Cara Mencegah Penyebaran Virus di Komputer dengan Mematikan Fungsi Autorun Windows 7

Paling menyebalkan ketika kita melakukan aktivitas, misal: browsing, namun tiba-tiba komputer dan laptop menjadi lambat atau crash. Hal ini terjadi karena disebabkan banyaknya virus yang melakukan proses dibelakang layar. Proses inilah yang memakan banyak ruang di memori, sehingga menyebabkan program yang akan kita jalankan tidak mendapat akses ke memori dan alhasil komputer menjadi hang.

Dalam artikel kali ini saya mencoba memberikan tips dan tutorial kepada kalian tentang bagaimana cara menangkal atau mencegah virus komputer atau laptop.

Melihat pengalaman yang pernah saya lakukan hingga kini dan Alhamdulillah masih dapat meminimalisir penyebaran virus, terlebih penyebaran virus tersebut melalui perangkat flashdisk.

Tips ini sangatlah mudah asalkan kalian mau mencoba dan mengikutinya, pastilah virus tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan cara mematikan fungsi dari autorun pada windows 7, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1
  1. Pilih menu Run
  2. Kemudian ketikkan "gpedit.msc" kemudian pilih OK
  3. Kotak dialog Group Policy akan muncul kemudian lanjutkan dengan memilih Computer Configuration – Administrative Templates – System. Pada panel sebelah kanan, klik 2X Turn off Autoplay
  4. Setelah klik 2X Turn off Autoplay maka akan muncul Autoplay Properties kemudian ikuti langkah-langkahnya sesuai gambar berikut:
  5. Setelah proses diatas selesai, lakukan hal yang serupa pada User Configuration

Langkah 2
Langkah pertama telah kalian lakukan untuk menghambat penyebaran virus, nah bagaimana jika virusnya berada di flashdisk? Yang perlu kalian ketahui bahwa virus akan aktif ketika kita meng-klik 2X drive atau flashdisk, akan tetapi kita tidak mengetahui secara pasti apakah benar di dalam flashdisk ada virus apa tidak.

Nah itu dia yang menjadi persoalan, langkah amannya jangan mengklik 2X drive atau flashdisk untuk membukanya, akan tetapi bukalah pada explore My Computer list pada panel sebelah kiri my computer, sehingga virus tidak berpindah.


Cukup simple, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more