10 Manfaat Terbiasa Minum Kopi, Blogger Harus Tahu!

Apakan kalian (pria/wanita) termasuk penikmat kopi? Jika banyak orang beranggapan bahwa kopi kurang baik untuk kesehatan, ternyata dibalik itu semua ada manfaat yang tersembunyi.

Saya akui adalah penikmat kopi. Terkadang satu hari bisa habis 3 gelas kecil kopi hitam. Namun tetap saya imbangi dengan mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih secukupnya, istirahat, dan olahraga.

Keuntungan minuman yang dapat membuat kita betah melek ini memang cenderung membuat lebih aktif dan berpikir logis dibanding yang bukan penikmat kopi.



Inilah 10 manfaat minum kopi, bahkan cenderung membuat kita lebih sukses dalam berkarier dibanding yang bukan peminum



1. Membantu Pola Pikir

Kandungan senyawa aktif di dalam kafein ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama yang berhubungan dengan memori otak, fungsi kognitif, serta pola pikir yang lebih jauh kedepan. Si penikmat kopi akan memiliki jauh lebih banyak energi sehingga mereka dapat melakukan apa saja secara lebih bersemangat.


2. Lebih Cepat Dalam Berpikir

Penikmat kopi akan jauh lebih gesit dalam pola pikir mereka. Terbukti dari kandungan kafein yang banyak meningkatkan hormon adrenalin serta sebagai bahan bakar dalam tubuh. Tentu si penikmat kopi akan lebih gesit dalam hal yang mereka fikirkan dan lakukan.


3. Mengurangi Depresi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Harvard, orang yang mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari akan menghindarkan 50% resiko bunuh diri.

Tindakan bunuh diri diakibatkan oleh adanya depresi yang berlebihan. Dan mengkonsumsi kopi ternyata dapat menurunkan depresi pada diri seseorang karena pikiran dan tubuh kita akan lebih rileks. Dan pada akhirnya memanjangkan pikiran serta tidak mudah membuat kita untuk melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.


4. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Kopi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi di Harvard, bahwa orang yang suka minum kopi akan meminimalisir terjadinya diabetes atau naiknya kadar gula.

Biasanya orang yang memiliki gejala penyakit diabetes akan terlihat lebih lesu, gampang capek, cepat ngantuk, dan memiliki gairah yang menurun.


5. Meningkatkan Rasa Semangat

Alasan mengapa penikmat kopi cenderung lebih sukses? Karena orang yang suka minum kopi di pagi hari akan jauh lebih bersemangat dibandingkan orang yang tidak minum kopi. Hal ini dapat dibuktikan dari 3 diantara 10 orang yang meminum kopi di pagi hari, mereka akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitasnya.


6. Menambah Energi di Malam Hari

Jika begadang di malam hari kurang baik untuk kesehatan, namun berbeda jika mengkonsumsi kopi di malam hari yang membuat kita jadi lebih betah melek.

Biasanya pola pikir orang di malam hari akan lebih kognitif dan lebih panjang. Selain karena suasana yang sepi, hal ini juga dipengaruhi oleh energi otak yang bekerja di malam hari sehingga akan banyak ide yang keluar di malam hari apabila kalian minum kopi.


7. Meningkatkan Energi

Para penikmat kopi cenderung lebih berenergi di pagi hari dan tidak suka bermalas-malasan, jika kalian sudah menikmati minuman kafein ini.

Tubuh dan pikiran kita akan lebih bersemangat, pastinya tidak ingin bermalas-malasan dalam bekerja atau bergerak.


8. Memudahkan Munculnya Banyak Ide

Orang yang suka minum kopi akan lebih banyak memunculkan ide jika dibanding dengan yang bukan penikmat kopi.

Sebagai seorang blogger tentunya hal ini sangat berdampak baik. Karena ide merupakan tumpuan dasar dalam menciptakan artikel yang berkualitas. Dengan begitu para blogger tidak takut kehilangan ide dan selalu update postingan terbaru.

Selain banyak ide, kita juga lebih aktif bersosial dengan orang lain. Sehingga para peminum akan lebih banyak disukai orang lain.


9. Mengganjal Rasa Lapar

Kopi yang kita konsumsi setiap hari ternyata dapat menjadi pengganjal perut ketika lapar. Jika kebanyakan orang malas makan saat perut kosong atau lapar, namun setelah kita meminum kopi maka rasa lapar di perut akan sedikit berkurang.


10. Meningkatkan Pikiran Menjadi Lebih Fresh

Mengapa penikmat kopi cenderung lebih sukses? Karena kafein memiliki sikap bawaan yang lebih aktif, enerjik, kreatif, dan pastinya lebih fresh. Inilah yang membuat mereka cenderung lebih sukses.


Itulah 10 alasan kenapa harus minum kopi, bermanfaat sekali bukan? Namun perlu diingat bahwa kesuksesan bukan diciptakan dari sebuah kopi, karena kopi hanya membantu kita lebih sukses menghadapi hari-hari yang dilalui. Kesuksesan tetap berpijak pada usaha, doa, dan niat kita.