5 Manfaat Hashtag Media Sosial Untuk Strategi Promosi Bisnis

Untuk mengembangkan bisnis online maupun offline, pastinya Anda harus mempunyai strategi khusus untuk melakukan promosi dan memperkenalkan nama brand bisnis Anda.

Banyak langkah yang wajib dilakukan, termasuk memanfaatkan media sosial.

Media sosial adalah salah satu strategi yang baik dan patut Anda manfaatkan, Anda dapat memanfaatkan atau dengan menggunakan sebuah hashtag atau tagar.

Apakah di sini ada yang belum tau dengan hashtag?

Saya kira sepertinya Anda sudah tau cara membuat dan menggunakannya.

Tagar / hashtag adalah lakuran dari kata tag dan pagar. Tanda tagar adalah tanda pagar (simbol #) yang diletakkan di awal kata atau frasa yang diketikkan pada jejaring sosial. - Wikipedia

Fitur hashtag atau tagar ini awalnya dikembangkan oleh twitter untuk mengelompokan, pembatas, atau pemisah antara suatu topik bahasan untuk mempermudah pengguna.

Tidak hanya twitter, sepertinya facebook dan instagrampun membuat fungsi # untuk bisa digunakan dalam setiap post-nya.

Namun sayangnya banyak orang yang tidak tau dengan fungsi hashtag ini, yang saya rasa manfaatnya sangat baik jika Anda adalah seorang internet marketing

Banyak pengguna menggunakan tagar ini seperti kata-kata konyol yang tidak berguna, namun jika Anda hanya personal user tak perlu menggunakannya, karena itu sah-sah saja.

Tapi sangat disayangkan jika Anda pelaku bisnis tapi tidak menggunakan hashtag tagar sebagai teknik promosi yang jitu untuk dilakukan.

Bahkan Anda bisa menggunakan instagram story untuk promosi bisnis dengan mudah dan cepat.

Dalam artikel ini Anda akan di jelaskan beberapa manfaat luar biasa penggunaan hashtag dalam setiap postingan Anda di media sosial.

Kegunaan Hastag / Tagar Dalam Kegiatan Promosi Bisnis


Untuk menggunakan hashtag ini Anda cukup menggunakan karakter # yang disambung dengan kata yang ingin Anda tulis.

Sebagai contoh.

Misalkan Anda adalah seorang pemilik atau admin online shop yang ingin mengupload gambar produk di instagram untuk promosi salah satu barang dagangan seperti busana muslim.

Maka setelah Anda mendeskripsikan harga, jenis, dan model, maka Anda bisa menuliskan hashtag #busanamuslim, #hijab, atau #kerudungmurah.

Dan perlu diingat, untk menghindari penggunaan kata-kata 4lay yang tidak penting.

Lanjut kepada pembahasan, silahkan baca manfaat penting hashtag / tagar media sosial jika ingin bisnis Anda berhasil atau sukses.

1. Memperluas Jangkauan Bisnis


Salah satu manfaat penggunaan # adalah untuk memperluas jangkauan kepada banyak orang meskipun orang tersebut bukan follower Anda.

Karena pada saat ini ketika seorang pengguna media sosial ingin mencari sesuatu, maka mereka akan menggunakan hashtag untuk mencari hasil yang lebih relevan dan cepat.

Atau jika ada trend yang sedang naik daun maka dengan menggunakan hashtag / tagar kita bisa lebih mudah mendapatkannya.

Maka dari itu mulailah untuk memanfaatkan media sosial dengan cara yang lebih efektif karena apapun perubahan media sosial pasti ke arah yang lebih baik dan menguntungkan untuk bisnis Anda.

Manfaatkan perubahan tersebut untuk meningkatkan strategi sosial media marketing yang selama ini Anda lakukan.

2. Mempermudah Proses Promosi Lintas Platform Jejaring Sosial



Jika Anda mengikuti berita sebuah persaingan antara jejaring sosial, pasti yang lebih sering menjadi sorotan adalah persaingan antara facebook dengan twitter.

Meskipun mereka adalah dua perusahaan yang berbeda, tapi keduanya tetap akur dan bersama-sama mengutamakan pengguna dalam setiap perubahan.

Sebagai contoh saja.

Misalkan twitter, mereka menawarkan penggunanya untuk menghubungkan akun twitter dengan facebook pengguna, agar setiap post yang ditulis di twitter bisa muncul juga di halaman akun facebook pribadi Anda.

Mode ini sama dengan ketika Anda mengaitkan akun instagram dengan facebook, ketika Anda upload foto di instagram maka akan secara otomatis juga muncul di page facebook.

Ini juga bekerja ketika Anda menggunakan hashtag di twitter, ketika Anda menggunakan beberapa hashtag yang relevan di dalam post, maka akan muda ditemukan di facebook, begitu juga sebaliknya.

Anda akan mendapatkan dua manfaat dalam satu aksi saja.

3. Sebagai Media Personal Branding


Jika Anda seorang yang cerdas dalam mengambil kesempatan, memanfaatkan hashtag / tagar yang sedang menjadi tranding topik bisa kita gunakan untuk memperkenalkan bisnis kita kepada orang banyak.

Karena ketika terjadi sesuatu yang menjadi trending topik, sebagian besar orang akan menggunakan hashtag untuk mencari informasi.

Dan sebagian lagi menggunakan tagar tersebut untuk menulis post mereka di jejaring sosial.

Sebagai contoh saja.

Mungkin Anda pernah mendengar berita tentang kecelakaan salah satu pejabat yang menabrak tiang listrik.

Ketika kejadian itu, tagar #savetianglistrik menjadi tranding topik lokal di twitter, banyak orang menggunakan #savetianglistrik untuk menulis post mereka baik itu di facebook, twitter, dan instagram.

Ini hanya sebagai contoh saja, jika Anda seorang pemilik olshop, maka kejadian ini tidak bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan bisnis karena hashtag / tagar tersebut tidaklah relevan dengan post yang akan Anda promosikan.

Tapi dengan contoh di atas Anda bisa lebih memahami cara promosi menggunakan hashtag media sosial.

Atau Anda masih ingat dengan film Ayat-Ayat Cinta?

Di dalam film tersebut ada satu tokoh yang bernama Aisyah yang cantik dan menawan, dalam film tersebut Aisyah menggunakan jilbab yang menjadi trending topik.

Hashtag #jilbabaisyah menjadi trending pada saat itu dan banyak orang yang mengomentari jilbab tersebut atau ada seorang yang membuat post tentang jilbab aisyah.

Dengan melihat fenomena ini Anda bisa mengambil kesempatan untuk promosi menggunakan #jilbabaisyah atau #busanamuslim jika apa yang Anda promosikan adalah sebuah produk busana muslim.

Usahakan menggunakan tagar yang relevan dan tidak 4lay, ya!

4. Promo Dan Event Spesial



Jika Anda seorang pemilik toko online maka dengan menggunakan # ini Anda bisa manfaatkan untuk melakukan promosi event terbaru atau pun diskon spesial yang ingin Anda beri tau kepada pelanggan.

Anda bisa menggunakan #diskonjanuari2020 atau tagar lainnya untuk memberikan identitas spesial kepada setiap post Anda di media sosial.

Menurut beberapa ahli menyebutkan bahwa hashtag saat ini sangat berguna bagi seorang bisnis pemasar online dan penting juga untuk personal user.

Saya harap cara ini bisa dimanfaatkan untuk membesarkan nama bisnis Anda.

5. Menguatkan Nama Brand


Tidak hanya bermanfaat bagi beberapa poin di atas yang sudah disebutkan, kekuatan # ini mampu menguatkan nama brand dan menghubungkan antara satu post agar lebih solid.

Bagaimana hanya karena beberapa potong kalimat # bisa begitu berpengaruh dan bekerja untuk bisnis Anda?

Di sini Anda bisa membuat dan menentukan sebuah #hashtag unik agar lebih mempermudah audien untuk mengidentifikasi dan mencari beberapa informasi mengenai brand bisnis Anda.

Selalu gunakan #hashtag tersebut di setiap post Anda, harapannya semakin lama audien Anda akan sadar bahwa Anda mempunyai tag unik yang khusus untuk bisin Anda.


Sampai di sini apakah Anda setuju dengan tulisan saya di atas, atau Anda mempunyai pendapat lain mengenai teknik promosi yang baik dan sangat jitu.

Silahkan tanyakan dan berikan komentar mengenai pendapat Anda.

Sekian pembahasan saya tentang manfaat hashtag / tagar media sosial yang sangat baik untuk Anda gunakan dalam promosi produk.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies