Backlink dari Situs Ber-Domain Authority & Page Authority Tinggi Tidak Menjamin Backlinknya Berkualitas

Mungkin ada pertanyaan, apakah mendapatkan backlink dari situs yang memiliki Domain Authority dan Page Authority Tinggi cukup baik serta berkualitas?

Saya jawab, Tidak!

Alasannya? Mesin pencari tidak hanya menilai backlink itu baik dari sisi DA dan PA saja, banyak faktor juga yang mempengaruhi. Ini bisa kita lihat dari informasi menu Link Tautan di Webmaster tiap mesin pencari, tidak semua link yang kita tautkan ke situs ber-DA PA tinggi ditampilkan, karena memang tidak dianggap layak menjadi backlink.

Bahkan jika kalian lebih teliti lagi, banyak situs ber-DA & PA tinggi mempunyai nilai skor SPAM yang juga tinggi. Nilai SPAM bisa kalian lihat di tools online milik MoZ.

Google sendiri tidak mempublikasikan informasi akan kriteria backlink yang baik dan berkualitas, Bing dan Yandex juga sama. Mereka hanya memberikan penjelasan pembuatan tautan link keluar yang dianggap layak.

Dari berbagai sumber situs lain dan terpercaya, saya mendapatkan informasi dan menyimpulkan ada kriteria backlink yang dinilai baik (diluar dari DA dan PA / Otoritas):


1. Hosting dari negara yang sama

Gampangnya, jika hosting blog kita adalah negara Indonesia, maka backlink yang baik berasal dari blog yang hostingnya berasal dari negara Indonesia.

Alasannya? Jujur saya tidak paham untuk konteks ini. Mungkin ada yang dapat menjelaskan (dengan permisalan misalnya). Namun jika hal ini benar adanya, maka tentunya semakin memudahkan kita mencari backlink dari blog dengan hosting negara yang sama.


2. Topik yang 'relevan' (membahas hal yang sama)

Sebenarnya ini sangat jelas. Contoh: Kita telah mendaftar seminar kewirausahaan untuk memperoleh ilmu berbisnis dari pakarnya, namun saat seminar berlangsung ternyata si pengisi acara malah membahas perfilm-an dan tidak pernah membahas bab bisnis. Karena tidak nyambung, maka dianggap tidak relevan dan bahkan dapat dicap buruk.


3. Backlink dibuat secara manual, bukan dari script

Contoh link berasal dari script adalah iklan sponsor seperti Outbrain, Adnow, dan lainnya yang berupa script. Link yang ada dalam hasil script tersebut tidak dianggap sebagai backlink.

Ini juga pernah ditulis di salah satu postingan milik Google, bahwa link iklan yang ditampilkan pada banner Adsense tidak mendapat backlink dari Google.

Tapi jika link kita ditautkan secara manual dan sukarela oleh si pemilik blog, hmm bakalan naik ini nilai blog kita.


4. Situs harus terindeks, bukan noindex oleh mesin pencari

Yang namanya tidak terindeks berarti sama saja tidak terdaftar, bahkan sudah dibuang di tong sampah akibat ketahuan melakukan kecurangan. Mau seorang penulis terkenal pun kalau tidak diundang dalam sebuah acara pembukaan toko buku, jika ia datang maka tetap saja ia tidak akan mendapat fasilitas terbaik (misal: tempat duduk bagian VIP), karena biasanya persiapan panitia disesuaikan dengan jumlah orang yang ada di daftar.


5. Link ditempatkan pada situs yang memiliki jumlah link keluar rendah

Ibarat sebuah lowongan kerja, diterima 3 orang. Nah, biasanya 3 orang inilah yang dianggap memiliki tingkat keahlian terbaik.

Jadi, semakin sedikit jumlah link keluar maka link keluar tersebut dianggap backlink yang baik.


6. Link tautan terbaik berada pada isi konten, bukan di komentar, sidebar, dan di tempat lainnya

Ibarat melakukan promosi di televisi. Promosi yang terbaik ditayangkan di dalam sebuah acara tv, bukan saat jeda iklan. Jika kalian sering melihat siaran acara di NET.TV, maka kita akan menjumpai sebuah promosi di dalam acara. Promosi seperti ini tidak akan dilewatkan, namun jika dalam jeda iklan pasti banyak yang terlewatkan akibat para pemirsa pindah channel atau pergi ke kamar mandi.


Pastinya masih ada kriteria lain yang dapat menjadi patokan untuk dianggap backlink dan dinilai berkualitas. Atau kalian punya tambahan informasi mengenai backlink yang berkualitas? Silakan tulis di kolom komentar.

Apabila kalian telah mencoba mengisi 6 kriteria di atas namun peringkat postingan atau homepage blog di SERP tidak mengalami peningkatan yang signifikan, tentunya masih ada teknik SEO lain yang perlu dilakukan. Karena selain backlink, masih ada 200an teknik SEO lainnya yang dapat mempengaruhi posisi SERP.

Sedikit yang dapat saya informasikan dalam postingan ini. Semoga saja bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more