Apa Hubungan Internal Link dengan SEO?

Tautan internal (internal link) adalah tautan di dalam situs website / blog yang mengarah ke halaman lain dalam domain yang sama. Kebanyakan ditempatkan pada bagian navigasi seperti menu, breadcrumbs, footer, header, sidebar, dan teks (misalnya, di postingan). Dan di artikel singkat ini saya akan memberitahu kalian hubungan atau pengaruh antara tautan internal terhadap SEO (Search Engine Optimization).


1. Kita bisa membuat pengalaman pengguna yang lebih baik

Jika pengunjung dapat dengan mudah menavigasi situs kita dengan memanfaatkan internal link, maka efek baik untuk situs kita akan meningkat. Cobalah untuk menyusun navigasi dan memberikan informasi yang baik untuk pengguna, karena ini sangatlah mudah. Dan yang paling penting ialah jangan berlebihan memasang internal link di dalam postingan, yang ada malah memperburuk nilai halaman postingan tersebut.

2. Hubungan tautan internal mempengaruhi SERP

Perlu diingat bahwa faktor perilaku pengunjung adalah salah satu sinyal peringkat. Mesin pencari menggunakan metrik pelacakan seperti halaman yang dilihat per sesi dan waktu yang dihabiskan di situs web atau klik per tayang (dwell time). Link pertama mengarah ke halaman yang kedua (jika link tersebut diklik). Dan tujuan akhirnya adalah meningkatkan lalu lintas organik situs kita.

3. Penautan internal mendefinisikan hierarki halaman

Hal ini membantu robot mesin pencari dalam menentukan kualitas dan kenyamanan sebuah situs, lalu memahami halaman apa saja yang harus dipromosikan di SERP sesuai interaksi pengunjung. Dan nantinya akan merujuk juga ke nomor 4.

4. Mendapatkan Sitelink

Internal link membuat situs menjadi lebih terlihat menarik dalam hasil pencarian dan dapat meningkatkan lalu lintas organik. Menurut Google, jika struktur data situs memungkinkan algoritma menemukan tautan situs yang baik dan relevan dengan kueri pengguna, maka situs kita bisa mendapatkan tautan situs (sitelink).


Jadi, setelah membaca artikel singkat ini apakah ingin memperbaiki internal link di situs kalian? Silakan, karena ini adalah salah satu teknik white hat SEO. Dan jangan lupa selalu cek kesehatan link agar tidak terjadi brokenlink yang berkepanjangan, hal ini dilakukan untuk menghindari pengguna yang menjadi tidak nyaman dalam menyelami situs kita dan mengurangi kepercayaan terhadap situs kita karena dianggap tidak diurus.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more