Facebook Menghukum Postingan Clickbait

Pengertian Clickbait menurut Wikipedia adalah suatu istilah peyorati yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through) dan mendorong penerusan bahan tersebut melalui jejaring sosial daring. Tajuk umpan klik umumnya bertujuan untuk mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" (curiosity gap) dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tetapi tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan atau pranala yang diberikan.

Di facebook, postingan ini akan mendapat hukuman. Hal ini telah diposting dalam blog newsroom milik facebook yang berjudul News Feed FYI: Fighting Engagement Bait on Facebook baru-baru ini (18 Desember 2017). Hukuman yang diberikan sementara bukan berupa banned atau akun dihapus, hanya akan mengalami penurunan tayangan saja. Namun bisa jadi di masa depan akan menerima banned dan hapus akun. Jadi, sebaik apapun cara clickbait itu, maka percuma saja sih.

Ini adalah contoh-contoh yang diberikan pihak facebook tindakan baiting:


Jangan memaksa orang untuk membeli produk, melihat tautan, dan mendapatkan like serta share dengan cara tidak etis, karena saya yakin beberapa dari kalian juga tidak ingin melihat di timeline facebook adanya postingan-postingan ajakan yang biasanya mengarah ke hal-hal buruk, bahkan sebuah bisnis kotor dengan mengunggah foto orang lain dan memberikan informasi hoax atau penipuan.

Jujur, saya pribadi sebenarnya tidak mempersalahkan sebuah postingan clickbait. Hanya saja jika kita lihat ternyata banyak orang yang dengan mudah mengikuti, mengamini, dan mengiyakan hingga dishare dan dilike, tanpa mau menyusuri akan kebenaran postingan baiting itu.


Hayo bagi kalian para pebisnis, publisher, blogger, dan spammer yang suka share dengan cara pemaksaan untuk mendapat respon orang lain di facebook.

Saya tidak tahu bagaimana cara facebook mengetahui postingan clickbait dan semacamnya. Mungkin lewat fitur report kali ya? Tentunya bagaimana pun caranya, kita tetap harus menjauhi.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more