Apa itu Google Scholar? Manfaat Untuk Siswa, Peneliti, & Akademisi Lainnya

Didirikan pada tahun 2004, Google Scholar atau Google Cendekia adalah database terbesar yang berisikan sumber literatur ilmiah yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi, referensi silang dengan sumber yang lain, dan mengikuti penelitian baru yang muncul saat itu juga.

Tampilan Halaman Mesin Pencarian Google Cendikia

Siapa yang bisa menggunakan Google Cendekia?


Siapa pun dapat mengakses database pencarian milik Google ini. Dibangun dengan mempertimbangkan keperluan siswa sekolah menengah, mahasiswa pascasarjana, dan akademisi lainnya, sehingga dapat membantu mereka yang menulis makalah akademik dan membuat bibliografi lebih mudah, siapa pun dapat memperoleh manfaatnya.

Berikut ini beberapa contoh yang dapat Anda lakukan melalui Google Cendekia:

Anda dapat membuat perpustakaan penelitian tentang topik yang diminati, seperti pemanasan global, dan membuat peringatan agar Anda selalu terbarui dengan penelitian terbaru. Anda bisa mendapatkan pengetahuan, seperti studi di bidang astronomi yang Anda minati. Atau Anda dapat meneliti sebuah kasus hukum untuk membangun pemahaman yang lebih dalam di bidang hukum atau Mahkamah Agung.

Cara mengakses materi di Google Cendekia


Google Cendekia sendiri gratis untuk digunakan sebagai alat pencarian. Namun, karena ini menarik informasi dari banyak database lain, ada kemungkinan bahwa informasi yang Anda perlukan akan memerlukan login (atau bahkan pembayaran) untuk mengakses informasi yang lengkap.

Namun, abstrak dari makalah atau ringkasan dari makalah biasanya gratis dan memberikan ikhtisar tentang apa yang terkandung di dalamnya.

Menggunakan Google Cendekia, Anda dapat mengakses sumber-sumber ini:
  • Jurnal
  • Makalah konferensi
  • Buku akademik
  • Pra-cetak
  • Tesis dan disertasi
  • Abstrak
  • Laporan teknis
  • Literatur ilmiah lainnya dari "semua bidang penelitian"

Google Cendekia memberikan jalan yang sangat baik ke dalam penelitian ilmiah, dan meskipun ada kekurangannya, ini adalah mesin pencari yang dapat digunakan untuk membantu memperjelas, mengeksplorasi, dan memberikan informasi kepada pengguna tentang beragam topik.

Kuncinya adalah mengetahui apa yang Anda inginkan dan meluangkan sedikit waktu untuk mengasah keterampilan riset Anda.

Post Terkait:

Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more