4 Cara Menemukan Ide Posting Baru Blog

"Saya merasa bingung dalam membuat postingan baru untuk blog pribadi saya. Pikiran saya terasa mentok dan tidak tahu apa yang saya tulis. Sudah blogwalking pun, tetap saja masing bingung untuk menulis. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada hari ini saja, seminggu bahkan berbulan-bulan saya tidak memiliki ide posting. Bagaimana cara supaya saya dapat menemukan ide agar dapat update postingan baru?"

Apakah kalian juga merasakan hal yang sama? Jika iya, bacalah tulisan saya ini sebagai pencerahan.

Jika ditanya, apakah saya (admin) pernah merasakan hal yang sama? Saya jawab, pernah. Namun hampir setahun ini saya sudah menemukan jawabannya, hingga akhirnya kemudian saya tidak kesulitan lagi untuk posting artikel.

Berikut 4 cara menemukan ide posting artikel baru untuk blog!


1. Membuat Blog Baru dengan Berbeda Topik

Memang benar bahwa menuliskan postingan baru dengan topik yang itu-itu saja akan merasa sulit. Dengan begitu, saya memustuskan untuk membuat blog baru yang topiknya berbeda-beda dan tidak menjadikannya campuran (gado-gado).

Walau saya akui untuk posting tidak bisa sehari 1 artikel blog, setidaknya seminggu saya tetap bisa posting dan hasilnya lumayan juga. Setidaknya untuk membuat postingan berikutnya sudah ada gambaran.


2. Blogwalking

Bagaimana pun blogwalking merupakan cara terbaik yang saya gunakan untuk mendapatkan ide sumber postingan terbaru. Dan aktivitas ini juga disarankan oleh beberapa blogger pro.

Dalam melakukan blogwalking terkadang juga membutuhkan waktu yang lama akibat mencari referensi dari banyak blog orang lain. Di sini saya tidak asal main copy paste, karena bagi saya copy paste asal / mentah-mentah hasilnya (trafik & pendapatan) tidak akan jadi berkah dunia dan akhirat.


3. Menulis Postingan yang Dianggap Sepele

Pernah menganggap bahwa tulisan "cara membuat blog di hp" adalah sepele, sehingga tidak ingin menulisnya karena merasa sudah banyak yang mempublish? Besok-besok jangan meremehkan lagi ya!

Karena menurut saya pribadi, menuliskan hal sepele dapat meningkatkan daya pikir, sehingga memacu otak untuk memunculkan ide-ide baru. Tidak percaya? Coba dulu lah!
Sesuatu yang sepele sebetulnya lebih penting daripada sesuatu yang dianggap penting. Maka, selesaikan dahulu urusan yang dianggap sepele.

4. Membuat Catatan Kecil di Buku Saku atau NotePad HP

Ide dapat muncul dimana dan kapan saja, bahkan saat mendengarkan dosen mengajar. Namun, jika ide yang muncul tidak disimpan, maka yang ada saat berada di depan laptop/PC/HP dan siap untuk menulis ide-ide tersebut malah hilang.

Kalian perlu memiliki Block Note (Buku saku) untuk menyimpan ide-ide itu, jika punya hp catat saja di notepad/memo. Setelah dirasa sudah mencukupi, maka saatnya untuk dikembangkan dan diposting pada blog pribadi kalian.


Bagaimana sekarang, apakah sudah mulai menemukan ide baru untuk posting setelah membaca tulisan ini? Jika sudah, mantapkan hati kalian dan jangan lupa untuk berdoa.

Semoga bermanfaat, Amin!

Tambahkan Komentar Sembunyikan
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar