Cara Proteksi Flashdisk dari Virus autorun.inf

Disela-sela kesibukan, Mas Andisyam kembali memposting artikel seputar software. Artikel kali ini sedikit membahas cara proteksi flashdisk dari autorun.inf virus. Hmm, virus lagi virus lagi, sepertinya program pengrusak ini tidak henti-hentinya diperbincangkan, seperti politik saja hehehe.

Sebuah berkas autorun.inf adalah berkas teks biasa yang digunakan oleh fitur AutoRun dan AutoPlay milik Microsoft Windows, dan dieksekusi oleh fitur tersebut saat sebuah media eksternal yang memasukkan berkas tersebut dimasukkan ke dalam komputer. Berkas tersebut terletak pada direktori terluar dari media tersebut.

Baca juga:

Baik, saya langsung bahas pada inti permasalahan! Beberapa hari yang lalu saya mencoba membuat file autorun.inf pada flashdisk untuk menghalau lompatan virus secara otomatis, alhasil sedikit membantu, walau masih banyak kekurangannya, ternyata ada sebuah program kecil yang mampu membuat file autorun.inf yang dapat melindungi flashdisk anda dari munculnya versi autorun.inf yang dibentuk oleh virus. Mari kita sedikit review tentang file autorun.inf ini.

Operating System (OS) Windows sendiri menggunakan file autorun.inf dari removable drive untuk mengetahui mana tindakan untuk melakukan ketika sebuah perangkat penyimpanan eksternal baru, seperti USB drive atau CD/DVD, dimasukkan ke dalam PC/Laptop. File autorun.inf adalah file konfigurasi yang biasanya terletak di direktori root removable media dan berisi antara lain, referensi ke ikon yang akan ditampilkan yang berhubungan dengan removable drive atau volume, deskripsi isi dan juga kemungkinan untuk menentukan program yang harus dijalankan secara otomatis ketika unit terpasang.

Masalahnya adalah bahwa fitur ini secara luas digunakan oleh malware untuk menyebar dan menginfeksi dengan cepat drive baru yang dihubungkan ke komputer kita. Malware dalam hal ini menyalin autorun.inf kedalam drive dan dieksekusi untuk memodifikasi file autorun.inf sehingga Windows membuka file tersebut secara diam-diam secepat drive terpasang. Contoh terbaru dari ini adalah W32/Sality, W32/Virut, dan juga worm W32/Conficker, yang selain menyebar melalui kerentanan keamanan jaringan juga menyebar melalui USB Drive.

Seperti itulah virus atau malware ketika akan menginfeksi flashdisk kita. Bagaimana menanggulanginya? Dalam artikel ini menyajikan program kecil bernama Panda Research USB Vaccine untuk membuat file autorun.inf untuk menghalau autorun.inf bentukan virus atau malware. Silakan anda membaca penjelasannya dan mendownload software-nya di halaman Panda USB and AutoRun Vaccine. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more