5 Tips Memilih & Membeli TLD [Top Level Domain] Expired Berkualitas

Domain "zombie" (domain expired yang dihidupkan kembali) digadang-gadang memiliki otoritas yang baik jika backlink dan DA PA (dengan cek Moz) nya tinggi. Namun ternyata dalam memilihnya juga tidak mudah, jangan sampai asal menggunakan atau memakai hingga merugi sendiri.

Saya mempunya tips yang bisa kalian ikuti untuk memilih TLD Zombie, namun dalam kelanjutannya tolong diurus sebagaimana mengurus blog TLD penghasil uang kalian, misal: update postingan berkualitas. Karena domain www.andisyam.web.id ini juga merupakan zombie yang saya bangkitkan kembali hasil nemu dari blogwalking.


Untuk mempersingkat waktu, saya akan menunjukkan bagaimana cara memilih domain zombie yang baik dan berkulitas:



1. Lihat DA PA

Carilah DA PA yang tinggi, untuk jumlah Backlink sedikit juga tidak apa-apa asalkan DA PA nya tinggi. DA (Domain Autorithy) minimal adalah 20, sedangkan PA (Page Autorithy) minimal juga 20. Bila dapat yang lebih tinggi, syukuri saja.

Kalian bisa menggunakan tools milik MOZ dalam melihat atau cek DA PA serta Backlink yang ada, karena pihak mereka pencetus/pembuat sistem ranking DA PA. Memang benar bahwa jumlah backlink yang tampil terkadang berbeda dengan tools lain (misal dibandingkan dengan tools backlink di webmaster google), bukan berarti tools check MOZ jelek, mungkin saja pihak mereka memiliki kriteria sendiri.


2. Nama Domain Sesuai Topik

Mungkin ada yang bertanya bahwa domain zombie andisyam.web.id tidak sesuai topik blog ini, tapi tetap dipakai? Memang benar bahwa pemilihan nama andisyam memang tidak berhubungan langsung dengan topik yang saya angkat, namun nama andisyam adalah universal. Coba lihat sugeng.id, apakah topik dan nama domainnya berhubungan?

Nama orang adalah nama domain yang universal, tergantung bagaimana pengurusannya. Ditambah lagi nama zombie yang sesuai tidak saya dapatkan, kalau adapun DA PA nya rendah. Asalkan saja jangan menggunakan nama domain "*udit*gel.com" sedangkan topik yang kalian bahas adalah "resep masak", ini jelas menjauh terlalu jauh.


3. Cek SPAM

Jangan mengira bahwa domain zombie lalu tingkat SPAM-nya 0, karena menganggap baru register.

Kembali lagi bahwa tools MOZ bisa mendeteksi SPAM dalam domain zombie tersebut. Silakan cek dahulu skor SPAM-nya, apakah lebih dari 2 atau tidak? Kalau lebih, saya sarankan pindah domain lain aja. Namun kalau kalian masih teguh pendirian untuk memilih domain zombie dengan skor SPAM lebih dari 2, ya silakan saja bereksperimen.


4. Domain Belum Terkena Pinalty/Banned

Bisa jadi karena dianggap SPAM atau melalukan Black Hat SEO oleh mesin pencari, domain tersebut akhirnya dimatikan oleh pemilik terdahulu.

Pinalty semacam banned bisa saja terjadi jika dianggap tidak sehat oleh mesin pencari, misal oleh pihak Google Search Engine. Maka itu kalian harus selalu jeli dalam memilih dan bertindak.

Anda bisa mengeceknya, apakah domain zombie tersebut pernah kena banned atau tidak oleh Google Search Engine dan Google Adsense di bannedcheck.com. Jika terbukti pernah, lepaskanlah segera domain yang sudah mati itu.


5. Jangan Menunggu Lama Waktu Register

Pernah kejadian dimana domain zombie yang sudah saya lirik, 2 hari setelah penemuan telah diregister orang. Padahal waktu awal penemuan masih bisa didaftarkan via penyedia hosting dan domain Indonesia.

Saya tidak menganggap kejadian tersebut "bukan rezeki saya". Namun saya akui bahwa kejadian tersebut resmi kesalahan saya pribadi akibat terlalu lama menunggu untuk mendaftarkannya. Mungkin istilah yang benar dari kejadian tersebut adalah "siapa cepat dia dapat".

Jadi, jika kalian sudah menemukan domain zombie yang cocok dan bisa didaftar kembali, silakan langsung daftarkan saja dulu. Masalah pembayaran kan bisa 2 atau 3 hari berikutnya, karena maksimal pembayaran kepada penyedia domain dan hosting biasanya memberi jangka waktu 7 hari atau 1 minggu.


Itulah 5 tips yang bisa saya berikan kepada kalian. Selebihnya, keputusan ada pada diri kalian sendiri. Jangan ragu-ragu dalam memilih, karena keraguan hanya akan memperburuk keseriusan kalian dalam mengurus domain zombie ini.

Baca juga:

Membangun blog dari domain zombie merupakan salah satu jalan (White Hat SEO) dalam meraih penghasilan dari aktivitas blogging maupun posisi / ranking terbaik di SERP. Tentunya niat, usaha, dan doa kepada ALLAH juga harus beriringan jika ingin berhasil.

Insya Allah dan mudah-mudahan apa yang telah saya sampaikan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian. Amin.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more