Belajar SEO Harus Serius & Sabar

Setiap apa yang ingin kita gapai harus dilakukan dengan serius dan penuh kesabaran. Sama halnya dengan belajar SEO (Search Engine Optimization).

Belajar SEO jangan setengah-setengah! Masalahnya kalau setengah-setengah, pasti hasil akhirnya antara rugi dan nggak pernah untung. Jadi, apa masih mau belajar setengah-setengah?

Belajar SEO pun juga tidak secepat seperti yang diharapkan, bahkan bisa berbulan atau bertahun-tahun. Kuncinya! Serius dan Sabar.

Tujuan kita belajar kan untuk menjadi tahu, bisa, paham, dan ahli. Makanya kenapa belajar itu penting!

Banyak tempat dan akses yang bisa kalian masuki untuk belajar SEO, entah: ikut bimbingan belajar offline/online, kopi darat blogger daerah, sharing sama teman yang seprofesi, dan baca di artikel blog yang membahas. Intinya, tidak ada yang mengekang bahwa kalian harus masuk sini atau masuk situ, otodidak juga bisa seperti saya.

Dalam artikel ini saya tidak akan memberikan penawaran apapun kepada kalian, toh yang mau sukses juga diri kalian sendiri. Jalan yang ditempuh adalah kewenangan diri kalian sendiri, tidak ada hak saya untuk memaksa menyuruh ini dan itu.

Setiap tulisan tentang tutorial yang ada pada blog ini contohnya. Mungkin benar bagi saya terbukti bekerja dengan baik, namun perlu diingat bahwa ada faktor lainnya juga yang dapat mempengaruhi kesuksesan kalian, dan saya bukan Maha Tahu.