Cara Setting Wordpress dengan Self-Hosting Gratisan

Saya membuat blog Belajar Komputer bermula dari wordpress hingga beberapa tahun lamanya dan mencoba untuk menggunakan domain dan hosting sendiri (self-hosting). Begitu banyak kemudahan dalam menggunakan hosting sendiri seperti sobat dapat melakukan setting sendiri dan mengatur konfigurasi baik dari segi MySQL-nya, pergantian dan pengeditan template-nya.

Baik sobat tanpa berlama-lama dalam artikel kali ini saya mencoba mengingat kembali bagaimana membangun blog wordpress dengan hosting sendiri dengan menggunakan beberapa domain gratisan. Langkah pertama tentunya sobat sudah memiliki CMS dari wordpress, jika belum silahkan sobat download di sini. Berikut buat akun hosting di 000webhost.com atau di byethost.com secara gratis.

Di postingan ini saya hanya menerangkan caranya lewat hosting 000webhost.com, berikut langkah-langkahnya:

  1. Sign-up, isi data-datanya berupa nama alamat blog atau domain sobat beserta data-data lainnya

  2. Setelah selesai, masuk ke dalam member area dan sobat akan melihat tampilan Control Panel dari hosting sobat

  3. Selanjutnya silahkan sobat buat MySQL Databese-nya dengan memilih MySQL pada bagian software and service dan isikan data-datanya seperti gambar berikut:
    Selanjutnya Create database dan apabila sukses maka silahkan sobat catat informasi mengenai MySQL sobat karena nantinya data-data MySQL ini akan sobat masukkan kedalam wp-config-sample.php, contohnya seperti berikut:

    $mysql_host = "mysql11.000webhost.com";
    $mysql_database = "a3569821_dataku";
    $mysql_user = "a3569821_dataku";
    $mysql_password = "dataku123";

    Jika langkah-langkah di atas sudah benar maka sobat akan melihat gambar seperti di bawah ini:
  4. Langkah selanjutnya silahkan sobat extract cms wordpress yang sobat download barusan kemudian cari wp-config-sample.php dan buka pakai notepad kemudian cari bagian kode seperti berikut:

    // ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
    /** The name of the database for WordPress */
    define('DB_NAME', 'database_name_here');
    /** MySQL database username */
    define('DB_USER', 'username_here');
    /** MySQL database password */
    define('DB_PASSWORD', 'password_here');
    /** MySQL hostname */
    define('DB_HOST', 'localhost');
    /** Database Charset to use in creating database tables. */
    define('DB_CHARSET', 'utf8');
    /** The Database Collate type. Don't change this if in doubt. */
    define('DB_COLLATE', '');

    Selanjutnya ganti kalimat berikut dengan data-data MySQL sobat seperti ini:
    'database_name_here' ganti dengan 'a3569821_dataku'
    'username_here' ganti dengan 'a3569821_dataku'
    'password_here' ganti dengan 'dataku123'
    'localhost' ganti dengan 'mysql11.000webhost.com'

    Perlu diketahui bahwa tanda petik tidak boleh sampai terhapus.

  5. Selanjutnya rename wp-config-sample.php menjadi wp-config.php, dan berikutnya silahkan upload cms wordpress tersebut menggunakan FileZila
    Silahkan sobat isikan host: alamat blog sobat atau IP hosting sobat, username, password dan port: 21 untuk mengkoneksikan filezilla untuk meng-upload cms wordpress sobat ke directory hosting sobat. Untuk username dan password sobat bisa lihat pada View Account Details pada control panel hosting sobat, selanjutnya pilih Quickconnect.

    Panel sebelah kanan pada gambar di atas adalah file cms wordpress yang masih berada di komputer sobat dan panel sebelah kiri adalah tempat dimana sobat akan meng-upload dimana file keseluruhan cms worpress harus berada di dalam public_html.

  6. Setelah proses keseluruhan selesai, sobat bisa mengecek dengan mengetikkan pada browser sobat dalam hal ini saya memberikan contoh http://andisyam.co.cc/ atau http://andisyam.co.cc/install.php untuk setting selanjutnya yaitu menentukan username, password dan email untuk sobat nantinya bisa mengakses Dashboard sobat

  7. Langkah terakhir silahkan sobat masuk ke Dashboard dengan mengetikkan di browser http://alamat_web_sobat/wp-login.php untuk melakukan posting pertama sobat


Sampai di sini mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat. Terimakasih.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more