Google Sayang dengan Situs Ber-Template AMP

Sebegitukah sayangnya google dengan situs pengguna template AMP (Accelerated Mobile Pages)?

Mengingat kembali bahwa google memang sedang mengembangkan proyek AMP, hal ini dilakukan agar seluruh situs dapat dibuka dan diakses dengan cepat di HP Smartphone para pengunjung.

Baru-baru ini saya melihat bahwa ada warning di SERP google untuk memperbaiki template AMP blog AndiSyam ini.

tampilan warning AMP di SERP Google

Warning itu muncul ketika saya ingin membuka blog lewat Search Engine Google dengan menggunakan HP tapi mode Dekstop. Dan ketika warning itu saya klik, maka saya dibawa ke halaman search console webmaster untuk diberi tahu kesalahannya ada dimana. Ini berarti, warning akan terlihat jika situs kita telah dikaitkan ke webmaster Google.


Cintanya Google Kepada Pengguna Template AMP

Menurut saya pribadi, ini salah satu bukti bahwa Google memang sangat menyayangi situs pengguna AMP. Alasannya, karena ketika blog lain (non AMP) saya mengalami error, tidak ada tuh warning di SERP.

Memang benar Google menklaim bahwa penggunaan template AMP tidak menjamin posisi peringkat kita baik. Namun, secara sadar bukankah ada 2 teknik SEO yang telah kita terapkan untuk valid AMP, yaitu: fast loading dan mobile friendly.

Ditambah lagi ketika melihat berita lewat mesin pencari Google di HP. Banyak sekali fitur khusus yang diberikan kepada situs berita yang menerapkan AMP agar terlihat mencolok dan menarik untuk dikunjungi.

Itu berarti penerapan template AMP justru memberikan manfaat atau dampak positif kepada pemilik situs. Namun saya akui juga bahwa banyak pencinta platform blogger yang malas merubah templatenya menjadi valid AMP, dikarenakan sudah banyak postingan yang dibuat dan harus mengedit secara manual untuk pindah ke template AMP.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan untuk saat ini. Apakah ada diantara kalian yang menemukan manfaat lainnya saat menggunakan template valid AMP? Silakan bagikan pengalaman kalian di kolom komentar. Dan Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di blog ini :)

Tambahkan Komentar Sembunyikan
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar