4 Forum Blogger Indonesia Online Untuk Belajar Ngeblog & Adsense

Waktu awal mulai fokus atau tertarik ke blogging, saya mencoba surfing ke situs-situs online untuk belajar dan mengenal lebih dekat dengan blogging. Hingga akhirnya menemukan forum yang nyaman untuk mencari informasi dan berbagi pengalaman.

Memang saya akui lebih sering menjadi silent reader daripada memberikan pengalaman di sana. Ini saya lakukan bukan tanpa sebab. Karena setelah saya berbagi, ternyata banyak yang kontra dengan apa yang telah saya sampaikan. Padahal niat saya untuk sharing, "apakah tulisan saya jika diikuti mereka akan berpengaruh positif atau tidak juga bukan kendali saya, karena banyak faktor lain yang mempengaruhi tanpa mereka pikirkan". Tapi tak apa, saya bersyukur memiliki blog ini untuk berbagi pengalaman. #Eh, saya malah curhat. LOL...

Langsung saja yuk!

Berikut adalah forum online yang sering saya kunjungi, terbaik, dan rekomendasikan untuk belajar blogging, blogger pemula boleh masuk:


1. Ads.id

Banyak para blogger, publisher, dan pebisnis online yang menuliskan ilmu mereka di forum ini. Bahasan ilmunya pun juga tinggi-tinggi, terkadang sulit untuk saya pahami atau ikuti.

Ads.id juga membuka forum jual beli blog dan adsense. Harganya juga murah-murah.


2. Bersosial.com

Forum ini memang tidak dikhususkan untuk membahas topik blogging saja, ya gado-gadolah isinya. Namun nyatanya banyak penulis yang membagikan pengalaman blogging mereka di forum tersebut. Dan diantara member yang aktif merupakan blogger profesional. Jadi, topik bloggingnya tidak dasar-dasar banget lah.


3. Optimasi Blog dan SEO (Facebook)

Grup ini saya ketahui dari pemilik blog Omblogging yang meng-embed-kannya di blognya. Karena penasaran masuklah saya dalam grup tersebut. Ternyata menarik juga masuk di sana, banyak ilmu yang saya dapat dan tidak ada spam link aktif yang mengganggu.


4. IAPD (Indonesian AdSense Publisher Discussion) (Google+)

Ruang diskusi ini saya tahu dari blog Juragan Cipir. Awal masuk pertama kali menjadi member total ada 20 ribuan anggota, namun sekarang jumlahnya bertambah hingga mencapai 90 ribuan. Yang saya suka adalah para pengurus cepat tanggap dalam menemui postingan member yang tidak mematuhi kebijakan komunitas. Topik yang dibahas pun bisa menambah ilmu saya dalam mengoptimalkan pendapatan AdSense.


Bagi kalian yang berminat untuk belajar ngeblog, keempat forum yang telah saya sebutkan di atas dapat kalian ikuti. Siapa tau kedepannya kalian dapat menemukan komunitas blogger daerah masing-masing dalam forum-forum tersebut dan bisa kopi darat bareng.

Jika ingin berbagi ilmu di sana juga tidak apa-apa. Masalah kontranya member dengan postingan yang telah kalian posting, bilang saja, "Ini adalah pengalaman saya. Kalian mau mengikuti atau tidak bukan urusan saya. Niat saya hanya berbagi. Serta banyak faktor lain juga yang mempengaruhi, faktor lainnya apa? Itu bukan kendali saya".

Apakah ada diantara kalian yang mau merekomendasikan forum online lainnya? Silakan berkomentar. Nanti akan saya review forum yang telah kalian rekomendasikan, jika memang terbukti baik maka akan saya tambahkan dalam postingan ini.

Semoga bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more