Penyebab Trafik Blog Turun Gara-Gara Algoritma Page Layout

Apakah kalian tahu bahwa ada yang namanya Algoritma Page Layout? Dimana Algo ini merupakan salah satu penyebab trafik blog turun jika kalian tidak mengindahkan aturannya. Apabila belum tahu, saya beri penjelasan sedikit dalam postingan ini.

Algoritma Page Layout diaktifkan pada tahun 2012. Dulu awalnya, Algoritma ini fokus pada banner iklan yang menutup konten dan banner iklan yang ditampilkan di bagian atas konten secara asal di dekstop. Sekarang diupdate dan fokusnya ditambah dengan menilai tampilan situs mode mobile. Jadi, ketika situs dibuka dan yang terlihat pertama kali adalah banner iklan, maka situs semacam itu akan terkena efek buruk dari algoritma ini.

Saya beri contoh sebuah gambar agar kalian lebih paham:

salah satu contoh tampilan iklan yang melanggar kebijakan ketika blog dibuka pertama kali

Ya, model tampilan seperti gambar di atas yang dilarang oleh google. Namun ternyata, efek negatif ini hanya berlaku untuk 1% dari semua situs yang terindeks oleh mesin pencari Google.

Dari sumber terpercaya, sudah ada sekitar 2 milyaran situs (bahkan bisa lebih) yang diindeks Google. Jadi, 1%-nya bisa kalian hitung sendiri.

Mungkin saat ini kalian bisa santai-santai karena angka pengunjung yang ada malah semakin naik atau konsisten. Tapi, jangan dianggap remeh begitu saja Algoritma ini. Jika tiba-tiba 1%-nya yang terkena imbasnya adalah blog kalian, bagaimana? Penurunan trafik bisa saja tiba-tiba terjadi akibat SERP artikel kalian juga diturunkan karena dianggap telah melanggar ketentuan Google.

Hal yang dianggap sepele sebenarnya adalah hal yang terpenting untuk diselesaikan dahulu.

Mari kroscek ulang blog kita, silakan pindah banner iklan ditempat yang lain. Pokoknya jangan sampai banner iklan terlihat pertama kali saat dibuka dan menutup isi konten.

Baca juga:

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more