SEO dan Cara Menaikkan Traffic Websitemu

Setiap kamu memiliki website, kamu pasti ingin sekali websitemu dikunjungi oleh banyak orang. Mungkin karena kamu ingin populer, atau kamu ingin mendapatkan pundi-pundi uang dari website tersebut. Dimana seperti yang kamu tahu, semakin tinggi traffic websitemu, maka semakin tinggi juga adsense yang kamu dapatkan. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat traffic websitemu meningkat? Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan. Salah satu yang paling populer dan semua penggiat website pasti tahu, sampai-sampai ada yang memasang jasa untuk itu, adalah SEO. ha? Apa itu SEO? Baca penjelasan Cara Menaikkan Traffic Websitemu di poin-poin di bawah ini; Selamat membaca!

Apa itu SEO



Apa itu SEO? Makanan apa itu? Kenapa dia bisa berpengaruh pada traffic website kita. Apakah SEO itu semacam mesin atau orang, atau apa? Bukan, SEO itu singkatan. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization ia bukanlah tools, ia juga bukan plugin, apalagi mesin yang bisa bikin websitemu naik drastis trafficnya. Tapi SEO adalah sebuah tata cara untuk mendapatkan penilaian yang bagus dari algoritma Google. Kenapa penilaian yang bagus dari Algoritma Google itu penting? Jelas!

Karena hampir semua orang mencari apa yang mereka butuhkan di Internet itu lewat Google. Nah, Google sebagai mesin pencari akan memilih yang paling bagus menurut mereka. Apa yang bagus menurut Google? Ada banyak hal. Mulai dari panjang artikel yang di atas 300, keyword yang muncul tidak terlalu sering, dan lain sebagainya. Nah, parameter-parameter itulah yang disebut sebagai SEO.

Apa Pentingnya?



Tanya apa pentingnya dari SEO sebagai Cara Menaikkan Traffic Websitemu? Ketika kalian memiliki website maka SEO sudah pasti menjadi penting karena kalian pasti membutuhkan pengunjung kan? Kecuali kalau kalian membuat website untuk kesenangan sendiri, tanpa perlu dikunjungi banyak orang, maka itu lain persoalan. Tapi penting SEO adalah untuk membuat websitemu masuk ke dalam daftar pencarian Google yang akan direkomendasikan kepada para pencari di mesin pencari Google. Sederhananya begitu.

Hal Dasar yang Wajib Dipelajari


Lalu apa saja hal dasar yang wajib dipelajari dari SEO sebagai cara Cara Menaikkan Traffic Websitemu? SEO ini memang terkadang sangat teknis. Tapi tidak selamanya SEO itu bicara teknis. Ada beberapa hal dasar yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi websitemu. Pertama, kamu bisa melakukannya dengan mencentang site visibility setting. Dimana menemukan itu? Gampang sekali! Kamu tinggal login ke admin wordpressmu, kemudian cari pilihan “Setting”. Setelah itu kamu tinggal klik “Reading”, geser kursormu ke arah paling bawah, lalu lihat opsi Search Engine Visibility, pastikan kotak di sebelah kanan opsi tersebut tidak tercentang. Kalau tercentang, segera hilangkan centangnya. Beres!

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan struktur url yang ramah SEO. Url yang SEO friendly atau ramah SEO itu biasanya menjelaskan konten dari websitemu dengan jelas dan bisa dibaca manusia atau mesin pencari dengan mudah. Misalnya; https://pengamathosting.com/hosting-terbaik, https://idwebhost.com/domain-murah, dan nama-nama url yang mudah diingat. Sementara yang tidak ramah SEO contohnya seperti; https://idwebhost.com/?p=19096 dan nama-nama yang biasanya tersusun dari lambang atau angka saja. Itu sangat tidak ramah SEO.

Jadi pastikan, setiap kali kamu menulis sebuah artikel atau membuat sebuah page, kamu menulis nama url yang mudah diingat. Caranya? Gampang sekali. Kalau post, kamu tinggal menuliskan judul postmu saja, nanti secara otomatis url yang muncul akan sesuai judul postmu. Sementara untuk page juga sama. SSL link juga perlu kalian perhatikan.

Selanjutnya adalah soal memilih menggunakan www atau tanpa www. Mesin pencari sendiri lebih suka www dan yang tidak pakai www sebagai 2 website yang berbeda. Jadi kamu harus memilih salah satu. Lalu mana yang terbaik untuk dipilih? Tanpa www akan lebih mudah diingat orang.

Plugin SEO Paling OKE Untuk Website



Lalu apa plugin terbaik untuk SEO terutama WordPress? Setidaknya ada 2 plugin SEO yang paling populer di WordPress. Pertama adalah YOAST, yang kedua yaitu All in One SEO Pack. Kalau ditanya mana yang lebih baik, keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Berdasarkan pengalaman, memakai YOAST lebih simple dari pada menggunakan All in One SEO Pack. Karena dengan menggunakan YOAST, kamu tinggal mengisi keyword yang kamu mau di kolom yang sudah disediakan YOAST. YOAST juga sudah menyediakan parameter apakah tulisanmu sudah memenuhi standar SEO untuk mesin pencari atau tidak. All in ONE SEO Pack juga kurang lebih sama, hanya saja sedikit kurang user friendly dibandingkan dengan YOAST. Di blog IDwebhost, kalian bisa menemukan mana yang terbaik.

Latihan SEO Terbaik


Selanjutnya apa latihan terbaik untuk SEO? Biar jago SEO itu apa latihan terbaiknya? Latihannya cuma satu, kamu harus terus membuat konten dan menulis. SEO itu bukan mesin yang tinggal kamu pasang dan websitemu tiba-tiba muncul di pencarian Google. Tapi SEO hanya parameter. Nah, kalau ingin bisa SEO dengan baik, maka yang pertama kali harus kalian lakukan adalah rajin dan konsisten menulis terlebih dahulu.

Semakin bagus tulisanmu, maka semakin banyak juga orang yang berkunjung di websitemu. Ingat, meskipun melalui mesin pencari, yang membaca websitemu tetap manusia. Mereka juga punya perasaan yang bisa suka dan bisa tidak. Jadi pertama, tulislah atau buatlah konten semenarik mungkin. Soal parameter SEO dan lain sebagainya, itu akan mengikuti di belakang. Karena itu hanya soal memasang keyword, memilih tag, memberikan nama pada gambar, dan hal lain yang sebenarnya sangat mudah. Sekali belajar saja sudah cukup.

Lalu memilih keyword, bagaimana caranya? Keyword itu unlimited, kamu bisa menggunakan tools milik Google, atau banyak tools lain yang bisa mencari keyword terbaik. Tapi ingat, kalau kamu tidak punya kemampuan menulis, maka keyword sebanyak apapun, kalian tidak akan bisa mengolahnya. Jadi kembali lagi pada kemampuan menulis kalian.

Menaikkan komen? Itu juga penting. Bagaimana caranya? Kembali lagi, membuat artikel yang sebisa mungkin juga mengajak orang untuk berkomentar atas konten yang kamu buat itu. Soal memasang link, memakai internal link, nofollow atau dofollow, sejauh pengalaman saya tidak terlalu penting. Menulis aja yang bagus, menarik, dan membuat orang jatuh cinta. Maka SEO websitemu akan otomatis bagus dan traffic websitemu akan otomatis membaik.

Cepat dan Aman



Dua hal itu sebenarnya kunci website yang nyaman untuk pengunjung. Website yang nyaman untuk pengunjung ini kemudian akan menghasilkan traffic yang bagus. Misalnya dari kecepatan, dengan loading yang cepat, maka pengunjungmu tidak akan bosan untuk mengunjungi websitemu. Karena ketika mereka bosan, tingkat bounce ratemu akan tinggi di Google analytic. Hal itu bisa membuat peringkat atau trafficmu menurun karena menurut mesin Google, orang tidak suka dengan websitemu. Karena itulah kecepatan loading website harus sangat dijaga. Semakin cepat semakin baik.

Keamanan juga yang paling penting untuk website. Justru bukan hanya SEOnya saja, tapi juga keamanannya. Kenapa? Bagaimana kamu bisa mendapatkan website dengan traffic yang bagus kalau websitemu bisa dengan mudah dihack atau keamanannya lemah? Websitemu juga bisa terserang virus dengan mudah dan akan sangat merugikanmu. Traffic tidak akan naik drastis, SEO yang kamu usahakan jadi akan sia-sia. Nggak mau kan?

Itu tadi yang perlu kalian ketahui soal SEO dan cara menaikkan traffic websitemu. Secara sederhana, dari semua penjelasan yang panjang di atas, untuk bisa menaikkan traffic websitemu adalah buatlah konten yang menarik secara berkala dan konsisten. Itulah jawaban dari SEO yang sebenarnya!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more