Auto Ads dengan AI Dapat Dirasakan Semua Publisher AdSense

Google telah menguji versi beta Auto Ads dengan AI (Artificially Intelligent) untuk platform AdSense, dan versi Auto Ads yang baru saat ini telah tersedia untuk semua publisher AdSense. Fitur ini bekerja secara otomatis dalam arti bahwa setiap kategori halaman dikuratori secara otomatis oleh AI AdSense. Auto Ads akan melakukan otomatisasi penempatan dan penayangan jumlah iklan pada setiap halaman website/blog.

Dalam mengaktifkan Iklan Otomatis / Auto Ads sangatlah mudah. Yang harus kita lakukan adalah masuk ke pengaturan AdSense bagian Auto Ads dan mengaktifkannya, pilih kategori dan format yang ingin ditampilkan pada halaman situs, lalu salin dan pastekan kode script HTML yang didapat ke bagian <head>.

Kita juga dapat memilih agar format baru ditambahkan secara otomatis dari waktu ke waktu dengan melakukan pemberian tanda centang di bagian pojok bawah. Sedangkan pelacakan kinerja Iklan Otomatis akan dilakukan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pada iklan biasa.

Cara kerja Iklan Otomatis sepertinya juga sama dengan fitur Page Level Ads. Hal ini bisa kita lihat saat pengaturan Iklan Otomatis yang mentransisikan sebagian besar Page Level Ads ke fitur baru ini. Perbedaan terbesar dari Iklan Otomatis adalah AI AdSense bertanggung jawab atas semua konten iklan, format, jumlah, frekuensi, dan penempatan.

Dalam pengujian beta sebelumnya dengan sebagian penerbit/publisher iklan, para penerbit mengaku mengalami peningkatan pendapatan, sekitar 10% lebih banyak (informasi angka persen saya dapat dari forum blogger luar negeri). Tentu saja kenaikan yang melonjak 10% ini tidak terjadi dalam semalam, setidaknya fitur baru ini dapat membantu mengatur iklan yang lebih sesuai dengan konten dan lebih menarik secara visual bagi pengunjung.

Sebagian penerbit (versi beta) mengaku bahwa pendapatan iklan lebih banyak didapat dari aktivitas klik daripada penayangan. Jadi bila iklan menarik secara visual, kemungkinan besar penerbit akan mendapatkan klik dari hasil mengaktifkan Iklan Otomatis. Karena kembali lagi, bahwa iklan akan ditempatkan dengan lebih baik dan dalam format yang lebih disukai pengunjung serta cenderung tidak mengganggu.

Iklan Otomatis juga didesain untuk memperhitungkan konten per halaman, sehingga membantu menghindari munculan iklan terlalu banyak pada halaman yang sudah dirayapi dengan AI.

Iklan Otomatis adalah salah satu produk yang menggunakan AI, dan hampir setiap aspek produk Google telah menggunakan bantuan AI. Hal ini dilakukan untuk melakukan pembelajaran kepada mesin yang dibuat pada Iklan Otomatis dalam mengetahui jenis dan penyesuaian penempatan iklan, kemudian menggunakan informasi yang didapat tersebut untuk mengoptimalkan penempatan iklan, format, dan faktor lainnya pada setiap halaman situs.

Namun bukan berarti kerja AI pada Iklan Otomatis tidak mengalami kesalahan, banyak dari situs yang mengaktifkan fitur Auto Ads mendapati iklan model Matched Content muncul di bawah footer. Namun saya anggap kekurangan ini adalah wajar, dengan asumsi pribadi bahwa fitur ini adalah baru dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more