4 Cara Membuka IMEI yang Diblokir

IMEI atau International Mobile Equipment Number adalah kode 15 digit unik yang berfungsi sebagai alat pencarian untuk menemukan perangkat yang hilang atau dicuri. Biasanya, hanya ada satu nomor IMEI untuk setiap ponsel, tetapi ponsel dengan kartu SIM ganda memiliki dua. Anda dapat dengan cepat mengetahui nomor IMEI ponsel Anda dengan menekan *#06#.

IMEI adalah alat yang sangat baik untuk menemukan perangkat yang hilang atau dicuri, bahkan jika Anda tidak dapat menemukan perangkat Anda, Anda dapat memblokir atau memasukkan nomor IMEI ke daftar hitam untuk mencegahnya digunakan untuk aktivitas ilegal. Ini membuat Anda tetap aman dan terlindungi. Memblokir nomor IMEI akan mencegah orang yang memiliki perangkat menggunakan jaringan. Ini akan memastikan bahwa itu tidak digunakan untuk aktivitas ilegal apa pun.

Memblokir nomor IMEI mencegah seseorang menggunakan jaringan atau kartu SIM. Artinya, panggilan telepon dan SMS tidak dapat dilakukan. Namun, seseorang dapat mengakses internet menggunakan Wi-Fi. Ini berarti bahwa mereka dapat memperoleh akses internet melalui mana mereka dapat melakukan panggilan online, pesan teks, dan lain-lain.

Apa maksud dengan IMEI iPhone yang diblokir?


Nomor IMEI yang diblokir di iPhone berarti operator jaringan telah mengirimkan nomor IMEI mereka ke kumpulan basis data iPhone yang diblokir. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak alasan, mulai dari dugaan pencurian atau penipuan hingga banyak lagi aktivitas ilegal.

Semua penyedia jaringan menggunakan database tunggal untuk melacak IMEI tersebut. Jadi tidak masalah penyedia mana yang memasukkan nomor IMEI Anda ke dalam database ini. Yang diperlukan untuk memasukkan IMEI Anda ke dalam basis data IMEI yang diblokir ini adalah penyedia tunggal, dan itu disinkronkan dengan yang lain.

Jadi, bahkan mengubah penyedia jaringan Anda tidak menghapus IMEI Anda dari daftar yang diblokir. Selain itu, penyedia jaringan Anda berikutnya segera mengetahui bahwa Anda memasukkan chip koneksi bahwa penyedia sebelumnya telah menandai nomor IMEI iPhone Anda. Namun, ini biasanya bukan akhir dari iPhone Anda. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menghapus IMEI Anda dari daftar yang diblokir ini.

Apa yang terjadi setelah IMEI Anda diblokir?


Setelah penyedia jaringan memblokir IMEI iPhone Anda, Anda tidak akan dapat menggunakannya secara maksimal. Anda tidak dapat mengaktifkan iPhone seperti itu dengan operator seluler. Jadi, singkatnya, Anda tidak akan dapat menggunakan data seluler untuk terhubung ke internet di iPhone Anda. IMEI yang diblokir tidak mencegah Anda mengakses internet melalui Wi-Fi. Tetapi yang mungkin membuat Anda frustrasi adalah Anda tidak akan dapat melakukan panggilan atau mengirim SMS dengan ponsel Anda setelah IMEI-nya diblokir.

Mengapa IMEI iPhone diblokir?


Seperti yang disebutkan, penyedia jaringan mungkin memblokir iPhone Anda karena beberapa alasan. Sebagian besar terkait dengan kegiatan ilegal. Berikut adalah beberapa alasan IMEI iPhone diblokir di bawah ini:

1. iPhone yang dicuri

IMEI iPhone Anda mungkin diblokir jika seseorang (atau Anda) melaporkannya sebagai dicuri. Pemblokiran IMEI adalah salah satu tindakan yang diadopsi oleh operator jaringan secara global untuk menekan iPhone yang dicuri.

Jika seseorang melaporkan iPhone yang dicuri ke penyedia jaringan mereka, penyedia menjalankan pemeriksaan latar belakang untuk memastikan bahwa mereka adalah pemilik asli perangkat tersebut. Setelah penyedia jaringan mengonfirmasi kepemilikan iPhone, mereka kemudian melanjutkan untuk memblokir IMEI-nya. Hanya pemilik iPhone yang dapat meminta untuk membuka blokir iPhone tersebut dalam kasus seperti itu.

2. Pelanggaran hukum/peraturan setempat

Terkadang, IMEI Anda mungkin diblokir karena melanggar hukum setempat. Ini bervariasi tergantung pada wilayah atau negara. Tetapi tidak jarang IMEI orang terkunci di area di mana peraturan ketat mengikat penggunaan jaringan dan smartphone. Orang mungkin harus membayar denda atau menjalani hukuman lain untuk membuka blokir IMEI mereka dalam kasus itu.

3. Pelanggaran penggunaan jaringan

Pelanggaran ketentuan penggunaan, kebijakan jaringan, dan peraturan juga dapat mengakibatkan nomor IMEI iPhone Anda diblokir. Misalnya, jika penyedia jaringan Anda mendeteksi bahwa aktivitas Anda merusak layanan mereka kepada pengguna lain, mereka mungkin memblokir IMEI Anda. Ini jarang terjadi, tapi itu dapat terjadi.

4. Terdeteksi aktivitas penipuan di jaringan Anda

Penyedia jaringan terkadang bisa terlalu naif dan memblokir IMEI Anda jika mereka mencurigai adanya aktivitas penipuan di jaringan Anda. Misalnya, IMEI Anda mungkin ditandai jika orang lain terus melaporkan nomor telepon Anda karena mengirim pesan spam, atau melakukan panggilan ilegal.

Bagaimana Cara Membuka Kunci Nomor IMEI yang Diblokir?


Pastikan untuk memeriksa IMEI ponsel bekas sebelum melakukan pembelian. Ponsel dengan IMEI yang diblokir tidak dapat menggunakan kartu SIM dan karenanya tidak memiliki konektivitas untuk melakukan panggilan atau mengirim teks.

Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan layanan pihak ketiga dari App Store yang dapat membuka kunci nomor IMEI ponsel Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk membuka kunci IMEI yang masuk daftar hitam atau diblokir:

1. Menghubungi Penyedia Layanan Anda

Anda dapat menghubungi operator atau penyedia layanan Anda dan mengatakan kepada mereka bahwa Anda ingin membuka kunci ponsel Anda. Mereka harus melakukan ini secara GRATIS. Harap berikan mereka nomor IMEI (Dail *#06# untuk mendapatkan nomor IMEI Anda), nama, dan informasi kontak. Operator harus membuka kunci ponsel Anda menggunakan kode buka kunci setelah mengonfirmasi semuanya, seperti berikut:
  • AT&T: Hubungi 1-800-331-0500 atau isi permintaan buka kunci online di sini.
  • Sprint: Hubungi 1-888-211-4727 atau klik di sini dan klik tab "Obrolan" dan minta permintaan buka kunci.
  • Verizon: Hubungi 1-800-711-8300 dan minta kunci SIM. Tidak ada layanan online yang tersedia untuk Verizon sampai sekarang.
  • T-Mobile: Hubungi 1-877-746-0909 atau klik di sini, pilih opsi obrolan langsung dan sampaikan permintaan Anda di sana.

2. Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Layanan pihak ketiga adalah cara yang nyaman dan andal untuk membuka kunci IMEI ponsel. Anda memerlukan IMEI atau ESN (Equipment Serial Number) untuk membuka kunci IMEI ponsel Anda. Namun, Anda harus membayar untuk layanan tersebut. Mereka akan membuka kunci ponsel Anda setelah Anda membayar premi. Anda dapat menemukan aplikasi premium ini di App store. Layanan pihak ketiga berbayar, tetapi lebih andal dan universal. Mereka bekerja di hampir semua perangkat.

3. Mengubah Operator Provider Anda

Mengubah operator Anda mungkin membantu atau tidak. Tapi Anda bisa mencobanya. Karena operatorlah yang memblokir nomor IMEI, ada kemungkinan semua operator tidak memblokir IMEI Anda.

4. Registrasi Bea Cukai

Dengan berlakunya undang-undang IMEI di Indonesia, maka ponsel yang masuk ke pasar tanah air secara ilegal atau terlarang atau BM (Black Market) tidak dapat digunakan karena secara otomatis diblok pihak provider atas permintaan dari pemerintah. Anda dapat melakukan pengecekan IMEI di website bea cukai di sini.

Namun apabila Anda sudah terlanjur membeli ponsel BM ini, tenang, ada cara dalam membuka blokirannya. Untuk membuka blokir ponsel yang BM: (1) langkah pertama adalah mengunjungi website resmi Bea Cukai dan mengisi formulir pendaftaran IMEI. Setelah perangkat ponsel didaftarkan dan data-data yang diperlukan telah diisi, maka proses registrasi sudah selesai. (2) Selanjutnya, Anda akan menerima kode QR dan nomor registrasinya. (3) Langkah terakhir adalah datang ke kantor Bea Cukai setempat dan meminta persetujuan. Apabila permohonan disetujui maka Anda wajib bayar pajak sesuai dengan UU yang berlaku, dan ponsel tersebut bisa Anda pakai sebagaimana mestinya.


Anda mungkin ingin mencoba salah satu metode yang disebutkan di atas. Jika Anda kebetulan menghadapi masalah apa pun, coba pemecahan masalah di atas.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more