7 Kesalahan Ngeblog yang Harus Dihindari jika Ingin Sukses

Aktivitas blogging/ngeblog telah dianggap menjadi salah satu cara paling menguntungkan dalam menghasilkan uang secara online. Lalu mulai meneliti bagaimana mereka bisa membangun sebuah blog, karena mereka berpikir bahwa memiliki sebuah blog berarti akan mulai memperoleh penghasilan bulanan dengan cepat.

Saya sarankan kepada kalian untuk membaca artikel ini, karena saya telah merangkum ada 7 kesalahan blogging dan bagaimana cara untuk menghindarinya saat memulai bekerja di dunia online.


1. Mengharapkan hasil yang cepat

Jika ingin mengembangkan blog yang efektif dalam menghasilkan uang, berhentilah menganggap diri sendiri sebagai penulis konten dan mulailah memperlakukan blog seperti layaknya bisnis. Tapi bukan berarti kalian harus bergegas membuat blog tanpa memiliki rencana.

Lihatlah apa kesalahan yang dilakukan bisnis lain sehingga kalian bisa melakukan hal yang sebaliknya.

Fokuslah menciptakan penggemar terlebih dahulu, karena kalian tidak pernah bisa menghasilkan uang tanpa pembaca setia. Setelah membangun penggemar yang tepat, saatnya lancarkan strategi monetisasi.


2. Menulis untuk diri sendiri

Aspek paling penting yang membantu menentukan apakah kalian akan menjadi seorang blogger sukses adalah jika menulis BUKAN untuk diri sendiri.

"Menulis bukan untuk diri sendiri", seperti halnya keinginan pihak mesin pencari Google bahwa konten yang dibuat harus memanusiakan pembaca.

Untuk menciptakan konten yang memanusiakan nan berkualitas kalian perlu memusatkan diri pada aktivitas menulis sebuah postingan blog. Namun hal ini tidaklah mutlak dan jangan memikirkannya terlalu dalam, karena saya yakin seharusnya kalian bisa mengetahui rasa nyaman pada diri sendiri saat ingin menulis.

Mulai sekarang, cobalah mengembangkan ketertarikan untuk menulis, dan gunakan setiap kesempatan untuk mengerjakan topik baru. Saya doakan kalian akan segera menemukan jawaban bahwa menulis benar-benar sederhana, menarik, dan menyenangkan.


3. Tidak meningkatkan pengetahuan

Jika ingin menjadi blogger yang efektif, maka perlu secara teratur memperbaiki dan menambah pengetahuan blogging dengan membaca sumber-sumber lain yang berkompeten dan terupdate.

Berapa kali sehari kalian membaca? Apa yang dipelajari selama periode itu? Apakah hanya sebatas topik blog pribadi atau juga topik lainnya?

Manfaatkan sejumlah waktu harian dalam membaca tulisan orang lain yang sesuai dengan topik blog dan informasi terbaru seputar blogging. Kalian perlu banyak waktu untuk memeriksa dan membaca apa pun yang bisa didapatkan. Bisa apa saja, dari saran teman blogger atau blog populer yang kalian sukai.

Setiap bertambahnya ilmu yang dipelajari, maka ke depannya akan menjadi sumber kreativitas positif untuk aktivitas blogging kalian.


4. Tidak memiliki semangat

Memutuskan terjun ke dunia blogging karena dapat menghasilkan uang, boleh saja. Tapi sebaiknya jangan banyak berharap akan mendapatkan uang dari aktivitas blogging. Karena sudah banyak blogger yang akhirnya melepas status bloggernya akibat tidak kunjung gajian.

Ketika konsistensi semangat itu terjaga maka saya yakin tidak ada yang bisa menghentikan kalian untuk sukses dari kebiasaan blogging.

Cintailah blogging dengan semestinya, hal ini akan memberikan energi positif pada diri kita agar muncul sikap konsisten dalam menjalani aktivitas blogging

5. Terlalu serakah

Sebagian besar blogger sengaja membangun blog untuk menjadikan hobi tambahan, tapi semakin hari mereka juga melihat kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kesalahan paling umum adalah melakukan segala sesuatu karena uang. Boleh mengharapkan uang, namun saya tekankan kembali bahwa sangat salah jika uang dijadikan tujuan utama.

Kalian perlu membangun komunitas penggemar dan memberi mereka konten berkualitas nan memanusiakan. Setelah itu kalian bisa melancarkan strategi monetisasi, tentu jangan berlebihan dan membuat penggemar kabur.

Jika prioritas utama adalah uang, maka konten yang tercipta hanya apa adanya tanpa ada nilai tambah bagi pembaca. Tidak perlu terburu-buru untuk menghasilkan uang, dan berhentilah menjadi serakah.


6. Tidak memiliki rencana

Ingin menjadi seorang blogger yang sukses maka harus siap menghadapi banyak rintangan.

Dunia internet penuh dengan pengganggu dan menyebabkan hilangnya waktu produktif. Hal ini terjadi karena telah terjebak dengan asyiknya berselancar media sosial atau bermain game online.

Yang kalian butuhkan adalah sebuah strategi. Strategi yang sesuai bagi kalian sebelum memulai pekerjaan. Rencanakan ke depan apa yang ingin dicapai. Fokus pada waktu tertentu dalam menciptakan konten baru, mempromosikan blog, membangun branding produk, dan menindaklanjuti kekurangan blog kalian.

Ini adalah pekerjaan seorang blogger untuk bisa mengelola dirinya sendiri dan menjadi produktif. Gagal melakukan strategi maka kesulitan juga untuk menghasilkan penghasilan.


7. Tidak memiliki kesabaran

Seperti yang telah dinyatakan oleh banyak blogger profesional bahwa kesuksesan membangun blog perlu waktu jangka panjang dan proses yang tidak mudah.

Jika salah paham dan mengartikan bahwa kesuksesan akan menjadi milik kalian setelah satu atau dua minggu membuat blog, maka mulai saat ini untuk memperbarui pemikiran tersebut.

Blogging perlu melewati banyak proses dan rintangan untuk membawa kalian ke puncak kesuksesan. Jadi, kalian harus selalu bersabar menunggu kerja keras itu hingga membuahkan hasil. Dengan pengalaman, kesabaran adalah kunci sukses dalam kegiatan blogging. Jika kalian tidak memiliki rasa sabar, maka maaf, blogging bukan untuk diri kalian.

Namun tetap saja bahwa semua pilihan ada ditangan kalian. Bergabunglah menjadi blogger sukses, jika kalian cukup bersabar!


Kata terakhir

Sekarang kalian sudah tahu bahwa ada 7 kesalahan yang dapat menyebabkan kalian gagal untuk menjadi seorang blogger sukses. Cobalah untuk menghindarinya jika ingin sukses di dunia online.

Satu-satunya hal yang harus kalian lakukan sekarang adalah mengambil tindakan. Mulai bekerja hari ini, menjadi produktif dan penghasilan akan mulai meningkat seiringnya waktu.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more