3 Penyebab CPC/BPK Google AdSense Kecil/Rendah

Jika Anda melihat nilai CPC (Cost per click) / BPK (Biaya per klik) kecil atau rendah pada dashboard akun Google AdSense dan ingin tahu penyebabnya, semoga postingan ini dapat menjawab atas keresahan hati Anda.

Penyebab nilai CPC Google AdSense Kecil


Berikut kami sampaikan tiga sebab nilai klik atau CPC Google AdSense menjadi sangat rendah:

1. Kecurangan Publisher


Apakah pernah Anda mengetahui atau bahkan melakukan sendiri dengan aktivitas tukar klik kepada blogger lain atau menggunakan jasa klik iklan?

Apa Anda sadar bahwa aktivitas tersebut dapat membuat nilai atau harga per klik Google AdSense menjadi kecil?

Ini salah satu alasan atau penyebab berdasarkan cerita dari beberapa pegawai perusahaan Indonesia yang mempromosikan bisnis dan beriklan melalui Google Adwords, sekarang Google Ads. Mereka bercerita bahwa aktivitas tukar klik antar publisher AdSense dan penggunaan jasa klik iklan telah terdengar sampai ke telinga mereka, hingga akhirnya mereka berusaha mencari cara agar biaya per klik atau tayang dapat dipress dan perusahaan tidak merugi dalam pengeluaran budget promosi.

Kami tidak akan cerita blak-blakan bagaimana cara yang mereka lakukan untuk membuat harganya sangat murah, namun di satu sisi membuat kita sadar bahwa kegiatan tukar klik menjadikan pendapatan AdSense juga ikut mengurang. Yang harusnya mendapat 3 juta per bulan, malah jadi 1 jutaan saja.

Kami tidak akan membahas kalimat, "rezeki sudah diatur TUHAN", karena kiblatnya memang berbeda. Karena yang satu curang dan yang satu jujur apa adanya.

Apakah Anda tahu jumlah publisher yang menerima dampak negatif dengan menurunnya pendapatan mereka? Kami tidak tahu secara rinci, namun yang jelas Banyak!

Hanya karena segelintir oknum publisher melakukan aktivitas tukar klik, efeknya merambat ke semua publisher. Ini benar-benar tidak adil untuk publisher jujur yang tidak tahu apa-apa namun mendapatkan efek negatifnya pula.

Sebenarnya ini tidak hanya berlaku pada aktivitas tukar klik, publisher yang melakukan kecurangan lainnya dengan membuat aplikasi di AdMob yang di desain untuk klik iklan sendiri, serta klik iklan sendiri dengan bantuan VPN yang pada akhirnya terkena invalid click, kemungkinan juga telah di dengar oleh para pengiklan Google Ads.

Jadi, apa mau nilai biaya per klik atau BPK akun Google AdSense tetap kecil dan mungkin akan bertambah mengecil untuk waktu yang lama? Jika tidak, kami harap Anda selalu bermain yang jujur. Tak ada gunanya melakukan cara curang pada iklan Google AdSense! Pendapatan mungkin tinggi, namun jika merugikan orang lain sama saja bohong. Walau sepertinya "nasi sudah menjadi bubur" semoga saja para pengiklan juga sadar diri dengan perasaan publisher yang ingin memperoleh pendapatan dari Google AdSense.

2. Mencekal atau Memblokir Iklan


Dalam situs support.google.com, sudah menyebutkan 4 penjelasan penyebab BPK menurun, salah satunya:
Pastikan Anda tidak mencekal iklan yang tidak perlu dicekal. Jika Anda mencekal terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, atau kategori umum maupun sensitif, BPK akan menurun karena pengiklan dalam lelang yang menawar inventaris Anda menjadi lebih sedikit.
Memang benar pemblokiran adalah hak publisher. Namun sangat jelas sekali sebenarnya, di mana pencekalan bukanlah jalan yang tepat untuk cara meningkatkan pendapatan Google AdSense. Kami juga telah memposting masalah Pemblokiran Iklan Google AdSense yang digadang-gadang dapat meningkatkan pendapatan dan sudah menjelaskan bahwa efeknya malah sebaliknya, yaitu: mengalami penurunan pendapatan. Anda dapat membaca selengkapnya di postingan tersebut (berdasarkan pengalaman sendiri mengikuti saran Google).

3. Penurunan Jumlah Pengunjung

Dengan menurunnya jumlah pengunjung website/blog Anda, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab mengapa BPK rendah. Dikarenakan pihak Google Ads sendiri menampilkan iklan berharga tinggi kepada situs yang memiliki trafik tinggi. Kesepakatan tersebut dilakukan antara pihak Google dan Advertiser, di mana pihak Advertiser juga tidak ingin merugi karena sudah bayar iklan mahal-mahal tapi tidak mendapatkan jumlah aliran pengunjung yang sepadan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog - 15 Tips Terbaru

Nah, hanya 3 penyebab di atas yang dapat kami sampaikan berdasarkan cerita dan pengalaman bereksperimen tentang menurunnya nilai BPK/CPC Google Adsense milik publisher. Tentu masih banyak lagi alasan-alasan lainnya, kami sarankan kepada Anda untuk membuka dan membaca postingan orang lain dalam mendapatkan banyak jawaban melalui mesin pencari Google.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies