai. Kita tinggal pakai dan atur apa saja yang ingin ditampilkan di website.

Meta robot

Jika setingan meta robot dibuat noindex, tentu robot Google tidak akan merayapi website kita. Ya, diibaratkan bawa mobil mau masuk ke jalan perumahan tapi di portal. Akses masuk ditutup, sehingga robot Google tidak akan merayapi website kita.


Tanggal 29 Maret 2019, fitur fetch as Google via Search Console yang lama tidak dapat digunakan lagi. Dan kita disuruh untuk beralih menggunakannya di Search Console terbaru. Kalian bingung cara melakukannya, dan saya akan membantu kalian untuk menyudahi kebingungan itu. Dalam postingan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara fetch as Google di Search Console terbaru. Mohon diikuti secara berurutan!

Tutorial Fetch as Google / Submit URL ke Google 2021


  1. Masuk ke Search Console Google terbaru
  2. Pilih website mana yang ingin postingannya diindex
  3. Isi kolom search (paling atas) "inspect any URL in http://blabla" dengan URL lengkap postingan yang mau diindex. Contoh: https://www.andisyam.web.id/2019/03/cara-fetch-as-google-indexing-search-console-terbaru.html, lalu enter
  4. Klik tombol Request Indexing untuk melakukan permintaan pengindeksan
  5. Jawab & verifikasi Recapctha (jika ada)
  6. Jika sudah, maka tandanya postingan kita sudah mulai diindeks
  7. Silakan cek di halaman pencarian Google sesuai dengan judul postingan

Bukti postingan cepat diindeks


NOTE!!

  • Ini bukan uji langsung - Fitur ini menjelaskan versi halaman yang paling akhir diindeks. Informasi yang ditampilkan pada fitur ini digunakan oleh Google untuk mengevaluasi hasil penelusuran. Halaman mungkin sudah berubah atau tidak tersedia sejak terakhir kali Google melihatnya. Untuk menguji versi halaman saat ini sebagaimana Google akan melihatnya, pilih tombol Uji Langsung pada halaman tersebut.
  • Tanggal "Crawl terakhir" pada Cakupan indeks, menunjukkan tanggal saat informasi yang ditampilkan di sini diambil (jika halaman berhasil di-crawl).
  • "URL berada di Google" tidak sepenuhnya berarti halaman muncul di hasil Penelusuran - Tampilan yang sebenarnya dalam hasil Penelusuran mewajibkan halaman dan data terstrukturnya mematuhi pedoman kualitas dan keamanan. Fitur Inspeksi URL tidak mempertimbangkan tindakan manual, penghapusan konten, atau URL yang diblokir sementara. Untuk melihat apakah URL muncul, telusuri URL tersebut di Google; jika URL tidak ada tetapi fitur ini mengatakan bahwa URL sudah diindeks, berikut ini cara mengetahui alasannya.

Bagikan postingan ini jika teman kalian juga membutuhkannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung!

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more