Komentar Pengunjung Mempengaruhi Peringkat SERP Google & Membuat Page One

Jika tidak salah, sekitar 2 bulan yang lalu saya pernah menemukan dimana ada sebuah komentar pengunjung membuat postingan blog berada di halaman pertama / page one mesin pencari google lewat hp android. Jadi, yang terindeks pada deskripsi tampilan SERP (Search Engine Result Pages) adalah kalimat dari sebuah komentar pengunjungnya.


Apakah template yang digunakan blog tersebut sudah sangat SEO (Search Engine Optimization)?


Namun sayangnya saya tidak mendalami template blog tersebut lebih jauh karena yang saya butuhkan waktu itu adalah isi postingannya. Sehingga, jika ditanya apakah template yang digunakan SEO dan sesuai dengan struktur data schema.org atau tidak, saya tidak tahu. Dan sayangnya lagi, saya juga tidak mengingat dengan nama blog tersebut.

Apakah yang dulu itu akibat algoritma google atau sekedar bug, mungkin teman-teman blogger atau kalian (pengunjung non blogger) yang pada akhir-akhir ini pernah menemukan bisa berbagi lewat kolom komentar.

Oh iya satu lagi. Yang paling saya ingat bahwa kolom komentar yang dipakai blog tersebut bukan milik blogger, melainkan commentluv milik wordpress :)

Beberapa hari kemudian saya menemukan komentar di youtube tampil sebagai deskripsi dalam halaman pencarian google, sehingga membuat video youtube tersebut berada di halaman pertama. Apabila sebuah komentar memiliki dampak positif pada peningkatan peringkat SERP, tentu hal ini dapat menjadi salah satu strategi bagi para penggiat BW dengan sistem BW balik.
Jika sebuah komentar yang relevan dapat mempengaruhi posisi SERP hingga membuat page one, beruntung sekali situs-situs yang mendapatkannya.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more