Cara Setting 2 Buah Komputer untuk Berbagi 1 Keyboard & Mouse

Beberapa hari yang lalu sebelum liburan menjelang tahun baru 2013 saya sangat disibukkan dengan pekerjaan di kantor, dimana mengharuskan bekerja dengan dua komputer sekaligus, yaitu: laptop dan pc desktop, sangat ribet sekali jika kita melakukannya dengan berpindah-pindah.

Untuk mempermudah pekerjaan tanpa harus berpindah dari laptop dan pc, saya melakukan beberapa setting pada Input Director yaitu menggunakan satu set keyboard mouse untuk dua buah komputer, sehingga mempermudah pekerjaan dan mempersingkat waktu kerja.

Aplikasi Input Director dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menggunakan beberapa komputer dan ingin berbagi hanya satu set keyboard mouse tanpa harus berpindah-pindah, dan bagaimana cara melakukannya?

Komputer harus terhubung dengan jaringan melalui kabel LAN atau konektor jaringan lainnya. Di sini, saya akan menunjukkan cara mengkonfigurasi komputer untuk terhubung melalui kabel LAN untuk berbagi satu set keyboard mouse.

Ikuti langkah-langkahnya dengan urut ya:

1. Hubungkan dua buah komputer dengan kabel LAN. Pada artikel ini saya menggunakan Windows 7, kemudian masuk Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Centre > Change Adapter Setting.


2. Sekarang, masukkan secara manual IP Address 192.168.0.1 pada komputer master dan 192.168.0.2 pada komputer slave. kemudian ketikkan 255.255.255.0 untuk subnet mask.


3. Instal Input Director, kemudian jalankan. Jika belum punya silahkan download di sini.

4. Buka Input Director kemudian pilih Global Preferences. Kemudian beri tanda centang pada Run Input Director on startup dan Share Clipboard, selanjutnya pada bagian On Start pilih Input Director is enable as a master, beri tanda centang juga pada bagian Clipboard yaitu Share Clipboard dan Exclude default. Selanjutnya pilih Preferred Network Interface yang digunakan untuk menghubungkan ke komputer slave.


5. Selanjutnya pada tab Master configuration klik tombol Add untuk menambahkan Computer name Slave. Untuk Computer name sobat bisa melihat pada My Computer. Setelah sobat mendapatkan Computer name, ketikkan pada bagian Hostname, kemudian klik OK.


6. Pada komputer slave , Pilih tab Global Preferences kemudian setting seperti gambar berikut :


7. Pada tab Slave Configuration sobat akan melihat Computer Name dimana bertindak sebagai master dalam daftar Mster hostname. Pilih Allow any computer to take control.


Sampai disini cara setting dua buah komputer untuk berbagi keyboard mouse selesai, dan komputer master dapat menggunakan keyboard mouse-nya untuk digunakan pada komputer slave. Trik ini juga dapat diterapkan pada Windows XP dan Windows 8.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, Amin!

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more