Penjelasan NAT (Network Address Translation)

Masih seputar konfigurasi Modem ADSL Cisco 837, dalam kesempatan kali ini saya mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan Network Address Translation ( NAT )? Fasilitas NAT ini sangatlah penting peranannya dalam melakukan setting modem router atau router yang berdiri sendiri pada umumnya. Mengapa demikian? NAT sendiri berfungsi untuk melakukan pemetaan interface internal ke interface external artinya mentranslasikan IP address pribadi ke IP address publik sehingga lalu lintas data dapat diteruskan oleh router apabila router tersebut mendukung dan menerapkan fasilitas NAT tersebut.

NAT pada umumnya terdapat dua tipe yang dapat digunakan yaitu:

1. Static NAT



Setiap IP address pribadi ditranslasikan secara tetap dengan satu IP address publik tertentu. Sebagai contoh misalnya komputer diberikan IP address pribadi 192.168.20.1 sampai dengan 192.168.20.4.

Peralatan router memiliki dua sisi yaitu sisi luar (outside) yang memiliki IP address publik yang berhubungan dengan internet dan sisi dalam memiliki IP address pribadi yang berhubungan dengan LAN.

Prinsip kerja NAT sangatlah sederhana, secara manual jika kita membuat agar NAT mentranslasikan IP address pribadi yang dimiliki komputer dengan suatu IP address publik yang kita miliki.

Dengan demikian jika komputer dengan IP address 192.168.20.3 menelusuri (browser) ke internet dan situs web mengirimkan kembali data yang diminta, router mampu meneruskan data tersebut kembali ke komputer kita, karena router tersebut mengetahui komputer kita merupakan translasi IP address publik 215.10.10.3 yang diatur oleh NAT. Untuk peralatan router akan menyimpan informasi mengenai NAT pada tabel address translation.

2. Dynamic NAT



Biasanya para administrator jaringan menginginkan adanya satu kelompok IP address pribadi di translasikan ke satu kelompok IP address publik secara otomatis oleh NAT. Apabila salah satu IP address pribadi dari kelompok akan dipakai, maka IP address pribadi tersebut akan di translasikan pada IP address publik pertama, yang mana saja yang tersedia.

Jadi translasi hanya terjadi jika sedang kita gunakan, oleh sebab itu translasi berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. NAT tipe ini disebut sebagai NAT dynamic karena sifatnya berubah-ubah.

Keuntungan tipe ini adalah jumlah IP address publik yang diperlukan boleh lebih sedikit dari jumlah IP address pribadi yang kita miliki, karena pada umumnya tidak semua IP address pribadi akan kita gunakan pada waktu bersamaan.


Jadi, pada intinya NAT hanya meneruskan data sesuai alamat tujuan dengan tipe NAT yang digunakan sehingga paket-paket data tidak ada yang mengalami perubahan akibat tidak adanya penetapan atau pemetaan IP address antara IP address pribadi (LAN) terhadap IP address publik (WAN).

Semoga artikel ini berguna bagi sobat terutama dalam penentuan tipe NAT.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more