Berwisata Gratis Ke Taman Balai Kota Bandung yang Menyenangkan

Bandung memang memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata alam yang ada di sekeliling Bandung, sampai wisata modern seperti mall, tempat wisata, dan juga wisata belanja seperti factory outlet dan lainnya.

Bandung sendiri sebenarnya memiliki tempat wisata baru yang murah, bahkan gratis. Sejak dipimpin oleh Wali Kota Ridwan Kamil di tahun 2013, Bandung merevitalisasi banyak taman untuk warganya.

Alhasil, warga bisa berlibur dengan murah, menghabiskan banyak waktu dengan keluarga tanpa harus mengeluarkan banyak uang seperti pergi ke tempat wisata lainnya di Bandung.

Taman-taman yang direvitalisasi dan dibangun di Bandung sendiri memiliki beragam macam tema. Mulai dari Taman Superhero, Taman Fotografi, Taman Jomblo, sampai Taman Film.

Taman-taman tersebut direvitalisasi sehingga ada banyak wahana atau juga fasilitas tambahan. Mulai dari patung-patung menarik, beragam seni rupa, sampai dengan peralatan gym yang bisa digunakan banyak orang.

Tidak heran jika kemudian taman-taman ini menjadi sebuah primadona wisata baru di Bandung.

Salah satu taman yang direvitalisasi tapi tetap mempertahankan estetika peninggalan sejarahnya adalah Taman Balai Kota Bandung. Taman ini memiliki beberapa bagian di mana kita bisa menikmati sensasi berbeda di setiap tempatnya. Saat ke sini, kita akan disuguhkan beragam hal yang tentunya tidak didapat di taman lainnya di Kota Bandung.

Kantor Wali Kota Bandung


Taman Balai Kota Bandung merupakan bagian dari Kantor Wali Kota dan Kantor DPRD Bandung. Keseluruhan bagian utara diisi oleh gedung-gedung penuh sejarah, yang kini menjadi kantor pemerintahan.

Kita dapat melihat kemegahan bangunannya yang sangat terasa, karena memang bangunan ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda.

Plaza Balai Kota


Karena merupakan bagian dari kantor pemerintahan, Balai Kota Bandung juga memiliki sebuah plaza atau lapangan yang besar dan luas. Lapangan ini sering digunakan untuk memperingati acara seremonial di lingkungan pemerintahan Kota Bandung. Mulai dari upacara peringatan 17 Agustus tingkat kota, upacara hari-hari besar, sampai dengan apel pagi para PNS Kota Bandung setiap paginya.

Plaza ini juga seringkali digunakan untuk beragam kegiatan pameran outdoor.

Taman Labirin



Tepat dibagian setalan Plaza Balai Kota Bandung, terdapat sebuah taman labirin Balai Kota Bandung yang dibangun sejak pemerintahan Ridwan Kamil. Taman ini memiliki empat pintu masuk di setiap ujungnya, yang saling berhubungan di tengah.

Ketika memasukinya, kita bisa merasakan sensasi seakan sedang berada di dalam labirin. Tidak heran, lokasi ini menjadi sebuah tempat untuk berfoto ria bagi para pengunjung.

Patung Badak


Terus berjalan ke arah selatan, terdapat sebuah taman yang di tengahnya terdapat sebuah patung badak bercula satu. Patung ini dikelilingi oleh kolam ikan dan juga air mancur.

Banyak warga yang bersantai di bawah patung ini sambil bercengkerama bersama keluarga.

Taman Dewi Sartika



Di bagian paling selatan Taman Balai Kota, terdapat sebuah area Taman Dewi Sartika. Di tengahnya terdapat sebuah monumen Dewi Sartika yang berdiri tinggi di depan sebuah gazebo yang juga bisa digunakan untuk bersantai atau berfoto.

Taman ini dibangun untuk memperingati jasa dari Dewi Sartika yang merupakan sebuah ikon pendidikan kaum wanita di Indonesia. Sosok pahlawan nasional ini merupakan seorang yang menginspirasi gerakan kewanitaan di seluruh Indonesia sehingga wanita Indonesia bisa berdaya.

Tepat di ujung bagian Taman Dewi Sartika, terdapat lahan parkir yang cukup luas. Lahan ini juga berfungsi sebagai terminal atau tempat transit dari Bus Bandros atau Bandung Tour on Bus.


Berhubung saya dari Jogja dan hanya punya budget pas-pasan untuk pergi ke kota Bandung, maka saya memilih kereta api sebagai alat transportasi karena murah. Saya biasa menghabiskan biaya untuk PP (Pulang-Pergi) sekitar 200 ribu rupiah untuk kereta api ekonomi, itu pun masih sisa. Sedangkan untuk kereta api bisnis, kira-kira 500 ribu-an.

Perlu kamu tahu, bahwa tak perlu lagi pergi ke stasiun untuk membeli tiket. Kamu dapat memanfaatkan teknologi modern yang ada saat ini. Dengan menggunakan gadget cerdas kamu, sambil tiduran di rumah pun, kamu bisa membeli tiket kereta api secara online.

Bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu membuka browser hp (Google Chrome) dan menuju ke halaman tiket kereta api di situs Pegipegi.com. Di situ, kamu bisa cek / cari, pesan / beli tiket kereta api, serta tau jadwal kereta api, sesuai dengan minat dan budget kamu.

Nah, bagaimana sekarang, apakah kamu sudah siap untuk pergi liburan ke Balai Kota Bandung?

Jika sudah, jangan lupa untuk mempersiapkan kesehatan tubuh dan mental ya. Kalau uang sih saya rasa tak perlu diingatkan lagi, karena memang perlu untuk bayar keperluan lain-lain, entah: makan, minum, biaya akomodasi ketika sudah di bandung, dan lainnya.

Jangan lupa ya, pesan tiket kereta api online, ya di Pegipegi.com. Oh iya, Pegipegi.com juga ada aplikasinya lho, silakan instal di hp kamu sekarang juga.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more