Belajar SEO Harus Serius & Sabar

Setiap apa yang ingin kita gapai harus dilakukan dengan serius dan penuh kesabaran, sama halnya dengan belajar SEO (Search Engine Optimization) di platform blog (blogger, wordpress, tumblr, dll) manapun yang kita gunakan.

Apa tujuan postingan dibuat SEO? Supaya postingan kita berada di peringkat pertama mesin pencari bukan? ya minimal masih di halaman pertama. Dengan begitu saya tekankan kembali bahwa keseriusan dan kesabaran dalam mengurus situs (blog/website) perlu dimiliki dalam diri kita.

Intinya, mempelajari SEO jangan setengah-setengah! Masalahnya jika dikakukan hanya setengah-setengah, pasti hasil akhirnya antara rugi dan tidak pernah untung. Jadi, apa masih mau belajar setengah-setengah?

Tujuan kita belajarkan untuk menjadi tahu, bisa, paham, dan ahli. Maka dari itu alasan kenapa kita harus selalu belajar karena memang penting untuk keberlangsungan kehidupan kita.

Banyak sekali tempat dan akses yang bisa kalian datangi untuk belajar SEO, entah: ikut bimbingan belajar offline/online, kopi darat blogger daerah, sharing dengan teman yang seprofesi, dan membaca artikel blog yang membahasnya. Intinya, tidak ada yang mengekang bahwa kalian harus masuk sini atau masuk situ, otodidak pun juga bisa seperti saya.

Baca juga:


Dalam artikel ini saya tidak akan memberikan penawaran apapun kepada kalian. Karena yang ingin sukses juga diri kalian sendiri. Jalan yang ditempuh adalah kewenangan diri kalian sendiri, tidak ada hak saya untuk memaksa menyuruh ini dan itu.

Setiap tulisan tentang tutorial yang ada pada blog ini, contohnya. Mungkin benar bagi saya terbukti bekerja dengan baik, namun perlu diingat bahwa ada faktor lainnya juga yang dapat mempengaruhi kesuksesan saya, bejo misalnya. Karena saya mengakui bahwa saya hanya manusia biasa nan bukan manusia Yang Maha Tahu.

Mempelajari dan memahani teknik-teknik SEO perlu adanya praktik. Dengan membiasakan diri untuk melakukan praktik bukti bahwa kalian serius mengurus situs. Namun perlu diingat juga bahwa yang namanya belajar harus melangkah secara bertahap atau pelan-pelan, supaya apa yang kita pelajari dapat dipahami betul-betul, kesabaranlah yang menjadi kunci dimana nantinya ilmu-ilmu yang didapat bisa kita serap dengan baik.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more