Kerugian Seorang Plagiat / Copy Paste Artikel Orang Lain

Banyak blogger yang senang melakukan kegiatan copy paste artikel orang. Kalau mau jujur, saya juga pernah, tapi mulai awal tahun ini saya mulai meninggalkannya sampai sekarang. Karena menurut saya pribadi, plagiarisme adalah tindakan yang mencerminkan kemalasan seseorang walaupun sudah mendapat restu atau diperbolehkan sama pemilik konten aslinya.

Ngomong-ngomong bab copas, saya punya cerita. Cerita ini saya peroleh dari hasil baca postingan blogger baru di grup blogger via facebook. Ia mengatakan, "kalau blog hasil copasnya tidak menguntungkan, bahkan cenderung merugikan, bahkan mau gajian malah akun Adsense-nya terkena ban permanen." Ya, saya akui bahwa itu benar adanya, karena sikap tersebut juga tidak dibenarkan dari kacamata atau sudut pandangan sosial maupun dari penelitian para dokter.

Menurut pandangan sosial, aktivitas copas atau plagiat atau menyalin apapun kata lainnya merupakan sikap malas dari pelakunya. Hal ini juga membuat beberapa pihak merasa kecewa dan marah tentang maraknya aksi menyalin yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab karena beberapa artikel hasil copas malah berada di posisi atas dari artikel aslinya.

Menurut penelitian dokter, sikap ini membuat melemahnya sel-sel otak pelakunya. Jika perilaku ini sering dilakukan akan berdampak menurunnya daya kreativitas otak dan akhirnya cenderung menjadi pribadi yang anti sosial atau individualis. Dan pada akhirnya sang pelaku yang sudah dianggap parah akan mengalami depresi dan bisa jadi akalnya menjadi rusak alias gila apabila kejadian buruk seperti kegagalan menghasilkan uang dari kegiatan hasil copas menimpa dirinya.


Selain itu, ada lagi beberapa dampak buruk yang akan dialami oleh para pelaku plagiarisme yang telah dibahas dalam blog ini, yaitu:

  1. Hanya sia-sia
  2. Membuat kalian semakin bodoh
  3. Menutup kreativitas individu
  4. Dibenci orang banyak
  5. Dianggap pecundang
  6. Dipidana
  7. Tidak pernah mendapat klien
  8. Turun SERP hingga Sand Box dan Banned
  9. Banned Google Adsense


Renungan


Walau menjadi penulis original akan menerima gajian dan visitor naik secara melambat, akan tetapi jika di masa tua kelak mereka-mereka akan hidup nyaman karena postingan mereka tidak terkena pinalty. Sebaliknya, blogger copaser saat ini mungkin cepat mendapat gaji dan pengunjung, akan tetapi di masa tua kelak hidupnya tak akan seenak blogger original yang terus menerus membangun blog-blog baru akibat blog-blog sebelumnya terkena pinalty oleh mesin pencari maupun Adsense.

Jadi, apakah kalian mau tetap seperti ini terus menjadi seseorang yang mirip dengan mesin fotocopy dan bisa rusak (sakit) setiap saat?

Tambahkan Komentar Sembunyikan
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar