Buat Pengantin Baru, Ketahui 3 Tanda Kehamilan 2 Minggu Pertama

Ketika seseorang telah melangsungkan sebuah pernikahan, tidak sedikit dari mereka yang berusaha untuk langsung memprogramkan kehamilan. Atas program yang dijalankan tersebut, tidak sedikit pula yang langsung diberikan momongan. Tentu saja, untuk mendapatkan seorang momongan harus diawali dengan proses kehamilan selama kurang lebih 9 bulan. Dalam masa kehamilan tersebut, seorang wanita akan merasakan adanya tanda kehamilan yang membuatnya harus memeriksakan diri kepada dokter kandungan.

Secara umum, tanda kehamilan dalam 1 minggu ternyata masih belum bisa terdeteksi dengan sempurna. Hanya beberapa pertanda umum sajalah yang bisa diamati dan pertanda tersebut bisa jadi salah karena beberapa orang yang sudah menikah didapati mengalami tanda kehamilan, namun setelah diperiksa orang tersebut tidak dinyatakan hamil.

Hal semacam ini sangat umum ditemukan. Dengan demikian, jika Anda mengalami pertanda kehamilan pada minggu pertama, akan lebih baik Anda memeriksakan diri pada minggu kedua ataupun ketiga dengan hasil yang jauh lebih akurat.

Mengenal tanda kehamilan pada minggu kedua


Buat Anda yang saat ini sedang merencanakan program kehamilan, pastikan Anda tidak pernah lalai dengan berbagai tanda kehamilan di minggu kedua. Jika minggu pertama bisa jadi sebagai pertanda awal yang masih perlu dipertanyakan lagi, untuk minggu kedua, nantinya pertanda tersebut sudah menjadi suatu pertanda pasti jika dalam beberapa bulan ke depan Anda nantinya akan menggendong buah hati.


Lantas, apa saja tanda kehamilan pada minggu kedua? Berikut beberapa hal diantaranya.

1. Pembengkakan pada bagian payudara


Salah satu pertanda awal adanya sebuah kehamilan yang perlu diketahui adalah adanya proses pembengkakan pada bagian buah dada atau payudara. Pembengkakan ini bukan suatu gejala penyakit tertentu, namun lebih kepada tanda kehamilan pada satu ataupun dua minggu pertama. Pembengkakan pada bagian payudara ini diikuti dengan adanya perasaan nyeri ketika disentuh. Namun demikian, gejalan ini bisa jadi hanya dialami oleh beberapa orang saja.

2. Kondisi mual yang tidak disertai dengan muntah


Untuk tanda kehamilan lainnya bisa diketahui ketika seorang wanita merasakan mual namun tidak disertai dengan muntah. Kondisi ini kerap kali terjadi dalam kurun waktu beberapa hari hingga membuat wanita merasa lemas dan mengganggu aktivitasnya. Perasaan mual semacam ini tidak hanya dialami pada pagi hari, namun juga malam hari dan yang demikian ini dipengaruhi oleh hormone kehamilan.

Jika kondisi mutah tersebut sebagai bentuk tanda kehamilan berlangsung selama kurun waktu 10 hari dan diikuti oleh hilangnya nafsu makan, biasanya seorang praktisi kesehatan akan menyarankan wanita tersebut untuk menjalani rawat inap. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga kesehatan demi kehamilan di minggu pertama.

3. Perasaan sakit pada pinggang bagian bawah


Mengenai tanda kehamilan selanjutnya adalah perasaan sakit pada bagian pinggang sehingga menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Perasaan ini muncul sebagai akibat adanya penambahan berat badan pada seseorang hingga beban yang ditopang akan lebih berfokus pada bagian pinggang. Perasaan sakit ini sering kali dirasakan pada minggu pertama ataupun keudua dan berpeluang akan berlangsung dalam kurun waktu beberapa bulan selanjutnya.

Kehamilan menjadi sebuah masa yang paling dinanti oleh setiap pasangan penganting yang baru saja melangsungkan pernikahannya. Namun demikian, untuk mendapatkan sebuah kehamilan akan ada beberapa tanda kehamilan yang patut untuk diketahui dan dirasakan.


Pertanda tersebut tidak serta merta menunjukkan suatu kehamilan sehingga tindakan pemeriksaan pada dokter kandungan sangatlah disarankan untuk memastikan kondisi tersebut. Dengan berpatokan pada tanda kehamilan yang diikuti pemeriksaan secara medis, maka Anda akan mendapatkan hasil pemeriksaan yang sesungguhnya.

Apabila Anda ingin konsultasi tentang kehamilan maupun kesehatan lainnya namun mager, Anda dapat mampir ke Halodoc lewat gadget Anda. Halodoc merupakan situs kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan keluarga Anda. Situs tanya jawab yang dijawab langsung oleh dokter-dokter spesialis sesuai keluhan Anda. Buka Halodoc.com atau aplikasinya langsung untuk mengetahui infonya lebih lanjut.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more