Cara Setting Router Mikrotik Pada Virtual PC

Blog Andisyam kembali mengulas tentang jaringan komputer.

Kali ini saya memenuhi ajakan sobat lama saya untuk membahas seputar jaringan komputer berbasis router mikrotik, dan sebelumnya beberapa sobat sempat menanyakan hal yang sama melalui Facebook tentang PC Router.

Sebenarnya artikel ini sudah cukup lama pada blog saya sebelumnya akan tetapi banyaknya artikel tentang mikrotik yang hilang pada saat bermigrasi hosting, untung ada backupnya, tapi tak mengapalah meriview ulang postingan ini.

Baik sobat untuk postingan pertama saya mengenai router mikrotik, dimana saya tidak langsung pada router sungguhan melainkan melakukan konfigurasi mikrotik melalui Virtual PC yang sifatnya bergabung dengan system operasi windows, akan tetapi drive atau harddisk di sini masing-masing berdiri sendiri dalam satu PC.

Untuk melakukan konfigurasi mikrotik apa saja yang mesti sobat siapkan?

Berikut persiapan yang kita lakukan:

Untuk pertama kalinya sobat mesti membuat skema atau topologi jaringan yang akan sobat pergunakan.

Berikut topologi yang saya gunakan dalam tutorial ini:

Internet ---- Modem ADSL ---- Mikrotik/Virtual PC ---- Hub/Swicth ---- Client

Setelah menentukan jenis topologi, berikut langkah-langkahnya :
  1. Siapkan Mikrotik OS versi apa saja, dalam artikel ini saya menjajal Mikrotik versi 2.9.27 sebagai pembelajaran dalam tutorial ini. Jika belum punya silahkan sobat men-download-nya di mikrotik.co.id dan jangan lupa ya sekaligus winbox-nya buat setting mikrotik berbasis GUI.
  2. Selanjutnya Install Virtual PC 2007 atau versi yang lebih tinggi, jika blum punya silahkan sobat mendownloadnya disini untuk file setup 32BIT atau file setup 64BIT atau kunjungi Microsoft.com.
  3. Setelah proses instalasi virtual pc, selanjutnya buatlah virtual mechine dimana nantinya file mikrotik akan diinstallkan dengan cara Create Virtual Mechince.

Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share asalkan mencantumkan link Andisyam, dikarenakan capek sob nulisnya. :D

Post Terkait:

Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more