6 Tips Blogging Pemula Untuk Mendapatkan Penggemar

Tidak ada hal yang lebih berharga dalam hidup melebihi mencatat pengalaman pribadi sebagai seorang manusia. Aktivitas blogging/ngeblog adalah salah satu komponen paling revolusioner di internet. Hal ini memungkinkan seseorang untuk menyampaikan informasi tentang diri sendiri, produk bisnis, layanan jasa, atau kehidupan dunianya di sekitar mereka yang dianggap paling sesuai.

Namun, jika ingin membangun dan menulis blog, kalian harus membaca beberapa tips blogging untuk pemula ini terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa tips blogging yang bisa saya bagikan dalam mendatangkan banyak penggemar untuk blog pribadi.


1. Jadilah diri sendiri

Tidak ada yang suka membaca blog yang tidak wajar atau membosankan. Biarkan kepribadian kalian tampil dalam tulisan itu! Semakin unik kalian menulis, semakin cepat blog akan menonjol.

Seorang teman saya memulai blognya dengan format yang sangat statis. Dia menyampaikan informasi tentang apa yang telah terjadi di tempat kerja, dan apa yang dia lakukan sesudahnya, tapi dia tidak memberi rincian, dan bacaannya sangat membosankan. Setelah dia mulai memasukkan pendapat tentang apa yang telah terjadi di tempat kerja, atau deskripsi tentang aktivitas malam-malamnya di kota, pembacanya menjadi berlipat ganda!


2. Konsisten

Ketika pertama kali memulai blogging, kalian mungkin akan sangat gembira dengan proyek baru yang akan dikerjakan dengan baik di sudut kecil dunia Internet. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya hal yang muncul, blog kalian bisa jadi tidak terurus serta menurunnya trafik pengunjung.

JANGAN SAMPAI ITU TERJADI! Jika kalian berhenti menulis dan publikasi selama seminggu, blog akan kehilangan minat baca penggemar dan pembaca baru yang potensial. Selain itu, blogging sering bersifat katarsis (curhat), sehingga kurang mendapat banyak respon. Sisihkan sejumlah waktu setiap hari untuk menulis dan posting meskipun itu singkat.


3. Menambahkan tombol media sosial dan berlangganan email

Kalian dapat menambahkan sosial media di blog dan juga menampilkan kolom berlangganan lewat email. Hal ini dilakukan agar penggemar baru dapat mengikuti updatean terbaru postingan blog. Tentu hal ini tidak banyak memakan waktu banyak dalam pemasangan.

Kalian dapat mencari tutorialnya di blog-blog lain lewat mesin pencari yang sering digunakan.


4. Bagikan postingan di media sosial

Banyak blogger dan pebisnis membagikan blog mereka ke media sosial. Hal ini dilakukan agar blog bisa eksis dan dibaca orang lain.

Kesalahan yang harus dihindari adalah melakukan SPAM di media sosial. Aktivitas spamming menimbulkan kebencian pada teman media sosial sehingga sedikit demi sedikit mereka akan melakukan unfollow atau memblokir akun kalian.

Saya menyarankan untuk melakukan share 2 kali sehari dengan jeda setengah hari. Hal ini dilakukan agar untuk menjauhi dari hal-hal yang tidak diinginkan.


5. Promosikan produk populer

Akhir-akhir ini, beriklan adalah cara yang menguntungkan bagi banyak orang untuk mendapatkan penghasilan (uang) tambahan. Dengan melakukan review dan menyarankan produk kepada pembaca (dan mereka membelinya), maka kalian akan mendapatkan keuntungan kecil sebagai gantinya. Kalian juga dapat bergabung dengan situs afiliasi untuk memasarkan beberapa produk yang diminati teman-teman kalian.

Mereview produk merupakan salah satu cara termudah dalam menjaring pembaca. Karena membaca review merupakan hal yang paling dimininati konsumen sebelum membeli barang yang ingin mereka beli.


6. Hati-hati

Kalian bisa mengatur preferensi keamanan privasi, atau sebaliknya, blog bisa dibaca oleh semua orang atau siapa saja.

Ini berarti, jika kalian tidak berhati-hati, kehidupan pribadi bisa menjadi publik dalam sekejap. Ini bisa memiliki implikasi besar bagi pekerjaan kalian, terutama jika atasan kalian membaca isi postingan yang memalukan tentang cerita rambut botaknya, atau pacar kalian mengetahui tentang cerita eksploitasi kalian kepadanya.

Buat akun palsu? Ya, kalian dapat menggunakan nama hewan peliharaan untuk menjaga rincian pribadi agar selalu aman, sambil tetap menghibur para pembaca blog kalian. Ini adalah salah satu tip blogging yang mungkin tampak bertentangan dengan yang telah kalian pelajari, namun hal ini dapat menjadikan keseimbangan antara keterbukaan dan privasi yang akan membuat kalian berada di tempat yang nyaman atau inginkan.

Blogging bisa menjadi pengalaman yang hebat, tapi kalian harus berpikir lagi sebelum menulis dan publikasi. Ingat tips blogging ini, dan kalian akan baik-baik saja!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more