9 Macam Algoritma Google yang Perlu Webmaster Ketahui

Beberapa update dan pembaharuan Algoritma Google yang saya tahu. Kalian perlu mengetahui setiap pembaharuan dan bagaimana cara kerjanya.

Saya rangkum kan sesuai dengan apa yang saya pahami. Jika menurut kalian ada kesalahan, mohon dengan sangat memberikan komentar.


1. Panda

Tanggal peluncuran: 24 Februari 2011

Bahaya: Duplikat keyword, plagiat atau konten tipis; spam yang sengaja dibuat penulis; penjejalan kata kunci secara berlebihan

Cara kerjanya: Panda memberikan apa yang disebut "skor kualitas" ke halaman website/blog. Skor ini kemudian digunakan sebagai faktor peringkat. Awalnya, Panda adalah filter daripada bagian dari peringkat Google, tetapi pada Januari 2016, secara resmi dimasukkan ke dalam algoritma inti. Pengguliran Panda menjadi lebih sering, jadi hukuman dan pemulihan sekarang terjadi lebih cepat.


2. Penguin

Tanggal peluncuran: 24 April 2012

Bahaya: Spam atau tautan yang tidak relevan; tautan dengan teks yang manipulatif

Cara kerjanya: Tujuan Google Penguin adalah untuk menurunkan peringkat situs yang tautannya dianggap manipulatif. Sejak akhir 2016, Penguin telah menjadi bagian dari algoritma inti Google. Tidak seperti Panda, ia bekerja secara real time.


3. Pirate

Tanggal peluncuran: Agustus 2012

Bahaya: Konten bajakan; volume laporan pelanggaran hak cipta yang tinggi

Cara kerja: Pembaruan Pirate dirancang untuk mencegah situs yang telah menerima banyak laporan pelanggaran hak cipta dari peringkat yang baik dalam pencarian Google. Mayoritas situs yang terpengaruh adalah situs web yang relatif besar dan terkenal yang membuat konten bajakan (seperti film, musik, atau buku) tersedia bagi pengunjung secara gratis, terutama situs torrent. Meskipun demikian, masih belum ada kekuatan Google untuk menindaklanjuti dengan banyak situs baru dengan memunculkan konten bajakan yang muncul secara setiap hari.


4. Hummingbird

Tanggal peluncuran: 22 Agustus 2013

Bahaya: Penjejalan kata kunci; konten berkualitas rendah

Cara kerja: Hummingbird membantu Google menafsirkan kueri penelusuran dengan lebih baik dan memberikan hasil yang sesuai dengan maksud pencari info. Meskipun kata kunci tetap penting, Hummingbird memungkinkan laman untuk memberi peringkat untuk kueri meskipun kata kunci tersebut tidak berisi kata-kata yang tepat yang dimasukkan oleh penelusur. Hal ini dicapai dengan bantuan pemrosesan bahasa alami yang bergantung pada pengindeksan semantik laten, istilah yang terjadi bersamaan dan sinonim.


5. Pigeon

Tanggal peluncuran: 24 Juli 2014

Bahaya: Miskin on-dan off-page SEO

Cara kerjanya: Pigeon memengaruhi penelusuran sesuai dengan tempat / lokasi, lokasi pengguna memainkan peran penting. Pembaruan ini menciptakan hubungan yang lebih erat antara algoritma lokal dan algoritma inti. Faktor SEO tradisional sekarang digunakan untuk memberikan peringkat hasil lokal.


6. Seluler / Mobile

Tanggal peluncuran: 21 April 2015

Bahaya: Kekurangan versi seluler dari halaman; kegunaan seluler yang buruk

Cara kerjanya: Pembaruan Seluler (alias Mobilegeddon) memastikan bahwa laman ramah seluler berperingkat di bagian atas penelusuran seluler, sementara laman yang tidak dioptimalkan untuk seluler difilter dari SERPs atau turun ke peringkat paling bawah (sandbox).

Baca juga:


7. RankBrain

Tanggal peluncuran: 26 Oktober 2015

Bahaya: Kekurangan fitur relevansi khusus kueri; konten dangkal; UX (User Experiment) miskin

Cara kerjanya: RankBrain adalah bagian dari algoritma Hummingbird Google. Ini adalah sistem pembelajaran mesin yang membantu robot Google memahami makna di balik kueri, dan menyajikan hasil pencarian yang paling sesuai untuk menjawab pertanyaan tersebut. Google menyebut RankBrain adalah faktor peringkat paling penting ketiga. Meskipun kita tidak tahu seluk-beluk RankBrain, banyak orang berpendapat adalah bahwa hal itu mengidentifikasi relevansi fitur untuk peringkat halaman web/blog untuk permintaan yang diberikan, yang pada dasarnya merupakan faktor peringkat spesifik kueri.


8. Possum

Tanggal peluncuran: 1 September 2016

Bahaya: Persaingan ketat pemilihan lokasi target kalian

Cara kerjanya: Pemutakhiran Possum memastikan bahwa hasil lokal bervariasi lebih banyak tergantung pada lokasi penelusur, semakin dekat kita dengan alamat bisnis, semakin besar kemungkinan kita untuk melihatnya di antara hasil lokal. Menariknya, Possum juga memberikan dorongan untuk lokasi bisnis yang terletak di luar area kota secara langsung.


9. Fred

Tanggal peluncuran: 8 Maret 2017

Bahaya: Tipis, afiliasi-berat atau konten yang berpusat pada iklan

Cara kerjanya: Yang terbaru dari pembaruan yang dikonfirmasi Google, Fred menargetkan situs web yang melanggar pedoman webmaster Google. Sebagian besar situs yang terpengaruh adalah blog dengan posting berkualitas rendah yang tampaknya sebagian besar dibuat untuk tujuan menghasilkan pendapatan iklan.


Jika posting ini bermanfaat untuk kalian silakan share. Itu juga membantu orang lain. Terima kasih.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more