3 Alasan Mengapa Harus Menggunakan HRD Software

Bisakah kalian menebak pekerjaan apa yang paling banyak menghabiskan waktu tim HRD pada sebuah perusahaan? Terkadang tugas ini banyak dipegang sendiri oleh pemilik bisnis dan merangkap berbagai pekerjaan lainnya. Contohnya adalah mengecek dan mengelola manajemen karyawan, mengatur absensi dan gaji karyawan, menghitung pajak, asuransi, dan lainnya.

Dalam sebuah survey di Amerika Serikat, tugas tim HRD paling banyak menyita waktu untuk mengurus tumpukan dokumen administrasi karyawan yang menguras tenaga dan pikiran. Jika dibayangkan, sebenarnya pekerjaan ini tidak berat, namun mengapa begitu rumit dibandingkan kerja normal biasanya. Bagi kalian seorang HR profesional yang ingin mengembangkan kinerja kerja lebih fokus dan teratur, maka kalian perlu memiliki dan memanfaatkan jasa HRD software. Atas dasar inilah software HRD hadir untuk meringankan pekerjaan ini.

Sebelum masuk dalam penjelasan HRD software untuk mengetahui 3 alasan mengapa kalian harus menggunakan software HRD, mari kita tinjau dulu apa itu HRD software.

Apa itu HRD Sofware?


HRD Software merupakan suatu bentuk perangkat lunak SDM yang menggabungkan sejumlah sistem dan proses untuk memastikan pengelolaan sumber daya manusia, proses bisnis dan data secara mudah dan online. HRD Software ini biasanya digunakan di dalam dunia bisnis untuk menggabungkan sejumlah fungsi SDM yang diperlukan, seperti menyimpan data karyawan, mengelola penggajian, proses rekrutmen, administrasi tunjangan dan mencatat kehadiran.

Pengembangan sumber daya manusia dianggap sebagai kunci untuk produktivitas yang lebih tinggi, hubungan yang lebih baik dan profitabilitas yang lebih besar untuk setiap organisasi. Maka dari itu, tujuan dari HRD software ini adalah untuk memastikan setiap hari proses SDM dapat dikelola dan mudah diakses. Teknologi ini sangat menawarkan solusi HRD yang dihosting cloud sehingga lebih mudah diakses oleh tim kecil dan dimana saja dengan menggunakan akun online berbasis web.

Nah, itulah perihal mengenai HRD software. Sekarang, kalian akan masuk pada 3 penjelasan alasan mengapa harus menggunakan HRD software untuk pekerjaan kalian, yaitu:

1. Meningkatkan Produktivitas HRD


Salah satu dari semua manfaat software HRD untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sumber daya manusia karyawan. Sistem ini sangat rinci, dan dirancang untuk meningkatkan dan mempercepat upaya karyawan HR dalam beberapa cara. Misalnya, mereka dapat membantu perekrutan dengan menyederhanakan proses pengumpulan resume, meninjau informasi kandidat dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Sistem HRD software juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas terkait dengan manajemen keuangan melalui tugas pemrosesan penggajian dan administrasi tunjangan. Kalian dapat melihat bahwa dengan bantuan HRD software, waktu dan upaya yang diperlukan untuk menyelesaikannya pekerjaan kalian dapat dikurangi secara drastis ketika beberapa tugas diotomatisasi melalui sistem. Tugas yang kalian selama ini mungkin membutuhkan banyak jam kerja, kemungkinan dapat diselesaikan dengan sangat cepat dan mudah. Bahkan, terkadang semua data yang terinput pada saat itu juga akan langsung tersaji secara otomatis.

2. Mengurangi Kesalahan


Banyak tugas HRD yang sangat super ketat dan perlu ketelitian. Jika terjadinya kelalaian dapat mengakibatkan masalah hukum yang cukup serius dan bahkan kerugian finansial bagi perusahaan. Misalnya, ketika resume calon karyawan tidak ditinjau dengan cara yang adil selama proses perekrutan, dapat terjadi suatu perkara hukum. HRD Software pada saat ini hadir untuk mengurangi masalah-masalah dengan pengawasan manusia agar kejadian seperti tadi tidak terjadi.

3. Sebagai Alat Analisis


Tugas HRD terkadang adalah harusnya mengambil sebuah keputusan penting untuk kepentingan perusahaan yang lebih baik. Contoh, tim HRD bertanggung jawab untuk menganalisis biaya perekrutan dan menghitung tingkat perputaran di berbagai departemen. Atas hasil inilah dapat digunakan keputusan bisnis yang penting untuk untuk menggerakkan dan mengembangkan organisasi yang sukses. HRD software tidak hanya berupa software biasa saja, namun sistem ini juga dapat menjadi alat analisis tim HRD yang mampu melakukan banyak perhitungan terkait yang efektif dan efisien. Pengumpulan data yang dibutuhkan dapat dilakukan dalam waktu singkat kemudian menganilisis data dengam cepat dan sederhana.

Perusahaan dapat segera menikmati banyak manfaat HRD software setelah sistem ini dilaksanakan. Ada beberapa jenis HRD software yang tersedia untuk dibeli, dan masing-masing dapat menawarkan fitur dan fungsi yang berbeda. Perusahaan harus meninjau dengan hati-hati berbagai sistem, vendor, dan fitur yang tersedia untuk menemukan program yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran. Namun kalian tidak perlu khawatir, kalian dapat menggunakan HRD software LinovHR yang super berkualitas dan terpercaya di Indonesia. Kemudahan tanggung jawab tugas dan pekerjaan dalam mengelola HRD ada dalam gengaman kalian bersama LinovHR.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more